Muncul Jembatan Sasak Ketiga di Plumbon Sukoharjo, Proses Dibangun Jumat Ini

Warga membangun jembatan sasak ketiga di Desa Plumbon, Mojolaban Sukoharjo, menghubungkan dengan wilayah Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (30/9/2022).

 Perataan ekskavator untuk memulai pembangunan awal jembatan sasak baru di Dukuh Mojo, Desa Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo, Jumat (30/9/2022).  (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

SOLOPOS.COM - Perataan ekskavator untuk memulai pembangunan awal jembatan sasak baru di Dukuh Mojo, Desa Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo, Jumat (30/9/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Muncul jembatan sasak ketiga di Desa Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo, yang mulai proses pembangunan pada hari ini, Jumat (30/9/2022). Proses pembangunan  baru tahap pemerataan tanah dengan alat berat atau ekskavator.

Jembatan sasak itu rencananya dibangun di utara Jembatan Mojo atau di Dukuh Mojo, Desa Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo yang membentang di Sungai Bengawan Solo menuju Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Pemerintah Desa Plumbon menegaskan harus ada penanggungjawab dalam pembangunan jembatan alternatif tersebut.

Seperti diketahui dua jembatan sasak lain telah ada sebelumnya. Keduanya membentang dari arah Gadingan menuju Ngepung, Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo dan Beton, Sewu, Jebres Solo.

Maraknya pembangunan jembatan sasak terjadi sebagai akibat pentupuan Jembatan Mojo karena sedang diperbaiki pada pekan lalu. Warga menyayangkan perbaikan itu juga bersamaan dengan perbaikan Jembatan Jurug yang menjadi penghubung ke Kota Bengawan.

Baca juga: Duh! Jembatan Sasak Jalur Baru Hanyut, Sementara Tutup Dulu untuk Perbaikan

Melihat munculnya jembatan sasak ketiga di Desa Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo, itu Kepala Desa Plumbon, Suparno meminta adanya penanggungjawab atas pembangunan Jembatan Sasak itu. Mengingat perlintasan jembatan sasak berisiko tinggi.

“Tadi saya di kantor sehingga tidak tahu persis [awal pembangunan] saya dilapori Pak Bayan di sana [Dukuh Mojo, Desa Plumbon] mau dibuat sasak. Mana? Mojo katanya [kata Bayan]. Saya tanya Mojo sebelah mana? Sebelah utara Jembatan Mojo. Wah lha kok ngono ki piye? [kok begitu gimana sih?],” terang Suparno saat ditemui dalam pengecekannya di lokasi pembuatan jembatan, di Plumbon, Jumat (30/9/2022).

Berdasarkan hasil pengecekannya, ternyata sudah ada rembug warga tetapi tidak diketahui desa. Padahal tanah yang akan dibangun jembatan adalah tanah milik desa.

Warga justru mengetahui tanah tersebut milik umum, bahkan warga membangun di tempat itu dengan mendatangkan alat berat berupa eskavator untuk meratakan tanah.

“Karena yang namanya seperti ini [pembangunan] itu kan rentetannya panjang. Tidak hanya dua [orang] saja [yang dimintai izin], pelaksanaan sehari-hari, keselamatan, kejadian dan sebagainya kan selalu ada [penanggungjawab] nantinya. Siapa yang bertanggungjawab?,” keluh Kades.

Baca juga: ROUND UP: Jembatan Sasak di Sangkrah dan Insiden Anggota DPRD Solo di Minahasa

Lebih lanjut Suparno menyayangkan adanya pembangunan jembatan sasak ketiga di Desa Plumbon, Mojolaban Sukoharjo, yang belum dimintakan izin ke desa. Menurutnya pembuatan jembatan kali ini berbeda dengan jembatan sasak yang sudah ada sebelumnya.

“Kalau ini kan buat baru trus yang dipakai bukan [tanah] milik umum, milik pemerintah. Itu yang menjadi masalah. Ini nanti saya kumpulkan dulu [warga] kalau memang tetap dilanjutkan mangga tetapi yang bertanggungjawab siapa?,” ujar Kades.

Suparno mengatakan ide pembuatan jembatan itu berasal dari warga Mojo, Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo, kemudian baru dikerjakan  Jumat ini.

“Paling penting siapa saja yang harus bertanggungjawab sampai selesai. Nantinya ini [Jembatan Mojo] sudah berfungsi, trus ini ditinggal begitu saja [setelah diratakan tanahnya], harus diperbaiki seperti semula [agar tidak longsor saat hujan],” tegas Kades.

Baca juga: 10 Berita Terpopuler: Manusia Pertama di Jawa & Jembatan Sasak Solo-Sukoharjo

Sementara salah satu warga setempat, Pur mengatakan pembangunan itu dilakukan untuk warga yang melintas karena Jembatan Mojo baru diperbaiki.

Dia menimbang pembangunan itu dibutuhkan terutama untuk anak-anak sekolah yang mau berangkat, mengingat jembatan sasak menuju ke arah Beton sudah penuh sesak.

Namun saat ditanya lebih lanjut perihal pembangunan itu, pihaknya enggan memberikan jawaban lebih lanjut sebelum permaslahan perizinan dengan desa terpenuhi.

Di lain sisi, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan Polsek Mojolaban dan Satlantas sudah berkoordinasi dengan Dishub, BPBD dan BBWS hingga perangkat desa.

Dalam pertemuan Forkopimcam itu sebetulnya tidak merekomendasikan jembatan sasak beroperasi, tetapi di lain sisi warga juga membutuhkan.

Baca juga: Ada Jembatan Sasak Baru di Mojolaban Sukoharjo, BBWSBS: Harus Urus Izin Dulu

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di lokasi pembangunan itu, Bayan hingga Pemdes setempat hadir meninjau lokasi pembuatan jembatan sasak baru itu. Sementara di sebelah utara jembatan itu, yakni jembatan sasak dari Gadingan ke arah Ngepung sedang diperbaiki.

Di sisi lain, jalur alternatif ke arah Telukan melewati Jalan Ciu lalu lintas padat. Kepadatan arus lalu lintas tepat di depan SMP N 1 Grogol saat siswa-siswi di sekolah itu pulang.

Beberapa kendaraan roda dua hingga roda empat harus mengantre sebelum melaju.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Kisah Pendiri Sardi Elektro di Boyolali, Penyandang Disabilitas Daksa Mandiri

      Penyandang disabilitas daksa di Boyolali, Sardi, berhasil mengajak para penyandang difabel untuk berkarya di bidang servis elektro.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Hujan Lebat Siang

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Petir

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.