PC Muhammadiyah Delanggu Akuisisi RS dr. Oen Sawit Boyolali

Kini Pimpinan Cabang Muhammadiyah Delanggu mengelola tiga rumah sakit yaitu RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, RSU PKU Muhammadiyah Pedan, dan eks RS dr. Oen di Sawit, Boyolali.

 Logo Muhammadiyah. (Wikimedia.org)

SOLOPOS.COM - Logo Muhammadiyah. (Wikimedia.org)

Solopos.com, KLATEN—Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Delanggu, Klaten, berencana mengakusisi Rumah Sakit (RS) dr. Oen Sawit, Kabupaten Boyolali. Sebelumnya, RS dr. Oen Sawit yang berlokasi di Desa Kateguhan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali itu telah menutup usaha mereka sejak akhir 2018.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pembahasan mengakusisi RS dr. Oen Sawit di Kabupaten Boyolali itu sempat dibahas di rapat kerja pimpinan cabang (rakerpimcab) PCM Delanggu di Gedung Grand Haji Delanggu, Minggu (13/2/2022). Salah satu poin utama dalam pembahasan tersebut, yakni disepakatinya tahapan mengakuisisi RS dr. Oen Sawit.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Sebelum ditutup akhir 2018, RS dr. Oen Sawit diketahui telah melayani masyarakat di bidang kesehatan selama kurang lebih 20 tahun.

Baca Juga: RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten Terima Sertifikat Akreditasi Paripurna

“Semula, kami termasuk salah satu vendor di sana. Lalu manajemen RS dr. Oen Sawit menutup usahanya karena sesuatu yang tak bisa disampaikan ke kami. Setelah kami analisa keunggulan dan kelemahannya, akhirnya PCM Delanggu memutuskan untuk mengakuisisi. Terkait nominal, kami belum bisa matur sekarang,” kata Sekretaris PCM Delanggu, Sunarto, kepada Solopos.com, Senin (14/2/2022).

Sunarto mengatakan tahapan akuisisi masih berjalan hingga sekarang. Hal itu termasuk merampungkan persoalan teknis, seperti memulihkan administrasi, perpajakan, tenaga kerja, dan lainnya.

“Paling cepat, RS di sana sudah bisa dibuka akhir tahun ini. Doakan saja. Terkait nama, kami belum membahas akan memberikan nama apa di RS sana? Soalnya, kami masih fokus ke hal-hal teknis tadi,” katanya.

Baca Juga: Hebat, RSU PKU Delanggu Klaten Terakreditasi Paripurna

Sunarto mengatakan keberadaan RS dr Oen Sawit akan menambah amal usaha Muhammadiyah yang berada di bawah Persyarikatan Muhammadiyah. Jauh sebelum mengakuisisi RS dr. Oen Sawit Kabupaten Boyolali, PCM Delanggu juga sudah mengelola amal usaha di bidang kesehatan lainnya.

“Jadi, nantinya akan ada tiga rumah sakit [di bawah naungan PCM Delanggu]. Selain RS di Sawit itu, sudah ada RSU PKU Muhammadiyah Delanggu dan RSU PKU Muhammadiyah Pedan. Semoga, dengan adanya RS yang akan diakuisisi itu semakin dapat memberikan pelayanan secara prima ke masyarakat [dapat menjangkau pelayanan kesehatan yang berada di perbatasan Klaten-Boyolali dan sekitarnya],” katanya.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

+ PLUS Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Berita Terkini

Lah! Air Sungai di Karangdowo Klaten Mendadak Berbusa, Banyak Ikan Mati

Sungai di wilayah Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendadak berbusa sehingga menyebabkan banyak ikan mati.

Cemas & Depresi, Kondisi Remaja Wonogiri yang Sempat Hilang 1 Tahun

P2TP2A Wonogiri menyebut kondisi remaja perempuan asal Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun lalu, MD, 17, tertekan secara psikis, seperti cemas, depresi, dan memiliki kecenderungan bunuh diri.

Makamnya Ada di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, Ini Kisah Mbah Lenguk

Pasar Jamu Nguter di Nguter, Sukoharjo, sejak lama menjadi pusat penjualan beragam jenis jamu dan empon-empon baik serbuk, cair, dan kemasan.

Grab OVO Buka Layanan Pembayaran Drive Thru Di Galabo Solo, Mudah-Cepat

Grab OVO meluncurkan layanan drive thru untuk pembayaran beberapa pelayanan publik seperti PBB, pajak kendaraan dan tagihan PDAM di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Pasar Jongke-Kabangan Solo Bakal Digabung, Pedagang Ngaku Belum Tahu

Sejumlah pedagang Pasar Jongke Solo mengaku belum tahu rencana Pemkot menggabungkan pasar tersebut dengan Pasar Kabangan pada revitalisasi mendatang.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Banyak Berawan

BMKG merilis prakiraan cuaca sragen hari ini bakal berawan sepanjang hari tanpa hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Cerah Berawan

Hujan sudah mulai jarang turun. Prakiraan cuaca karanganyar hari ini akan tanpa hujan sepanjang hari.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Kamis 30 Juni 2022: Dominan Berawan

Prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari ini Kamis (30/6/2022) tersaji lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo 30 Juni: Panas Lur, Suhu Sampai 33 Derajat Celcius

Prakiraan cuaca Kota Solo dari BMKG untuk hari ini, Kamis (30/6/2022), akan panas pada siang hari dengan suhu mencapai 33 derajat Celcius.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Kamis 30 Juni 2022: Hari Ini Cerah Berawan

Berikut ini prakiraan cuaca untuk wilayah Sukoharjo sepanjang hari Kamis (30/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi-Siang

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pengin Nonton Konser Dream Theater Di Solo? Ini Link Buat Beli Tiketnya

Tiket konser Dream Theater yang akan digelar 10 Agustus mendatang di Area Parkir A dan B Stadion Manahan Solo dijual secara online mulai Jumat (1/7/2022).

Hasil PPDB SMP di Wonogiri, Ada Sekolah yang Kekurangan Siswa

Seleksi pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kabupaten Wonogiri telah diumumkan, Senin (27/6/2022).

Dana Desa Jadi Andalan Atasi Stunting pada 2.000 Anak Sukoharjo

Pemerintah desa di Sukoharjo didorong memprioritaskan penggunaan bantuan dana desa untuk penanganan stunting.