SOLOPOS.COM - Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan) bersalaman dengan pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Ba'asyir (kiri) saat upacara HUT ke-77 RI di ponpes setempat, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022). (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo menggelar upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/22).

Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Baasyir terlihat mengikuti upacara tersebut. Abu Bakar Baasyir mengenakan baju dan peci dengan warna senada yaitu putih, sarung cokelat muda, berkaca mata dan menggenggam tongkat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Belum pernah ada. Baru kali ini. [Upacara] ini sebenarnya bukan usaha [inisasi] dari pondok sebenarnya, tapi persatuan alumni pondok,” jelasnya saat ditemui usai upacara, Rabu (17/8/2022).

Abu mengatakan upacara tersebut merupakan wujud syukur kepada Allah. Selain upcara juga akan diadakan sujud syukur di masjid setempat.

Abu Bakar Baasyir upacara HUT
Pendiri Ponpes Al Mukmin, Abu Bakar Baasyir (depan, dua dari kanan) mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan ke -77 Republik Indonesia di halaman ponpes di Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Baca juga: Pertama Kali, Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Gelar Upacara HUT RI

“Jadi upacara 17 Agustus itu merupakan wujud bersyukur pada Allah. Karena kalau kita mendapat nikmat, kita wajib bersyukur kepada Allah. Wujud bersyukur yang paling sempurna itu adalah negara yang dikaruniakan oleh Allah ini harus diatur dengan hukum yang diatur Tuhan YME,” jelasnya.

Dia berharap ke depan Indonesia bisa menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur yaitu negara yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya.

Dalam upcara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menjadi inspektur upacara. Sejak pukul 07.05 WIB Menko PMK telah hadir di ponpes.

Kehadirannya disambut santriwati ponpes setempat. Sementara para santri telah berada di lapangan sebagai petugas hingga peserta upacara tersebut.

Tak jauh berbeda dengan Abu Bakar Baasyir, Menko PMK Muhadjir Effendy dalam upacara HUT RI di Ponpes Al-Mukmin Ngruki mengatakan, pelaksanaan upacara dilakukan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

Baca juga: Peringati 50 Tahun Ponpes, Santri Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Go Green

“Kita berkumpul di sini [Ponpes Al-Mukmin Ngruki] untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang hari ini genap berusia 77 tahun. Karena kemerdekaan inilah bangsa Indonesia tetap terpegang pada tali kesatuan dan persatuan untuk meraih cita-cita luhur menuju masyarakat adil makmur,” kata Menko.

Dengan demikian, kata Muhadjir, rasa syukur ini akan memberikan optimisme bagi bangsa untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia.

“Dalam mengisi kemerdekaan ini kita perlu bergaul perlu bertukar pandangan perlu berinteraksi sesama anak bangsa seluas-luasnya,” kata Muhadjir.

“Karena Indonesia ini wilayahnya sangat luas terdampar seperti luasnya dari Istanbul yang ada di Turki sampai London di Inggris sementara pulaunya ada 17.000 pulau. Penduduknya sekarang ini 276 juta,” jelasnya.

“Karena itu, semakin banyak kita menjalin silaturahmi, semakin banyak kita berhubungan satu sama lain kita akan semakin menyadari betapa berbinekanya bangsa Indonesia ini,” imbuhnya.

Baca juga: Peringati 50 Tahun Ponpes, Santri Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Go Green

Sebelumnya, Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Ustaz Abu Bakar Ba’asyir mendapat kunjungan dari Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf. Achiruddin di pondok pesantren itu, Selasa, (16/8/2022).

Dalam kunjungannya Danrem menyerahkan bendera merah putih kepada Ustaz Ba’asyir. Kunjungan itu didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0726/Sukoharjo, Letnan Kolonel Czi Slamet Riyadi dan Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Penyerahan bendera merah putih oleh Danrem sebagai wujud Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki mendukung NKRI sehari sebelum upacara HUT RI di ponpes setempat.

“Kita buktikan kepada dunia luar bahwa Pondok Pesantren Al-mukmin Ngruki bukan anti NKRI,” kata Direktur Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Ustaz Yahya Abdur Rohman, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya