Momen Abu Bakar Baasyir Ikuti Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo

Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Baasyir, turut serta dalam upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, di Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

 Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan) bersalaman dengan pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Ba'asyir (kiri) saat upacara HUT ke-77 RI di ponpes setempat, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022). (Antara/Maulana Surya)

SOLOPOS.COM - Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan) bersalaman dengan pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Ba'asyir (kiri) saat upacara HUT ke-77 RI di ponpes setempat, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022). (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo menggelar upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/22).

Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Baasyir terlihat mengikuti upacara tersebut. Abu Bakar Baasyir mengenakan baju dan peci dengan warna senada yaitu putih, sarung cokelat muda, berkaca mata dan menggenggam tongkat.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

“Belum pernah ada. Baru kali ini. [Upacara] ini sebenarnya bukan usaha [inisasi] dari pondok sebenarnya, tapi persatuan alumni pondok,” jelasnya saat ditemui usai upacara, Rabu (17/8/2022).

Abu mengatakan upacara tersebut merupakan wujud syukur kepada Allah. Selain upcara juga akan diadakan sujud syukur di masjid setempat.

Abu Bakar Baasyir upacara HUT
Pendiri Ponpes Al Mukmin, Abu Bakar Baasyir (depan, dua dari kanan) mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan ke -77 Republik Indonesia di halaman ponpes di Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Baca juga: Pertama Kali, Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Gelar Upacara HUT RI

“Jadi upacara 17 Agustus itu merupakan wujud bersyukur pada Allah. Karena kalau kita mendapat nikmat, kita wajib bersyukur kepada Allah. Wujud bersyukur yang paling sempurna itu adalah negara yang dikaruniakan oleh Allah ini harus diatur dengan hukum yang diatur Tuhan YME,” jelasnya.

Dia berharap ke depan Indonesia bisa menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur yaitu negara yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya.

Dalam upcara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menjadi inspektur upacara. Sejak pukul 07.05 WIB Menko PMK telah hadir di ponpes.

Kehadirannya disambut santriwati ponpes setempat. Sementara para santri telah berada di lapangan sebagai petugas hingga peserta upacara tersebut.

Tak jauh berbeda dengan Abu Bakar Baasyir, Menko PMK Muhadjir Effendy dalam upacara HUT RI di Ponpes Al-Mukmin Ngruki mengatakan, pelaksanaan upacara dilakukan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

Baca juga: Peringati 50 Tahun Ponpes, Santri Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Go Green

“Kita berkumpul di sini [Ponpes Al-Mukmin Ngruki] untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang hari ini genap berusia 77 tahun. Karena kemerdekaan inilah bangsa Indonesia tetap terpegang pada tali kesatuan dan persatuan untuk meraih cita-cita luhur menuju masyarakat adil makmur,” kata Menko.

Dengan demikian, kata Muhadjir, rasa syukur ini akan memberikan optimisme bagi bangsa untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia.

“Dalam mengisi kemerdekaan ini kita perlu bergaul perlu bertukar pandangan perlu berinteraksi sesama anak bangsa seluas-luasnya,” kata Muhadjir.

“Karena Indonesia ini wilayahnya sangat luas terdampar seperti luasnya dari Istanbul yang ada di Turki sampai London di Inggris sementara pulaunya ada 17.000 pulau. Penduduknya sekarang ini 276 juta,” jelasnya.

“Karena itu, semakin banyak kita menjalin silaturahmi, semakin banyak kita berhubungan satu sama lain kita akan semakin menyadari betapa berbinekanya bangsa Indonesia ini,” imbuhnya.

Baca juga: Peringati 50 Tahun Ponpes, Santri Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Go Green

Sebelumnya, Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Ustaz Abu Bakar Ba’asyir mendapat kunjungan dari Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf. Achiruddin di pondok pesantren itu, Selasa, (16/8/2022).

Dalam kunjungannya Danrem menyerahkan bendera merah putih kepada Ustaz Ba’asyir. Kunjungan itu didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0726/Sukoharjo, Letnan Kolonel Czi Slamet Riyadi dan Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Penyerahan bendera merah putih oleh Danrem sebagai wujud Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki mendukung NKRI sehari sebelum upacara HUT RI di ponpes setempat.

“Kita buktikan kepada dunia luar bahwa Pondok Pesantren Al-mukmin Ngruki bukan anti NKRI,” kata Direktur Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Ustaz Yahya Abdur Rohman, Selasa.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bum! Ada Ledakan di Asrama Brimob Telukan Grogol Sukoharjo, 1 Polisi Terluka

      Satu orang terluka akibat ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang.

      Tanah Tiba-Tiba Ambles, Warga Mayungan Klaten Terperosok ke Dasar Sumur

      Sukisno, 79, warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen berhasil diselamatkan tim gabungan setelah tercebur sumur sedalam 13 meter, Minggu (25/9/2022).

      Menelisik Rantai Bisnis Perdagangan Anjing di Solo sampai Jadi Rica-Rica Gukguk

      Rantai bisnis perdagangan anjing di Kota Solo, mulai dari pengiriman sampai menjadi rica-rica gukguk yang tersaji di meja warung, berlangsung senyap dan cepat.

      Munculnya Hutan Kamboja di Klaten Ternyata Berawal dari Ketidaksengajaan

      Kabupaten Klaten dinilai banyak menyimpan wisata hits di kalangan anak muda.

      Rumah Warga Gesi Sragen Ludes Terbakar Saat Ditinggal Kondangan

      Rumah milik Nur Solihin, 52, warga Dukuh Grengseng Poleng, RT 004, Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, ludes terbakar saat ditinggal kondangan pada Minggu (25/9/2022).

      Harga Cabai dan Telur Turun, Pasar Tradisional di Klaten Malah Sepi Pembeli

      Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar darurat Pasar Gede Klaten relatif stabil dan ada yang turun.

      7 Pasangan Bercerai di Sragen Setiap Hari, Salah Satu Penyebabnya Kawin Paksa

      Pengadilan Agama (PA) Sragen menerima 2.740 perkara perceraian selama kurun waktu satu tahun pada 2021. Lebih dari separuhnya atau 62,19% merupakan perkara cerai gugat.

      Besok Jembatan Mojo dan Jurug B Sama-Sama Ditutup, Dishub Solo: Naik KRL Saja

      Dishub Solo menyarankan warga yang tidak ingin terjebak macet untuk beralih menggunakan KRL commuterline Solo-Jogja-Palur selama Jembatan Jurug B-Mojo ditutup.

      Unik! Wisata Spiritual Bernuansa Jepang di Museum Sewu Rai Wonogiri

      Museum di Wonogiri ini menyuguhkan hal yang berbeda dengan museum lainnya, yaitu di dalam museum terdapat wisata spiritual.

      HUT Ke-17 Himpaudi Klaten, 1.200 Peserta Ikuti Senam Kolosal dan Pentas Seni

      Sebanyak 1.200 peserta mengikuti senam kolosal dan pentas seni di Lapangan Taman Candi Sojiwan, Prambanan, Klaten, Sabtu (24/9/2022).

      Selamat! Inilah Para Juara Lomba Mewarnai dan Menggambar HUT Ke-25 Solopos

      Enam peserta terpilih menjadi juara lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group, Minggu (25/9/2022) di Pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. 

      Perdana CFD Colomadu, Masih Banyak Pengendara Motor Curi-curi Kesempatan

      Masih banyak pengendara motor nekat melintas di area bebas kendaraan bermotor pada gelaran perdana CFD Jl. Adisucipto di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Minggu (25/9/2022).

      Ada CFD di Colomadu, CFD Slamet Riyadi Solo Tetap Ramai dan Banyak Event

      Penyelenggaraan CFD untuk kali pertama di Jl Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar, Minggu (25/9/2022), belum banyak berpengaruh pada CFD di Jl Slamet Riyadi, Solo.

      Toponimi dan Filosofi Kantor Kelurahan di Banjarsari Solo Berlokasi di Pojokan

      Ada alasan filosofis di balik pembangunan sebagian besar kantor kelurahan di Kecamatan Banjarsari, Solo, berlokasi di pojokan atau dekat persimpangan jalan.

      Berkat Gowes, Warga Desa di Manyaran Wonogiri Ini Jadi Tahu Sosok Bupati Jekek

      Sekitar 700 warga mengikuti gowes bersama Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek, di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Minggu (25/9/2022) pagi.

      26 Orang Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Sukoharjo Tahun Ini

      Sebanyak 1.052 kecelakaan lalu lintas terjadi di Sukoharjo dengan korban meninggal dunia sebanyak 26 orang sepanjang Januari-September 2022.