Minim Polusi, 6 Tempat Ini Punya Udara Terbersih di Dunia
Pulau Gili Iyang, Madura disebut merupakan salah satu tempat dengan udara terbersih di dunia. (Liputan 6)

Solopos.com, SOLO– Sejumlah tempat disebut memiliki udara terbersih di dunia. Kualitas udara yang baik memang menjadi salah satu syarat mutlak suatu wilayah layak ditempati. Selain itu beberapa tempat yang memiliki kulitas oksigen yang bersih juga mampu berimbas pada kesehatan.

Tempat yang memiliki fasilitas internet yang cepat bisa jadi kalah nyaman dengan tempat yang bersih. Selain tidak nyaman dan menjadi sarang penyakit, tempat yang kotor tentunya menjadi tanda terjadinya polusi udara.

World Health Organization (WHO) mencatat lebih dari 3,7 juta orang di dunia meninggal karena terpapar polusi udara luar ruang. Oleh karena itu WHO mengkategorikan polusi udara luar ruang sebagai pemicu risiko kesehatan lingkungan tunggal terbesar di dunia.

Untuk itu lokasi atau tempat dengan udara yang baik, bebas polusi menjadi salah satu dambaan setiap orang agar bisa hidup lebih sehat. Berikut ini beberapa tempat terbersih dan memiliki kualitas oksigen yang baik:

1 Kasus Baru Di Gumpang, Positif Covid-19 Di Sukoharjo 87 Orang

Laut Mati (Yordania)

Melansir dari Liputan6.com, Senin (8/6/2020) Duta Besar (Dubes) Yordania, Walid Al Hadid menyatakan bahwa hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa laut mati memiliki lebih banyak oksigen dibandingkan bagian mana pun di dunia ini. Setidaknya 10 persen lebih banyak oksigen yang bisa Anda hirup di sekitar Laut Mati.

Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat spa alamiah terbesar di dunia. Dubes Walid menambahkan saat ini banyak wisatawan yang ingin menggunakan produk-produk Laut Mati. Ini karena, lumpur di sana sangat baik untuk kulit dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Pulau Gili Iyang, Madura (Indonesia)

Gili Iyang menjadi tempat dengan kualitas udara terbaik nomer dua di dunia setelah laut mati. Hal ini tercatat pada survei yang dilakukan oleh Air Visual Air Quality Index (AQI). Selain itu, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Bapedda Kabupaten Sumenep mencatat pada tahun 2011 angka kandungan oksigen di Gili Iyang bisa lebih rendah hingga 20,9 persen. Namun hal itu terjadi di waktu-waktu tertentu, seperti pada bulan Februari.

Kandungan karbon dioksida yang ada di Gili Iyang hanya sekitar 26,5 persen, sementara tingkat kebisingannya hanya 36,5 dB. Hal inilah yang menandakan bahwa Gili Iyang masih sangat alami dan jauh dari polusi.

Tasmania (Australia)

Wilayah yang terletak 240 kilometer dari pantai Tenggara benua Australia ini merupakan sebuah negara bagian Australia berbentuk kepulauan. Tasmania juga dinobatkan sebagai negara yang memiliki kualitas oksigen yang baik karena menjadi rumah bagi pohon-pohon tertua dan terbesar di dunia. Menyadur dari salah satu sumber, terdapat tumbuhan Huon Pine yang merupakan spesies pohon asli yang tertua, dengan satu spesimen yang diperkirakan berusia hingga 10.000 tahun.

Selain itu Tasmania juga memiliki temperatur laut yang sedang dan telah berhasil meraih penghargaan sebagai Best Temperate Island in the World, sebanyak dua kali oleh majalah Conde Nast Traveler. Negara ini disebut sebagai Pulau Inspirasi karena memiliki lingkungan alam yang luas dan relatif murni. Hampir 37 persennya merupakan taman nasional dan situs warisan dunia.

Honolulu (Hawaii)

Honolulu merupakan negara bagian ke-50 di Amerika Serikat (AS) yang menjadi penghasil mutiara terbesar di dunia. Sebagai ibukota Hawaii, Honolulu berperan besar dalam struktur ekonomi negara bagian itu dari kegiatan utamanya, pariwisata.

Melansir dari Detik.com, karena memiliki jumlah penduduk sekitar 400.000 orang saja, negara ini terhindar dari polusi udara dibandingkan negara di AS lainnya. Selain itu di sana kebersihan sangat terjaga dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semua orang menjaga lingkungan dengan rapi dan bersih agar wisatawan merasa betah untuk terus mengunjungi Honolulu.

Desa Di Wonogiri Bikin Video Untuk Sosialisasi Bansos, Videonya Kocak Banget!

Brisbane (Australia)

Menjadi ibu kota bagian Queensland, Brisbane yang memiliki total dua juta penduduk ini selalu masuk dalam daftar kota-kota dengan udara terbersih sedunia. Menyadur dari website Brisbane City Council, butuh perjuangan selama 20 tahun bagi Brisbane untuk melawan polusi di negaranya.

Pada 2016 berkat kerja kerasnya tersebut, Brisbane berhasil dinobatkan sebagai kota dengan udara terbersih di Australia versi Clean Air Society of Australia and New Zealand. Negara tersebut juga mengadakan program cinta lingkungan bernama Clean, Green, Sustainable pada 2017 hingga 2031 mendatang.

Helsinki (Finlandia)

Helsinki seolah merupakan jantung dari segala aktivitas pemerintahan serta kantor-kantor perusahaan multinasional di Finlandia. Pemerintah serta warganya berkomitmen untuk terus melindungi lingkungan dan menjaga agar jalanan tetap bersih dan rapi. Untuk mengurangi energi kota menjadi konsumsi minimum, sistem yang kompleks bahkan telah dirancang untuk menghasilkan panas oleh listrik.

Selain itu untuk menjaga kebersihan udara, pemerintah kota Helsinki memberlakukan aturan warganya untuk mengendarai transportasi umum yang nyaman dan memadai. Mereka bahkan menyediakan sekitar 3,800 kilometer lebih jalur khusus sepeda.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho