Mimpi Bertemu Pocong Masih Dipercaya Datangkan Rezeki

Banyak versi yang mengatakan bahwa sosok pocong ini justru mengejar korbannya dengan terbang melayang. Pocong juga dikenal dengan sosok berwajah hangus dan bermata merah menyala.

 Ilustrasi Pocong (Instagram/vankydollmaster)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pocong (Instagram/vankydollmaster)

Solopos.com, SLEMAN— Pocong adalah cara yang dilakukan umat Muslim saat akan memakamkan jenazah. Secara teknis, pocong adalah membungkus jenazah yang akan dimakamkan dengan kain kafan berwarna putih dan kepala diikat agar mulutnya tidak terbuka.

Namun pocong menjadi sebuah kata yang mengerikan karena menggambarkan sosok hantu mayat hidup yang mencari tali pocong karena  dicuri seseorang dengan tujuan ritual pesugihan. Jika melihat beberapa film horor Indonesia, pocong selalu diibaratkan sebagai sosok hantu dalam bungkusan kain putih yang mengejar mangsanya dengan melompat dan berwajah pucat.

Meskipun demikian, banyak versi yang mengatakan bahwa sosok pocong ini justru mengejar korbannya dengan terbang melayang. Selain itu pocong juga dikenal dengan sosok berwajah hangus dan bermata merah menyala.

Baca Juga : Vaksin With A View, Cara Asyik Gairahkan Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

Berkaitan dengan penampakan hantu pocong, mengutip cerita yang diunggah di laman Instagram @ceritahororjogja, menceritakan seorang warga dari salah satu desa di Kabupaten Sleman yang dikenal sangat sakti melawan sosok lelembut. Warga desa tersebut mengenalnya dengan sebutan Pak Bagino.

Dalam hidupnya, Bagino memiliki semboyan yang dalam Bahasa Jawa berbunyi  setan ora doyan, demit ora ndulit yang dalam Bahasa Indonesia berarti setan tidak suka, hantu tidak mengusik. Suatu hari saat Bagino akan melakukan kegiatannya sekitar pukul 04.00 WIB, seperti biasa Bagino selalu menggunakan sepeda onthelnya untuk bergi ke pasar di Kecamatan, membeli sayur mayur dalam jumlah banyak untuk nanti dijual oleh istrinya untuk warga desa.

Sudah menjadi keseharian Bagino untuk mengayuh sepeda kesayangannya itu dan pergi ke pasar untuk membeli sayuran. Sesampainya di sebuah dusun, dirinya melihat sosok berwarna putih dengan panjang sekitar 160 cm, melintang di tengah lorong jalan. Setelah diamat-amati,  rupanya sosok itu adalah pocong.

Baca Juga : Horor! Tinggal di Kontrakan Berhantu, Kelompok Mahasiswa di Jogja Dijahili Jin

Sosok pocong itu tidur melintang di tengah lorong jalan yang akan dilewati Bagino. Bagino lantas turun dari spedanya dan mulailah dirinya berkomat-kamit, membaca doa namun  sosok pocong itu tidak pergi dan tetap melintang. Bagino yang kehilangan kesabaran langsung memberanikan mengayuh sepeda onthelnya dengan cepat dan bermaksud untuk melindas pocong yang menghalangi jalannya.

Beruntungnya, sepeda berjalan normal dan mulus-mulus saja. Tidak terasa sama sekali jika telah melindas sesuatu. Sehabis melindas, Bagino melihat ke belakang dan tidak terlihat sosok apa pun. Bagino hapal, jika setelah mengalami perjumpaan dengan pocong, dirinya akan mendapatkan keberuntungan.

Sekembalinya dari pasar kecamatan untuk membeli sayur, baru lepas 200 meter dari pasar tempat dirinya belanja, sepeda onthel yang dikayuh Bagino tersenggol mobil dan sayur dagangannya jatuh tercecer. Namun betapa beruntungnya Bagino karena belanjaan sayur yang dia beli diganti penuh oleh pengemudi mobil dan pengemudi mobil juga masih memberikan uang tambahan Rp500.000 sebagai uang obat kaget.

Mengutip Okezone.com, berdasarkan Primbon Jawa, jika seseorang bermimpi atau bertemu sosok pocong dan pocong tersebut mengejar, memberi isyarat bahwa seseorang itu akan mendapatkan atau ketiban rezeki. Rezeki di sini bisa berupa uang bisa berupa perasaan senang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Saluran Irigasi Peninggalan Belanda Jebol, Ini Nasib Lahan Pertanian di Kulonprogo

Saluran irigasi peninggalan Belanda yang jebol berada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

Musim Kemarau Basah, Sejumlah Wilayah Di Bantul Alami Kekeringan

Kendati demikian, kemarau yang masih sesekali hujan membuat dampak kekeringan tak seperti kemarau kering.

Razia Gabungan Di Rutan Wates, Petugas Temukan Benda Terlarang

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan razia gabungan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya peredaran narkotika

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.

Pemkab Bantul Ajukan Pantai Parangtritis untuk Dibuka

Pemkab Bantul mengajukan Pantai Parangtritis untuk melakukan uji coba operasional selama PPKM

15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Pengelola objek wisata di Kota Jogja keberatan apabila aturan ganjil genap jadi diberlakukan. Pasalnya, tanpa aturan itu pun, jumlah pengunjung yang bisa masuk sangat sedikit.

Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Ini dia deretan orang kaya atau konglomerat dari Jogja, DI Yogyakarta, yang salah satunya berasal dari dunia hiburan Tanah Air.

Indahnya Tempat Wisata Tersembunyi di Bantul Ini, Jalannya Menantang Hlo

Tempat wisata kali ini begitu menantang medan jalan yang ditempuh dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Pengunjung harus berhati-hari karena jalannya yang setapak dan sampingnya terdapat sungai.

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.