Meski Tampak Menyehatkan, Kebiasaan Ini Justru Bisa Picu Peradangan
Ilustrasi lari pagi. (freepik)

Solopos.com, SOLO -- Peradangan memang sesuatu yang tidak terlihat karena terjadi dalam tubuh, tetapi bisa menimbulkan masalah. Hal ini bisa berupa masalah kesehatan sederhana seperti, kembung, sakit perut, nyeri sendi, dan nyeri otot.

Masalahnya, jika peradangan meningkat secara kronis. Hal ini berisiko terkena berbagai penyakit. Sehingga, penting untuk mengendalikan peradangan.

Bahkan, hasil sebuah penelitian di Inggris, mengungkap peradangan mungkin bertanggung jawab atas seperempat risiko kematian.

Oleh karena itu, semua orang harus makan makanan anti-inflamasi dan menghindari pemicu seperti makanan olahan. Namun, ada beberapa kebiasaan yang memicu peradangan, alih-alih menyehatkan, seperti yang dilansir dari okezone.com dan sumber lain, belum lama ini.

Hoaks Minum Minyak Kayu Bikin Hasil Swab Negatif

Membakar kalori terlalu banyak

Olahraga bagaikan stres baik pada tubuh. Namun, hal ini berlaku jika kalian memberi tubuh bahan bakar dan istirahat yang tepat. Terlalu banyak berolahraga dengan intensitas tinggi setiap hari dapat menyebabkan peradangan.

Oleh karena itu, lebih baik melakukan olahraga ringan selama 20 menit yang dapat mengurangi peradangan secara keseluruhan.

Memperbanyak jam tidur di akhir pekan

Tidur panjang pada akhir pekan, memang terasa menyenangkan. Apalagi jika kalian kekurangan waktu tidur selama seminggu. Padahal, kurang tidur adalah satu faktor terbesar yang bertanggung jawab atas peradangan tingkat rendah.

Tidur membantu mengembalikan semua proses dalam tubuh, termasuk neurotransmiter, produksi hormon, kekebalan dan kesehatan sistem pencernaan. National Sleep Foundation menyarankan, kalian untuk memiliki jadwal tidur yang konsisten, yaitu antara 7-9 jam sehari.

Menghindari camilan manis

Karbohidrat, gula atau camilan manis adalah penyebab terbesar berat badan naik dan masalah kesehatan lainnya. Namun, sebuah penelitian kecil pada 2018, menemukan bahwa coklat hitam dengan 70% kakao memiliki efek yang menguntungkan pada stres.

Coklat hitam memiliki sifat inflamasi yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu, jenis cokelat ini memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang cukup tinggi. Sehingga, bermanfaat melawan tubuh dari radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Bangun terlalu pagi untuk olahraga

Banyak orang sering memilih waktu pagi hari untuk olahraga. Namun, ingatlah jumlah waktu tidur yang cukup, lebih penting daripada bangun pagi dan berolahraga.

Meski begitu, jangan malas dan tetap berolahraga pada jam-jam tertentu yang tidak terlalu pagi. Ajak juga hewan kesayangan kalian untuk berjalan-jalan, menaiki tangga ataupun berolahraga jika menemukan kesempatan.

Kreatif, SMKN Jenawi Beri Pembelajaran Karakter Melalui Video Buatan Siswa

Relaksasi yang dipaksakan

Latihan yang menenangkan memang penting untuk menenangkan stres. Tentunya, kalian harus siap melakukan latihan pernafasan atau menghabiskan banyak waktu, bahkan saat kalian tidak menyukainya.

Latihan ini memang bagus, tetapi jika kalian tidak menikmatinya, lebih baik untuk mengidentifikasi hal-hal yang membuat kalian bahagia dengan cara rileks yang bermakna.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom