SOLOPOS.COM - Pembongkaran mesin baru Yamaha Lexi LX 155 saat MAXi Flash Trip di Salatiga, Sabtu (24/2/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SEMARANG–Yamaha Lexi LX 155 cc menggunakan mesin blue core generasi terbaru yang minim vibrasi dan gesekan. Performa motor menjadi lebih bertenaga, responsif serta meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Pada generasi sebelumnya, Lexi mengusung mesin berkubikasi 125 cc. Dapur pacu menjadi keunggulan utama Lexi LX 155 series guna mendukung kebutuhan konsumen dalam berkendara di jalan.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Lantas, apa saja keunggulan mesin Lexi 155 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 /8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 14,2 Nm/6.500 rpm?

Saat gelaran MAXi Flash Trip pada 24-26 Februari, para peserta touring diajak mencermati secara detail komponen dan keunggulan mesin generasi terbaru tersebut. Peragaan pembongkaran mesin motor dilakukan agar peserta memahami komponen mesin.

“Mesin baru Lexi LX 155 mendapat perombakan pada camshaft, piston, head, dan jalur oli. Sehingga akselerasi motor lebih baik,” kata perwakilan Education Service Yamaha, Suyoko, Sabtu (24/2/2024).

Menurut Suyoko, ada beberapa perubahan pada mesin sehingga mampu mengoptimalkan performa dalam berkendara. Dinding cylinder dibuat sehalus mungkin untuk meminimalisasi gesekan. Perubahan mendasar juga dilakukan pada body cylinder dan forged piston yang ukurannya lebih besar.

Ukuran crankshaft lebih pendek yakni 277,88 mm dibandingkan mesin Lexi sebelumnya yakni 283,8 mm. “Perubahan paling mencolok adalah jalur oli baru di mesin Lexi LX 155.

Sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian cylinder head dan cylinder bodi. Kini ditambah ke bagian hydraulic tensioner,” kata dia.

Public Relation Supervisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Adianto Pangaribuan mengatakan Yamaha mendengar suara dan masukan para konsumen yang ingin mendapatkan motor dengan power yang lebih besar. Yamaha lantas merilis Lexi LX 155 cc pada awal 2024.

Yamaha selalu mendengar suara konsumen, setelah meluncurkan 125 (cc), model itu mendapatkan apresiasi dari masyarakat Indonesia.

Bagaimanapun menurut masukan konsumen, banyak orang Indonesia ingin mendapatkan power yang lebih besar. Ada empat keunggulan Lexi LX 155 series yang menunjang mobilitas konsumen dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Keempat keunggulan itu, yakni performance, mesin, desain, dan teknologi. Lexi LX 155 juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk memudahkan dalam berkendara.

“Desain speedometer digital dilengkapi lampu LED front, penambahan Vlines sehingga lebih sporty dan premium,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya