Kategori: Solo

Menteri Sosial hingga Bupati Sragen dan Klaten Satu Panggung Virtual di Talkshow Hari Kartini Besok


Solopos.com/Tika Sekar Arum/Hijriyah Al Wakhidah

Solopos.com, SOLO -- Lima perempuan hebat yang berperan besar dalam pemerintahan akan berdialog dalam satu panggung virtual dalam talkshow Hari Kartini, Kamis (22/4/2021) besok pukul 10.00-11.30 WIB.

Talkshow yang digelar Solopos Group ini menghadirkan Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma), Ketua Tim Penggerak PKK Jateng Siti Atikoh, Bupati Klaten Sri Mulyani, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo, Selvi Ananda.

Talkshow virtual Hari Kartini bertema Perempuan di Garda Depan Pembangunan tersebut akan mengupas tuntas bagaimana seorang perempuan tampil di depan dalam pemerintahan serta aktif mengentaskan masalah daerah.

Baca juga: PSSI Antisipasi Suhu Panas Jelang Derbi Indonesia di Final Piala Menpora

“Mereka adalah representasi perempuan yang mampu menjadi pemimpin. Mereka adalah wujud emansipasi bahwa perempuan dan laki-laki punya kontribusi yang sama untuk memimpin dan berperan strategis dalam pembangunan,” kata Pemimpin Redaksi Harian Umum Solopos, Rini Yustiningsih, kepada Solopos.com, Selasa (20/4/2021).

Rini menambahkan talkshow dalam rangka Hari Kartini yang didukung perusahaan penyedia peralatan rumah tangga Artugo, Pemkab Klaten, Prodia, dan Alfamart ini akan membedah kiprah para perempuan pemimpin tersebut. "Acara ini juga akan memotret daya juang dan inisiatif perempuan selama masa pandemi,” tutur dia.

Seperti diketahui, Tri Rismaharini ditunjuk menjadi Menteri Sosial pada Desember 2020. Sebagai seorang perempuan, Risma membuktikan mampu mempin Kementerian Sosial dengan banyak aktivitas sosial dan kemasyarakatan.

Baca juga: Bingung Mau Makan Apa? Ini 5 Kuliner Malam di Solo yang Cocok Buat Sahur

Perempuan Pembuat Gebrakan

Sebelumnya, kiprah Risma yang menjabat Wali Kota Surabaya, juga tak dapat dikesampingkan. Narasumber talkshow Hari kartini ini beberapa kali membuat gebrakan di Surabaya yang menunjukkan betapa dirinya mampu memimpin kota sebesar Surabaya.

Sedangkan Siti Atikoh adalah istri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang dikenal sangat aktif bergerak bersama PKK.

Terlahir sebagai perempuan dan harus mengurus keluarga, rupanya tak menghalangi Atikoh untuk tetap berkontribusi kepada masyarakat. Aktivitas Atikoh bisa dilihat di media sosial pribadinya yang dipenuhi kegiatan untuk publik.

Baca juga: Wheel Loader Rusak, Pantai Parangtritis Terancam Penuh Sampah

Tidak berbeda dengan Atikoh, narasumber lainnya, Selvi Ananda yang merupakan istri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, juga aktif mendukung pemberdayaan perempuan di Kota Solo bersama PKK.

Sementara itu, kemampuan perempuan memimpin daerah tak diragukan lagi ada pada dua narasumber talkshow Hari Kartini lainnya, yakni Bupati Klaten Sri Mulyani dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Baca juga: Dana Rp170 Miliar untuk Perombakan Wisata WGM Wonogiri Mirip Guatape

Tanpa melupakan peran sebagai ibu dalam keluarga, mereka sekaligus menjadi “ibu” bagi masyarakat Klaten dan Sragen. Sri Mulyani dan Yuni akan berbagi kisah bagaimana mereka mampu bertahan di tengah banyaknya tantangan sebagai pemimpin daerah.

Talkshow ini akan disiarkan live melalui Youtube SoloposTV, Facebook Solopos.com, dan Instagram @koransolopos. Warganet bisa menyampaikan komentar atau bertanya di kolom komentar tiga media sosial Solopos Group tersebut.

Share