SOLOPOS.COM - Istana Pura Mangkunegaran. (Puromangkunegaran.com)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran yang terletak di Solo, Jawa Tengah, memiliki pendopo terluas di Indonesia yang digunakan sebagai resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Minggu (11/12/2022).

Melansir situs resmi milik Pura Mangkunegaran, pendopo yang bernama Pendopo Ageng ini memiliki ukuran 3.500 meter persegi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Bangunan ini berbentuk joglo dan mampu menampung kurang lebih 5.000 hingga 10.000 orang. Sehingga pendopo ini diklaim sebagai pendopo terbesar di Indonesia. Hal ini juga dibenarkan oleh Purwanto, abdi dalem pariwisata Pura Mangkunegaran Solo dalam penjelasannya di video berjudul Istana Mangkunegaran Surakarta KGPPA Mangkunegoro IX di kanal Youtube MASBANYUMAS.

“Pendopo [Pura Mangkunegaran] dengan joglo terbesar di Indonesia melebihi pendopo atau joglo keraton lain. Meski terbesar, ini ornamennya sederhana. Pilar-pilarnya tidak diukir tapi muncul keanggunan. Di sini, dihiasi lampu gantung yang dibeli dari Eropa dan aslinya pakai lilin,” ujar dia.

Baca Juga: Daftar Penguasa Pura Mangkunegaran Solo dari Dulu hingga Sekarang

Selain pendopo terluas, Pura Mangkunegaran juga memiliki bangunan-bangunan lain yang tak kalah unik. Tepat di belakang pendopo terdapat Pringgitan. Bangunan ini berbentuk kuthuk ngambang Pringgitan digunakan untuk pertunjukan wayang kulit. Di tempat ini juga terdapat foto KGPAA Mangkunegara IX beserta GKP Mangkunegara IX.

Selanjutnya ada Ndalem Ageng, sebuah bangunan berbentuk limasan yang memiliki luas kurang lebih 1.000 meter persegi. Saat ini Ndalem Ageng berfungsi sebagai museum. Selain memamerkan petanen (tempat persemayaman Dewi Sri) berlapiskan tenunan sutra yang menjadi pusat perhatian pengunjung, museum ini juga memamerkan perhiasan, senjata-senjata, pakaian-pakaian, medali-medali, perlengkapan wayang, uang logam, gambar adipati-adipati Mangkunenaran serta berbagai benda-benda seni.

Baca Juga: Profil & Sejarah Pura Mangkunegaran, Lokasi Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina

Di belakang Dalem Ageng, terdapat Keputren yakni tempat kediaman keluarga Mangkunegaran. Di dalamnya terdapat taman yang ditumbuhi pohon, bunga, semak hias, sangkar berisi burung, patung-patung klasik bergaya Eropa, serta kolam air mancur.

Menghadap ke taman terbuka Pura Mangkunegaran, terdapat Pracimoyasa, sebuah ruang keluarga yang cukup luasberbentuk segi delapan yang digunakan untuk rapat.  Di dalam bangunan terdapat perabotan dari Eropa. Kaca-kaca berbingkai emas terpasang berjejer di dinding.

Baca Juga: Pendopo Pura Mangkunegaran Solo Terbesar di Indonesia, Segini Ukurannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya