Mengenang Ustaz Sukina, Pemimpin MTA Dekat dengan Jokowi hingga Prabowo
Ahmad Sukina

Solopos.com, SOLO-- Kabar duka datang dari Majlis Tafsir Alquran (MTA). Pemimpin sekaligus pembina MTA, Drs Ahmad Sukina dikabarkan wafat Kamis (25/2/2021) pagi.

"Innalillaahi wainna ilaihi rooji'un..
Ust Sukina MTA telah wafat pagi ini Kamis 25 Februari 2021 sekitar jam 04.05 WIB..
Allahumaghfirlahu warhamhu waafihi wa'fu'anhu..

Demikian isi berita singkat yang beredar di lini media berbagi pesan di Whatsapps, Kamis pagi. Menurut informasi yang berhasil dihimpun Solopos.com, pada jenazah Ustaz Sukina akan disalatkan pada pukul 10.00 di Gedung Pusat MTA Depan Mangkunegaran, Solo. Setelah Zuhur, jenazah akan dimakamkan di permakaman Kaliboto, Karanganyar.

Baca Juga: Kakak Beradik Madiun Buka Warung Soto Murmer Rp1.000, Alasannya Bikin Terenyuh

Ahmad Sukino memimpin MTA setelah Ketua Umum sekaligus pendiri MTA sebelumnya, Ustaz Abdullah Thufail Saputra wafat pada 15 September 1992, setelah 20 tahun menumbuhkan dan mengembangkan MTA.

MTA berkembang dengan pesat ke seluruh pelosok Tanah Air dan saat ini telah memiliki lebih dari 50 perwakilan dan lebih dari 170 cabang.

Seperti dikutip dari laman mta.or.id, Majlis Tafsir Al Qur’an (MTA) merupakan sebuah badan hukum berbentuk Yayasan yang bergerak dibidang Dakwah Islamiyyah, sosial dan Pendidikan dengan kedudukan (kantor pusat) di Surakarta. MTA didirikan oleh Al Ustaz Abdullah Thufail Saputra di Solo pada 19 September 1972.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Di RSUD Sukoharjo Jauh Berkurang, Separuh Lebih Bed Isolasi Kosong

Sesuai dengan tujuan pendirian MTA, yaitu untuk mengajak umat Islam kembali ke Al-Quran, kegiatan utama di MTA berupa pengajian Al-Quran. MTA juga menyelenggarakan kegiatan dibidang pendidikan, baik formal maupun non formal, dan  kegiatan sosial kemanusiaan, seperti donor darah, evakuasi korban bencana, serta bakti sosial kemanusiaan lainnya baik diselenggarakan secara mandiri maupun bekerja sama dengan pemerintah, TNI dan Polri. MTA merupakan organisasi yang independen, tidak terikat dengan organisasi massa manapun dan partai politik apapun.

Dekat dengan Jokowi

Semasa hidup Ustaz Sukina diketahui dekat tokoh-tokoh penting negeri ini, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi pernah menghadiri pesta pernikahan putra, Ahmad Sukina yang berlangsung di Puri Kencono, Lorin Solo Hotel, Sabtu (6/10/2018).

Baca Juga: Jumlah Kasus Covid-19 Solo Terus Menurun, RS Ingin Alihfungsikan Ruang Isolasi

Selain Presiden Jokowi, resepsi pernikahan Muhammad Fathin Habibibullah dan Khumaira juga dihadiri sejumlah pejabat negara lainnya. Seperti Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan juga banyak pejabat yang lainnya.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga pernah berkunjung ke gedung MTA pimpinan Ustadz Ahmad Sukina, di Solo, Minggu (23/12/2018). Saat itu Prabowo yang sedang mencalonkan diri sebagai presiden, didaulat untuk berbicara di depan ribuan jemaah MTA mengaku grogi. Namun Ustaz Sukina mengatakan jemaah MTA yang hadir di setiap pengajian memang mencapai ribuan.



Berita Terkini Lainnya








Kolom