Mengenal Jenis-Jenis Bipolar, Medina Zein Mengidap yang Mana?

Ada warganet mempertanyakan Medina Zein mengidap jenis-jenis bipolar yang mana?

 Ilustrasi mengidap gangguan bipolar. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengidap gangguan bipolar. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Nama Medina Zein jadi perbincangan warganet lantaran disebut mengidap bipolar akut oleh keluarga dan pengacaranya, namun ada warganet mempertanyakan jenis mana yang diidap selebgram tersebut? Menurut warganet, terkait kondisi medis bukan kewenangan pengacara yang bicara.

“Mba @medinazein setau saya gak ada ya yg namanya Bipolar akut. Bipolar itu cuma ada Bipolar Tipe 1 dan 2, siklotomia, Rapid cycle, dan Mix Features. Nah anda ini yg mana? Terus harusnya kalo ada statement medis dokternya ikut kasih keterangan kalo lawyernya terus yg ngomong apalagi kalo sampe kasih statement yg terkait soal ranah medis itu bukannya udah melanggar kode etik profesi ya? Ini saya nanya ya. Semangat ya mba semoga segera selesai masalahnya,” tulis akun @lala.bak*** di Instagram @medinazein dikutip pada Senin (16/5/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Agar mengetahui benarkah bipolar akut termasuk jenis-jenis bipolar atau bukan, simak ulasannya di info sehat kali ini. Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrem dan sulit ditebak.

Baca Juga: Penasaran Medina Zein Idap Bipolar, Warganet Serbu Akun Instagramnya

Gejalanya bisa memengaruhi suasana hati yang sangat tinggi yang disebut mania, dan penderita juga dapat menjelma seketika menjadi sedih ataupun depresif. Ketika gejala depresi muncul, Anda pun bisa merasa putus asa, sedih, atau kehilangan minat. Saat suasana hati berubah menjadi mania atau hipomania, Anda mungkin merasa euforia, penuh energi, atau sangat mudah tersinggung.

Berikut beberapa jenis bipolar seperti dikutip dari klikdokter.com pada Senin (16/5/2022):

1. Bipolar I

Bipolar I didefinisikan oleh munculnya, setidaknya gejala satu episode manik yang berlangsung minimal 7 hari atau lebih. Manik atau mania adalah keadaan ketika seseorang merasakan emosi yang tinggi.

Mereka bisa merasa bersemangat, impulsif, dan penuh energi. Episode manik yang muncul bisa juga menjadi sangat parah, sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit segera.

Baca Juga: Ketahui Gejala Bipolar Disorder Seperti Dibahas Marshanda

Pada jenis bipolar I, penderita mungkin juga mengalami episode depresi hebat atau hipomanik sebelum dan sesudah episode mania. Jenis gangguan bipolar ini memengaruhi pria dan wanita secara setara.

2. Bipolar II

Tipe bipolar berikutnya adalah bipolar II. Orang dengan jenis gangguan bipolar tipe ini mengalami satu episode depresi besar yang berlangsung setidaknya dua minggu.

Lalu, penderita tipe bipolar disorder ini juga memiliki setidaknya satu episode hipomania yang berlangsung sekitar empat hari. Hipomania adalah kondisi yang mirip dengan mania, tapi tidak terlalu parah.

Jenis gangguan bipolar atau bipolar disorder ini dianggap lebih umum terjadi pada wanita. Orang dengan gangguan bipolar II umumnya juga memiliki penyakit mental lain seperti gangguan kecemasan atau gangguan penggunaan zat, yang dapat memperburuk gejala depresi atau hipomania.

3. Siklotimia

Jenis bipolar ini adalah bentuk gangguan yang lebih ringan dari jenis bipolar I dan II. Orang-orang dengan siklotimia memiliki episode-episode hipomania dan depresi yang bisa berlangsung setidaknya selama dua tahun.

Baca Juga: Marshanda Bicara Bipolar Disorder yang Dijadikan Tren

Gangguan siklotimik biasanya berkembang pada masa remaja. Orang dengan kondisi ini sering tampak berfungsi normal, meskipun mereka mungkin tampak “murung” atau “sulit” bagi orang lain.

4. Rapid Cycle

Rapid cycle adalah jenis bipolar yang memiliki empat atau lebih episode perubahan mood dan berlangsung dalam periode 12 bulan. Masing-masing episode harus berlangsung selama beberapa hari untuk bisa disebut tipe bipolar rapid cycle.  Jenis bipolar ini dapat terjadi kapan saja dalam perjalanan penyakitnya. Kaum wanita pun dinilai lebih mungkin menderita rapid cycle dibandingkan pria.

Baca Juga: Idap Bipolar, Medina Zein Klaim Gunakan Narkoba Atas Izin Dokter

5. Mixed Features

Bila sebelumnya tipe bipolar mengalami periode depresi atau mania yang bergantian, mixed features mengalami gejala depresi dan mania pada saat yang bersamaan.

Ini berarti Anda dapat mengalami episode manik dengan fitur campuran. Jadi, gejala utamanya adalah mania, tetapi gejala depresi juga bisa muncul di saat bersamaan.

Misalnya, Anda mungkin merasa bersemangat melakukan beberapa aktivitas berenergi tinggi, tetapi Anda juga merasa tertekan disaat yang sama.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Kenapa Dilarang Menikah di Bulan Muharam?

Ada sejumlah alasan kenapa dilarang menikah di Bulan Muharam.

Cerpen Gelar Haji

Laki-laki dengan gelar haji yang tak pernah berubah tabiatnya sekalipun haji tiga kali itu, pastilah akan membanggakan kehajiannya kemudian memberitahukan ke setiap orang.

Bolehkah Puasa Tarwiyah dan Arafah Sekalian Bayar Utang Ramadan?

Salah satu amalan ibadah yang sangat dianjurkan adalah puasa Tarwiyah jatuh pada 8 Dzulhijjah, dan puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Kapan Mulai Puasa Dzulhijjah? Ini Panduannya

Untuk menjawab pertanyaan kapan mulai puasa Dzulhijjah, berikut ini panduannya.

Kenapa Banyak Orang Menikah di Bulan Dzulhijjah?

Meskipun untuk waktu pelaksanaan pernikahan tidak ada waktu khusus, kenapa banyak orang menikah di Bulan Dzulhijjah?

Begini Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Syariat Islam

Berikut ini pembahasan hukum pernikahan beda agama baik secara syariat Islam maupun negara.

Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Online agar Lekas Disetujui

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips untuk mempercepat proses verifikasi dan persetujuan pengajuan pinjaman online atau pinjol, simak penjelasan berikut ini.

Cerpen Pembuktian

Aku yakin Djenar pasti jeli membaca cerpenku, dan akan memberikan banyak catatan. Padahal, sejujurnya niatku mengajaknya bertemu bukan untuk keperluan itu.

Cek Arti Mimpi Tenggelam, Benarkah Pertanda Buruk?

Mimpi tenggelam tentu bikin jantung berdebar-debar dan bertanya-tanya apa artinya ya?

Sangat Dianjurkan, Ini Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk menambah pahala. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.

Arti Mimpi Mendapatkan Uang, Pertanda bakal Dapat Rezeki Nomplok?

Mimpi mendapatkan uang tentu bikin bahagia karena bunga tidur itu sering diartikan sebagai pertanda baik, benarkah demikian?

Cerpen Kisah Cinta Lelaki Gandrung

Kata orang-orang, bapakku miskin dan buruk rupa. Mereka bingung mengapa Ibu memilih Bapak, bukannya menjadi istri keempat Pak Warta yang kaya raya.

Apakah Cacar Monyet Berbahaya? Ini Penjelasannya

WHO mencatat hingga Jumat (24/6/2022) ada 70 kematian di Afrika Tengah, apakah virus ini berbahaya bagi manusia?

Mengintip Layanan & Fasilitas Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan untuk penyakit jantung yang lengkap dan fasilitas cathlab standar internasional.

Kenapa Alkohol Bekonang Dinamakan Ciu? Ternyata dari Bahasa China

Tahukah Anda nama ciu yang merupakan alkohol khas dari Bekonang, Sukoharjo dinamai dengan kata dari bahasa Mandarin.

Kasus Cacar Monyet Meluas, Apakah Indonesia Termasuk?

Kasus cacar monyet telah ditemukan di sejumlah negara, bagaimana halnya dengan di Indonesia?