Menelusuri Jejak Joko Tingkir di Pengging Banyudono Boyolali

Menelusuri jejak Joko Tingkir di Kecamatan Banyudono, Boyolali.

 Makam leluhur Joko Tingkir di Pengging, Banyudono, Boyolali. (Istimewa).

SOLOPOS.COM - Makam leluhur Joko Tingkir di Pengging, Banyudono, Boyolali. (Istimewa).

Solopos.com, BOYOLALI – Nama Joko Tingkir belakangan ini ramai diperbincangkan publik. Hal itu karena lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet terdengar populer setelah dibawakan oleh penyanyi Yeni Inka bersama Farel Prayoga.

Lagu tersebut tuai banyak kontroversi, namun siapa sebenarnya sosok Joko Tingkir yang diperbicangkan tersebut?

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Dari buku berjudul Joko Tingkir Berjuang Demi Takhta Pajang oleh Agus Wahyuni, Joko Tingkir atau yang memiliki nama asli Mas Karebet sebagai penerus Ki Kebo Kenanga, merupakan tokoh penyebar agama Islam.

Disebutkan di prasasti Silsilahipun Ingkang Dalem Kiai Ageng Kebo Kenongo (Ki Ageng Pengging) yang terletak di makam Kiai Ageng Kebo Kenanga atau yang lebih dikenal dengan Ki Kebo Kenanga. Joko Tingkir merupakan nama terakhir di silsilah tersebut.

Makam Ki Kebo Kenanga berada di Jalan Solo-Semarang, RT 009/RW 002, Dukuh Pengging Gedong, Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Lokasi makam Ki Kebo Kenanga itu gabung dengan permakaman warga setempat.

Baca juga: Konon Peninggalan Joko Tingkir, Sumur di Sragen Ini Tak Pernah Kering

Joko Tingkir bukanlah sembarang orang. Joko Tingkir adalah ulama besar yang menurunkan ulama-ulama di Jawa. Joko Tingkir merupakan kakek ketiga dari Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdatul Ulama.

Hal itu berarti Gus Dur atau dengan nama asli Kiai Haji Abdurrahman Wahid adalah generasi keenam keturunan Joko Tingkir.

Nasab Joko Tingkir bertemu dengan Maulana Ishaq, ayah Sunan Giri merupakan salah satu Walisongo yang telah berjasa besar dalam mendakwahkan Islam di Nusantara.

Dilihat dari nasab Joko Tingkir tersebut, beliau bukan sembarangan. Karena sosoknya menjadi tokoh yang berjasa dan dihormati oleh bangsa Indonesia. Joko Tingkir digambarkan sebagai tokoh yang cenderung bersih.

Joko Tingkir tidak menjadi simbol kaum marginal. Semenjak ayah ibunya meninggal, ia dibesarkan oleh Nyai Ageng Tingkir yang kaya raya.

Baca juga: Kisah Kelurahan & Kecamatan Tingkir di Salatiga Dikaitkan dengan Joko Tingkir

Joko Tingkir tidak dididik untuk berbalas dendam kepada Raden Patah sebagai Raja Demak saat itu yang diduga membunuh ayahnya yang dikira pembangkang kepada Demak.

Joko TingkirIstim pun juga tidak dididik untuk merebut kekuasaan Demak sebagaimana yang telah dilakukan Demak sendiri kepada Majapahit. Setelah menjadi menantu Sultan Trenggono dan mendapat jabatan sebagai Adipati Pajang bergelar Hadiwijaya.

Kemudian setelah mertuanya meninggal, ia dipercaya untuk menerima anugerah kekuasaan. Kemenangan Hadiwijaya menguasai Demak dan menyatukannya dengan Pajang yang merupakan kemenangan kaum marginal.

Salah satu keberhasilan Joko Tingkir adalah ia berhasil menjadi penguasa Pajang, saat itu secara tidak langsung pudarlah perseteruan antara kaum marginal Majapahit dan kaum elit Demak.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      90 Unit Bus Stand By, Siap Angkut Tamu Tasyakuran Nikahan Kaesang-Erina di Solo

      Puluhan bus sudah stand by dan siap mengantar tamu undangan acara tasyakuran nikahan Kaesang-Erina di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Watu Panggung di Jekani Sragen Masih Dikeramatkan, Konon Dibuat Bocah Angon

      Keberadaan Watu Panggung di Dukuh Sidomulyo, Desa Jekani, Kecamatan Mondokan, Sragen, masih dikeramatkan oleh warga. Konon, tumpukan batu itu dibuat oleh anak penggembala alias boca angon.

      Banyak Peminat, 600 Dosis Vaksin Covid-19 di Boyolali Hampir Ludes dalam 2 Hari

      Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali baru mendapatkan 600 dosis vaksin jenis Pfizer dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah, Rabu (7/12/2022).

      Jagong Nikahan Kaesang, Prabowo Subianto Menginap 2 Hari di Hotel Alila Solo

      Ketum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipastikan menghadiri acara nikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      DAPM Karanganyar Sumbang Rp19 Juta bagi Korban Gempa Cianjur

      Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kabupaten Karanganyar menyerahkan bantuan Rp19 juta untuk korban gempa bumi di Cianjur melalui PMI

      Kaum Boro Bikin Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkades Wonogiri Tak Optimal

      Mayoritas warga yang absen atau tak menggunakan hak pilihnya di Pilkades Wonogiri berstatus kaum boro.

      STB Mahal dan Langka, Politikus Golkar Henry Indraguna Menduga Ada Penimbunan

      Politikus Partai Golkar Henry Indraguna menduga ada mafia yang sengaja menimbun set top box atau STB sehingga kini menjadi barang langka dan harganya mahal di mana-mana.

      Mobil Damkar & Derek Disiagakan di Jl. Solo-Jogja saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Mobil Damkar Klaten disiagakan di sepanjang jalan raya Solo-Jogja selama putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

      Persiapan Seleksi, Pesantren Mahasiswa UMS Siapkan 180 Kuota Santri Baru

      Pesantren mahasiswa (Pesma) K.H Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap menyambut 180 kuota mahasantri baru 2023/2024.

      Nikahan Kaesang-Erina, 32 Pesawat Carter Mendarat di Bandara Adi Soemarmo

      Bandara Adi Soemarmo Solo mendapatkan konfirmasi lebih dari 30 pesawat carter atau jet pribadi akan mendarat di bandara tersebut mengangkut tamu acara nikahan Kaesang-Erina.

      Hilang Hampir Sebulan, Warga Jatisrono Wonogiri Ditemukan Meninggal di Hutan

      Seorang pria lanjut usia ditemukan meninggal dunia dalam keadaan membusuk di Kawasan Hutan Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Perhutani Plalar, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/12/2022) malam.

      Boyolali Segera Punya Perda Kawasan Tanpa Rokok, Sanksi Tegas Bagi Pelanggar

      Boyolali segera miliki Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

      Satpol PP Klaten Copoti Banner Dukungan Pencapresan Ganjar Pranowo

      Satpol PP dan Damkar Klaten mencopoti sejumlah banner dukungan pencapresan Ganjar Pranowo di Jl. Jogja-Solo, Jumat (9/12/2022).

      Batal Angkut Tamu Nikahan Kaesang di Solo, Tukang Becak Merasa Dianaktirikan

      Tukang becak di Kota Solo mengaku merasa dianaktirikan setelah dipastikan batal dipakai untuk mengangkut tamu nikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Kreatif! Siswa SDN 5 Juwangi Boyolali Bikin Gaun "Mewah" dari Barang Bekas

      SDN 5 Juwangi yang tergabung dalam komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Boyolali mengadakan School Expo, Kamis (8/12/2022)