SOLOPOS.COM - Borneo FC menang dramatis 2-1 atas Persebaya dan lolos ke Babak Championship Series Liga 1 musim 2023/2024. (IG @borneofc.id)

Solopos.com, SOLO — Borneo FC menang dramatis 2-1 atas Persebaya Surabaya sekaligus mengantar klub asal Kalimantan itu menjadi tim pertama yang lolos ke Babak Championship Series Liga 1 2023/2024.

Borneo kini di puncak klasemen dengan mengoleksi poin 66 hasil dari 28 kali main.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Apapun hasil pertandingan mereka di sisa laga hingga akhir musim tidak membuat mereka terdepak dari posisi empat besar.

Dalam sistem championship series yang baru diberlakukan musim ini, empat tim di peringkat satu hingga empat bakal menjalani laga untuk menentukan siapa yang terbaik.

Pemenang dari babak championship series dinobatkan sebagai jawara Liga 1 musim 2023/2024.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga yang digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (7/3/2024), Borneo sepertinya akan kalah di pertandingan kandang mereka saat pemain Persebaya mencetak gol di menit ke-85.

Toni Firmansyah, pemain muda Persebaya yang baru dimasukkan Paul Munster sukses mengambil bola liar, mengontrol sebentar, lalu melepaskan tembakan voli yang bersarang telak di sudut kanan gawang Borneo FC.

Tak mau dipermalukan di kandang, Borneo yang mengurung Persebaya sejak awal laga terus meningkatkan tekanan untuk mencetak gol.

Tekanan bertubi-tubi Stefano Lilipaly dkk. membuahkan hasil. Pemain belakang Persebaya Kasim Botan yang belum lama menapakkan kaki di lapangan mencetak gol bunuh diri di menit ke-90+2.

Ia bermaksud menyapu umpan lambung yang masuk ke kotak penalti namun sundulannya malah masuk ke gawang sendiri.

Gol itu menyesakkan dada skuad Persebaya lantaran sebelumnya kiper Andhika Ramadhani berulang kali sukses menggagalkan peluang Borneo di depan gawangnya.

Gol balasan Borneo memicu ketegangan para pemain Bajol Ijo. Terjadi adu mulut di tengah lapangan antara striker Paulo Henrique dengan beberapa pemain Borneo.

Apes bagi Persebaya. Kericuhan di tengah lapangan itu ternyata berbuah kartu merah untuk Paulo Henrique.

Praktis bermain dengan 10 pemain membuat skuad Persebaya kian panik.

Puncaknya terjadi pada menit ke-90+8. Iksan Zikrak memanfaatkan kemelut di depan gawang Persebaya dengan menceploskan bola umpan Silverio Silva.

Skor 2-1 bertahan hingga usai.

Kemenangan ini membuat Borneo FC kukuh di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan 66 poin. Pesut Etam juga mengunci satu tempat di championship series karena dipastikan minimal finis empat besar di musim reguler.

Sedangkan kekalahan ini membuat Persebaya tak beranjak dari urutan 10 dengan 35 poin.

Tekad Munster

Sebelumnya, Pelatih Persebaya Surabaya Paul Munster bertekad menghentikan rekor kemenangan Borneo FC saat Bajul Ijo melawat ke Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (6/3/2024), pada pekan ke-28 Liga 1 Indonesia.

Paul Munster mengaku sudah menganalisis kekuatan Borneo FC.

Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Rabu, Munster menjelaskan Persebaya Surabaya siap untuk menghadapi tantangan dari Borneo FC.

“Saya sudah melihat Borneo FC bermain. Mereka memiliki pemain-pemain bagus, dan saya bahkan memiliki mantan pemain di sana. Tapi tim kami juga memiliki kualitas yang sama dan kami siap untuk bersaing,” tegas Munster seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Menjelang pertandingan ini, Persebaya Surabaya memiliki modal bagus setelah pada pekan sebelumnya dapat mengamankan kemenangan atas PSS Sleman 2-1.

Munster menilai hasil tersebut menjadi suntikan motivasi tambahan untuk Persebaya Surabaya dalam misi mengambil poin di Balikpapan.



Pelatih yang memiliki kewarganegaraan Irlandia Utara itu meyakini Paulo Henrique serta kolega memiliki kapasitas untuk mengambil poin penuh di markas Borneo FC.

“Kami optimistis bahwa kami bisa meraih poin, karena pemain-pemain kami paham apa yang kami inginkan. Mentalitas mereka adalah untuk menang. Saya tidak mempedulikan siapa lawan kami. Mentalitas kami selalu untuk menang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya