SOLOPOS.COM - Antrean pengunjung mengular di depan Kori Kamandungan kompleks Keraton Solo, Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, pada libur Tahun Baru, Minggu (1/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLOKeraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, menjadi salah satu magnet bagi wisatawan selama liburan Tahun Baru 2023, Minggu (1/1/2023). Antrean wisatawan sampai mengular panjang di depan Kori Kamandungan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu sekitar pukul 10.30 WIB, area parkir di halaman Kori Kamandungan sudah dipenuhi kendaraan milik wisatawan. 

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Antrean wisatawan sudah mengular di Kori Kamandungan saat itu. Sejumlah prajurit Keraton Solo yang bersiaga menjadi daya tarik wisatawan kalangan keluarga untuk berfoto bersama. 

Selain mengendarai kendaraan pribadi maupun transportasi umum, sejumlah wisatawan terlihat berjalan kaki dari Pasar Klewer menuju Keraton Solo. Begitu pula sebaliknya.

Sementara kondisi cuaca Kota Solo sempat gerimis pada Minggu pagi. Namun selanjutnya mendung. Wisatawan asal Surabaya, Taufan Hariyono, 40, datang bersama keluarga besarnya ke Keraton Solo. Mereka sempat berfoto dengan prajurit Keraton Solo.

Taufan mengaku sering berkunjung ke Kota Solo sebab ada saudaranya yang tinggal di kota ini. Sedangkan berkunjung ke Keraton Solo sudah kali ketiga bagi Taufan bersama buah hatinya. “Ketemu saudara sekaligus mengenalkan kebudayaan Nusantara kepada anak-anak,” kata dia.

Menurut dia sebagai wisatawan, Museum merupakan bagian paling menarik di Keraton Solo. Sejumlah koleksi kereta serta pusaka menjadi daya tarik sendiri baginya dan keluarganya.

Selain museum, Taufan mengatakan bakal diajak saudaranya berkunjung ke Pasar Klewer Solo serta destinasi wisata lainnya salam beberapa hari di Kota Solo dan sekitarnya.

Ia antara lain berencana piknik ke Air Terjun Jumog, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. “Wisata terbuka agak kami hindari hari ini. Yang lebih tertutup ada atap atau rumahnya,” jelasnya.

Wisatawan asal Jakarta, Wenny Desty Febrian,  32, datang bersama suaminya, Indra Sani, serta ketiga buah hatinya, Anindra, Dwi Anindya, Tri Andindita.

Kota Solo menjadi pilihan liburan akhir tahun keluarga Wenny karena pertimbangan destinasi wisata di Kota Solo serta periode libur yang pendek mulai Kamis (29/12/2022) dan masuk kerja Senin (2/1/2023).

“Saya memilih tempat wisata yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak-anak saya. Enggak hanya sekadar jalan-jalan,” jelasnya.

Menurut Wenny, koleksi musuem berupa benda peninggalan sejarah Keraton Solo serta bangunan-bangunan kompleks Keraton Solo menjadi daya tarik. Selain Keraton Solo, keluarga Wenny bakal berkunjung ke sejumlah tempat wisata lainnya, antara lain, Pura Mangkunegaran dan Pasar Klewer Solo.

Menurut dia, kondisi cuaca di Kota Solo aman untuk liburan keluarga. Kondisi cuaca di Jakarta dinilai lebih ekstrem dari Kota Solo akhir tahun ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya