Kategori: Klaten

Meledak Lagi, Pasien Covid-19 di Klaten Tambah 16 dalam Sehari


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN — Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah kembali melonjak, Minggu (30/8/2020). Dalam sehari, ada penambahan 16 orang di Klaten yang dinyatakan terpapar virus corona.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, penambahan 16 pasien positif Covid-19 itu berasal dari Kecamatan Karanganom, Ngawen, Wonosari, Karangdowo, Klaten Tengah, Klaten Utara, Jatinom, Polanharjo, dan Delanggu. Penambahan paling banyak berasal dari Kecamatan Delanggu, yakni sebanyak lima orang.

Kemudian dari Kecamatan Klaten Utara, Jatinom, dan Polanharjo masing-masing dua orang. Penambahan pasien positif baru dari Kecamatan Karanganom, Ngawen, Wonosari, Karangdowo, dan Klaten Tengah masing-masing satu orang.

Sebanyak lima orang dari 16 pasien baru pada Minggu (30/8/2020) diduga terpapar virus corona dari pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 10 orang dimungkinkan terpapar Covid-19 saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Petani di Sukoharjo Ngeluh Kesulitan Dapat Pupuk Bersubsidi

Sementara itu, penambahan satu pasien positif diketahui memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah sehingga diduga terpapar saat melakukan perjalanan tersebut. Mayoritas pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu menjalani isolasi mandiri.

"Sebanyak 15 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis dan satu pasien lain menjalani perawatan di RSU Islam Klaten," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, cahyono Widodo, Minggu.

Selain penambahan 16 pasien terkonfirmasi positif, sebanyak empat pasien positif Covid-19 di Klaten dinyatakan sembuh pada hari yang sama.

Tiga pasien sembuh berasal dari Kecamatan Klaten Utara masing-masing berinisial S, 40, laki-laki; DN, 24, perempuan; serta NA, 33, perempuan. Sementara, satu pasien sembuh lainnya berasal dari Kecamatan Gantiwarno berinsial BDK (perempuan), 30 tahun.

S Sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 25 Agustus dan menjalani isolasi di Rumah Sehat Covid-19 Edotel Klaten. DN terkonfirmasi positif pada 19 Agustus dan menjalani perawatan di RSUD dr Soehadi Prijonegoro, Sragen. Pasien NA terkonfirmasi positif Covid-19 pada 26 Agustus dan menjalani perawatan di RS Bhayangkara DIY.

Sementara, pasien BDK terkonfirmasi positif pada 26 Agustus dan menjalani perawatan di RSUD Kota Yogyakarta.

Jumlah

"Jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 272 orang. Sebanyak 84 orang menjalani perawatan di rumah sakit atau pun isolasi mandiri, 176 orang sembuh, dan 12 orang meninggal dunia," kata Cahyono.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Delanggu, Jaka Suparja, mengatakan lima pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten kini menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Secara administrasi, kelima pasien tak semuanya merupakan warga Delanggu.

Prank Filter Jerawat, Cewek Ini Malah Diblok Calon Gebetan

Di antara mereka, ada yang berasal dari luar Klaten dan bekerja di salah satu perusahaan. "Ada yang tinggal di indekos dan ada yang tinggal di mes," kata dia.

Soal penyebab pasien bisa terkonfirmasi positif, Jaka belum mengetahui secara persis. Namun, dia mengaku ada sebagian pasien diduga terpapar Covid-19 lantaran kontak erat dengan teman kerja mereka yang sebelumnya sudah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Share
Dipublikasikan oleh
Ginanjar Saputra