Mau Tau Kepala Daerah Termiskin di Jateng? Ini Sosoknya

Berikut daftar kepala daerah termiskin atau memiliki harta kekayaan paling sedikit di antara kepala daerah lainnya di Jawa Tengah (Jateng).

 Ilustrasi harta kekayaan. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi harta kekayaan. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menempatkan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banjarnegara, Syamsudin, sebagai kepala daerah termiskin di Jawa Tengah (Jateng). Pria yang sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati Banjarnegara ini memiliki harta kekayaan paling sedikit dibanding kepala daerah lainnya di Jateng, yakni Rp189.788.832.

Hal ini diketahui dalam laporan hasil kekayaan sejumlah pejabat negara di Jateng yang diunggaj dalam situs web elhkpn.kpk.go.id milik lembaga antirasuah, KPK.

PromosiKendaraan Nyelonong Jadi Kekhawatiran Saat Penerapan MLFF di Jalan Tol

Dari 48 pejabat negara yang ada di Jateng data laporan hasil kekayaan atau LHKPN diunggah sejak 12 Mei 2022, Syamsudin berada di posisi paling buncit dengan total harta kekayaan mencapai Rp189 juta.

Sementara itu, kepala daerah lainnya di Jateng yang memiliki harta kekayaan paling sedikit adalah Bupati Magelang, Zaenal Arifin, dengan total kekayaan yang telah terverifikasi secara lengkap oleh KPK mencapai Rp2.357.479.265 atau Rp2,3 miliar.

Di atas Zaenal Arifin ada nama Bupati Tegal, Umi Azizah, dengan total harta kekayaan mencapai Rp2.392.000.000. Kemudian, Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, dengan total harta kekayaan yang dilaporkan mencapai Rp2.864.202.819, dan Bupati Blora, Arief Rohman, dengan total harta kekayaan mencapai Rp3.144.450.000.

Baca juga: Kepala Daerah Terkaya di Jateng, Wali Kota Gibran Bukan Lagi Teratas 

Meski demikian, dalam data LHKPN terbaru yang ditayangkan di situs web KPK ini ada sejumlah nama kepala daerah yang tidak tercantum. Mereka antara lain Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Wali Kota Magelang, Muchammad Nur Aziz; Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, dan Wali Kota Salatiga, Yuliyanto.

Wali Kota Solo

Padahal dalam LHKPN kepala daerah di Jateng yang dimuat KPK sebelumnya, yakni 20 April 2022, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, masuk dalam daftar kepala daerah terkaya di Jateng dengan total harta kekayaan mencapai Rp25 miliar.

Gibran berada di urutan kedua, di bawah Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, yang memiliki harta kekayaan mencapai Rp134,8 miliar. Namun dalam data terbaru LHKPN ini, harta kekayaan Bupati Pekalongan itu berada tak lebih banyak dari Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin, dengan Rp180,5 miliar.

Baca juga: Gibran Jadi Calon Kepala Daerah Terpilih Terkaya di Soloraya, Siapa yang Termiskin?

Sementara itu, Syamsudin yang mendapat predikat sebagai kepala daerah termiskin di Jateng, sebelum menjabat Plh Bupati Banjarnegara merupakan wakil bupati.

Ia menjabat bupati setelah bupati sebelumnya, Budhi Sarwono, tersandung kasus suap atau gratifikasi hingga di-nonaktifka. Sejak saat itu, Syamsudin pun mengemban tugas sebagai Plh Bupati Banjarnegara.

Syamsudin merupakan pria asli Banjarnegara yang saat ini berusia 68 tahun. Sebelum terjun ke dunia politik, Syamsudin pernah bekerja sebagai guru sekolah dasar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banjarnegara, dan terakhir menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Keterlaluan! Selama 7 Tahun, Pria di Banjarnegara Rudapaksa Anak Tiri

Polisi menangkap seorang ayah yang melakukan pemerkosaan terhadap anak tiri di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), selama tujuh tahun.

Miris! Seorang Ibu di Pulokulon Bunuh Diri Ajak Dua Anaknya

Kejadian memilukan, seorang ibu bunuh diri dengan mengajak dua anaknya di Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan.

Dana untuk Parpol di Kota Magelang Capai Setengah Miliar Lebih

Sebanyak delapan parpol di Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng), menerima bantuan keuangan dari Pemkot Magelang.

Cegah Kecelakaan, Objek Wisata Diminta Sediakan Tempat Istirahat Sopir

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, mendesak pemerintah segera membuat kebijakan yang mewajibkan tempat wisata menyediakan tempat istirahat bagi sopir bus pariwisata.

Rob Mulai Surut, Truk Antre Masuk ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Banjir rob yang melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sudah mulai surut pada Jumat (27/5/2022).

Ganjar Ikut Salati Jenazah Buya Syafii Maarif

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, hadir secara langsung ke Kota Jogja untuk melayat jenazah mantan Ketua PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif.

Jejak Harimau di Banjarnegara Misterius, Ini Hasil Penelusuran BKSDA

Berikut hasil penelusuran BKSDA Jawa Tengah (Jateng) terkait kabar kemunculan harimau di kawasan perkebunan di dekat permukiman warga desa di Banjarnegara.

Asl-Usul Cilacap, Bekas Kekuasaan Pajajaran & Mataram Islam

Asal-usul Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah memiliki kisah sejarah yang unik.

Hampir Seluruh Pantura Jawa Tengah Tergenang Rob, Pati Paling Parah!

Kabupaten Pati disebut sebagai wilayah yang terdampak banjir rob paling parah di pesisir pantura Jawa Tengah.

Momok Sejak 1990, Ini Penyebab Utama Banjir Rob di Semarang

Penyebab banjir rob di Semarang menjadi momok yang telah diperingatkan para akademisi sejak 1990.

Pasar Kelet Jepara Kebakaran, 4 Kios Ludes Terbakar

Pasar Kelet yang ada di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalami kebakaran.

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.