SOLOPOS.COM - Sales promotion girl menjelaskan kondisi kendaraan, fitur dan kemampuannya. (Astra Motor Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Tahun Baru, punya sepeda motor baru? Boleh juga. Nah buat yang ingin membeli kendaraan baru tentu tidak serta merta langsung bayar dan bawa pulang. Karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Karena berkendara di kondisi tertentu, membutuhkan postur tertentu untuk mencapai hasil yang maksimal. Postur pembalap tentu berbeda dengan pengendara sepeda motor di jalan raya.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Pembalap sirkuit merunduk mengikuti bentuk bodi sepeda motor saat melaju di arena balap. Hal ini tujuannya untuk mengurangi celah terbuka agar aliran angin tidak terhambat sehingga kemampuan meluncur motor tidak tertahan.

Selain dilihat dari tujuan yang ingin dicapai, medan yang dihadapi juga menjadi faktor pembeda. Berkendara di jalan tanah atau off road biasanya membutuhkan kemampuan menjaga keseimbangan lebih tinggi untuk mempertahankan laju sepeda motor.

Roda depan motor lebih besar diameternya tujuannya untuk melalui rintangan. Kemudian bentuk ban kasar dan mesin dengan karakter torsi tertentu.

Pemilihan sepeda motor harus disesuaikan dengan medan, kondisi dan kebutuhan. Menggunakan motor harus dapat mendukung aktivitas penggunannya. Nah Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto memberikan beberapa tips agar kendaraan yang akan Anda beli itu cocok, sesuai, nyaman, dan menyenangkan.

Inilah Riding Gear yang Tepat Saat Berkendara Off Road

Berikut hal mudah yang harus diperhatikan saat memilih sepeda motor :

1. Untuk penggunaan sepeda motor harian seperti bekerja, berbelanja ke pasar, antar jemput anak, sekolah, berkomunitas atau bahkan hobi. Kebutuhan sehari-hari bisa memilih fungsional (lebih mengutamakan fungsi, praktis dan irit tentunya). Untuk komunitas atau hobi bisa disesuaikan dengan kegemaran terhadap motor berkemampuan khusus atau bentuk yang khas.

2. Perhatikan kondisi jalan yang sering Anda lalui. Jalan dalam atau luar kota, jalanan sempit atau lebar dan melewati jalanan macet. Hal ini menentukan profil ban, kehandalan suspensi, ketinggian sepeda motor dari tanah. Kemudahan mengendalikan motor berhubungan dengan posisi berkendara. Sehingga membantu Anda lebih siap melalui jalan itu dengan aman dan nyaman.

Tips membeli kendaraan baru. (Astra Motor Jateng)

Fitur Kendaraan

3. Dimensi sepeda motor juga menentukan kemudahan dan kepraktisan dalam berkendara terkait kepadatan kendaraan di jalan dan ruang yang biasa dilalui. Jadi sangat berhubungan dengan kemudahan dan praktis.

4. Perhatikan biaya operasional. Hal ini terkait kemampuan jarak jelajah kendaraan, kapasitas tangki dan nilai ekonomis operasional sepeda motor. Hal itu penting saat memilih motor karena alasan fungsional. Alasan kompetisi atau hobi tidak masalah dengan hal ini.

5. Lihat Fiturnya, apakah mendukung kegiatan sehari-hari. Keunggulan fitur sepeda motor akan mempermudah berkendara dan menunjang aktivias harian Anda. Sebagai contoh yang berhubungan dengan keselamatan, ada fitur Combi Brake System (CBS) yang membantu pengendara dalam hal performa pengereman yang baik. Perhatikan pula rangka yang rigid dan mudah untuk bermanuver. Indikator ECO memudahkan Anda memantau pola berkendara hemat. Ada indikator penggantian oli, indikator kekuatan battery, volume bagasi, power outlet atau USB power dan lain sebagainya .

Cara Merawat Motor Balap Versi AHRT

6. Jangan lupa perhatian kemampuan sepeda motor. Terutama berkaitan dengan kemampuan manuver dan kelincahan. Ini tak terlepas dari dimensi, berat, dan karakter mesin kendaraan. Makin besar dimensinya, cc mesin, dan tinggi kendaraan pasti membutuhkan kemahiran yang lebih untuk mengendalikan kendaraan. Tentu agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

“Dari sudut pandang safety riding, motor yang seusai dengan tinggi pengendara dan ergonomis (postur) adalah yang disarankan. Sepeda motor yang memiliki kemudahan dikendalikan jika mudah bermanuver. Tenaga mesin yang ramah sangat direkomendasikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan sebagai pertimbangan utama,” terang Oke.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya