SOLOPOS.COM - Gunakan riding gear yang tepat saat off road. (Solopos.com/Astra Motor Jateng)

Solopos.com, JAKARTA — Serunya berkendara menaklukkan tantangan kontur tanah yang bervariasi membuat semakin banyaknya pecinta off road di Indonesia. Agar tetap aman, perku diperhatikan penggunaan riding gear yang tepat saat seru-seruan menaklukan medan.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky mengatakan riding gear yang digunakan untuk kegiatan off road maupun di jalan raya tidak jauh berbeda. Namun, terdapat beberapa elemen yang memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Perbedaan paling jelas adalah bentuk helm untuk berkendara off road dan on road, karena disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi. Selain itu perbedaan bentuk juga dipengaruhi kondisi fisik saat berkendara,” ujar Lucky.

Kenali Risikonya, Ini Cara Berkendara Aman saat Hujan

Berikut beberapa hal yang harus digunakan saat berkendara off road :

Helm

Perlengkapan berkendara yang satu ini sangat penting karena menghindari benturan secara langsung kepala penggunanya. Terdapat perbedaan bentuk helm untuk berkendara off road, yakni bagian pelindung rahang pada helm lebih panjang. Tujuannya memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalisir efek benturan pada bagian gigi dan rahang.

“Selain itu, biasanya pada helm untuk off road tidak memiliki visor. Pet pada helmnya juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya” tambah Lucky.

Goggle

Perlengkapan riding ini umumnya digunakan saat berkendara off road untuk menjaga bagian mata dari benda asing . Juga mencegah terjadinya pengembunan pada kaca helm akibat proses pernapasan saat berkendara.

“Saat berkendara off road, kinerja fisik lebih dipacu sehingga dibutuhkannya oksigen lebih banyak untuk tubuh. Ini berpontensi pengembunan bila menggunakan visor. Oleh karena itu, goggle juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Cegah Kerumunan, Launching Honda Scoopy di Jateng Pun Via Medsos

Jersey dan Sarung Tangan

Berkendara off road juga bisa dikatagorikan aktifitas berat yang menyebabkan keringat berlebih pada pengendara. Sehingga perlu menggunakan jersey dengan bahan mudah menyerap keringat dan cepat kering. Hal ini mencegah pengendara mengalami masalah kesehatan akibat pakaian basah dalam jangka waktu lama. Selain itu, jersey juga berbahan ringan dan lentur yang memudahkan pengendara melakukan pergerakan ketika melalui medan.

Sementara itu, untuk sarung tangan, menggunakan sarung tangan berbahan kain yang lembut. Ini untuk memaksimalkan pegerakan tangan dan jari agar lebih cepat saat berkendara melintasi jalanan yang cukup ekstrim.

Chest, Inner Knee dan Elbow Protector

Potensi bahaya yang ditimbulkan saat berkendara off road lebih tinggi. Seperti terjatuh akibat medan yang dilalui tidak stabil. Oleh karena itu, dianjurkan menggunakan Chest Protector untuk melindungi bagian dada. Baik dari benturan stang kemudi atau benda asing yang terlempar mengarah ke bagian dada.

Selain itu juga perlu menggunakan Inner Knee dan Elbow Protector untuk melindungi bagian siku dan lutut pengendara saat terjatuh.

“Ketiga riding gear ini pada umumnya digunakan untuk berkendara ekstrim seperti di medan yang berbatu. Perlu diperhatikan juga untuk para pecinta off road, pilihlah spesifikasi riding gear yang tidak mudah bergeser dan memiliki tingkat gesekan yang lebih rendah terhadap tubuh,” ujar Lucky.

Dunia Otomotif Tanah Air Berduka, Helmy Sungkar Meninggal Dunia

Sepatu

Untuk melindungi bagian kaki, para bikers off road harus menggunakan sepatu dengan bentuk lebih tinggi hingga menutupi tulang kering dan betis. Untuk mencegah cedera pada tulang kering saat terjatuh dan tertimpa kendaraan.

“Pemilihan sepatu juga penting. Spesifikasi yang digunakan untuk off road harus memiliki bahan yang lebih kaku namun tetap mudah dalam menggerakan pergelangan kami sehingga mencegah cedera pada persendian pergelangan kaki saat menahan beban yang berat di medan yang licin,” imbuh Lucky.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya