Material Bangunan Terlambat, Pembangunan Puskesmas Gondangrejo Karanganyar Molor?
Situasi proyek pembangunan Puskesmas Gondangrejo, Karanganyar Senin (21/9/2020). Pembangunan tahap I ditarget bisa selesai pada akhir tahun. (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Proses pembangunan Puskesmas Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar saat ini mulai berjalan, meski ada kendala keterlambatan material bangunan.

Pembangunan tahap I puskesmas itu diharapkan dapat diselesaikan sesuai target, yakni pada akhir tahun 2020.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Puskesmas Gondangrejo, Jalu Setio Bintoro, ketika dihubungi Solopos.com, Senin (21/9/2020).

11.605 Sukarelawan Covid-19 Sragen Dapat Insentif Rp200.000/Orang

Dia mengakui saat ini masih ada keterlambatan dalam kedatangan material pembangunan. Untuk itu, pihaknya saat ini tengah menentukan strategi dan metode untuk mengejar ketertinggalan waktu yang terbuang.

“Kami baru saja selesai rapat monev membahas proyek tersebut. Memang ada keterlambatan. Saat ini pembangunan tahap I baru berjalan 30 persen dari master plan yang kami tentukan. Jadi kami akan rapatkan strategi dan metode yang tepat,” ungkap dia.

Jalu menjelaskan dalam perencanaan awal pihaknya mengajukan dana sebesar Rp8 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun Puskesmas Gondangrejo.

SK Penlok Terbit, Lahan Dilewati Tol Solo-Jogja di Klaten Mulai Didata

Dana Belum Sesuai Kebutuhan

Namun, pemerintah hanya menyalurkan dana sebesar Rp5 miliar. “Kami lelang, pagunya Rp4,8 miliar dan dimenangkan Rp4,02 miliar. Kemungkinan besar nanti akan ada tahap kedua untuk menyelesaikan pembangunan dan mengajukan dana kembali,” beber dia.

Lantaran dana yang belum sesuai master plan, nantinya pembangunan gedung berlantai II tersebut akan diprioritaskan untuk unit poliklinik dan administrasi. Sedangkan, pembangunan untuk pelayanan rawat inap Puskesmas Gondangrejo menunggu adanya dana lanjutan.

Covid-19 Solo: Muncul Klaster Ulang Tahun Di Jayengan, Begini Ceritanya

“Kami prioritaskan untuk bangunan di depan. Karena itu untuk poliklinik dan birokrasi serta administrasi. Pertimbangannya karena di bangunan sementara yang digunakan saat ini sudah ada ruangan memadai untuk rawat inap jadi kami kesampingkan dulu penyelesaian ruang rawat inapnya,” tutur dia.

Dia menambahkan masih menimbang apakah bangunan poliklinik Puskesmas Gondangrejo akan langsung digunakan jika sudah selesai atau tidak.

“Kami lihat dulu apakah memungkinkan. Soalnya kalau iya, hanya sebagian yang dipindahkan,” ujar dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom