Masyarakat Peduli Api Dibentuk di Gunung Bromo Karanganyar, Ini Perannya

Pembentukan MPA Singo Serang khusus di lingkungan KHDTK Gunung Bromo diperlukan dalam upaya menciptakan hutan lestari.

 UPT PPK UNS Solo dan stakeholder meresmikan MPA Singo Serang di kompleks KHDTK Gunung Bromo Karanganyar, Jumat (17/9/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - UPT PPK UNS Solo dan stakeholder meresmikan MPA Singo Serang di kompleks KHDTK Gunung Bromo Karanganyar, Jumat (17/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Unit Pengelola Teknis Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan (UPT PPK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meresmikan masyarakat peduli api (MPA) Singo Serang di lingkungan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo di Kelurahan Gedong, Kecamatan Karanganyar, Karanganyar, Jumat (17/9/2021).

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS Solo, Kuncoro Diharjo, mengatakan pembentukan MPA Singo Serang khusus di lingkungan KHDTK Gunung Bromo diperlukan dalam upaya menciptakan hutan lestari. Kuncoro menyebut upaya menciptakan hutan lestari bisa terhambat karena kebakaran.

“Salah satu penyebab hutan menjadi tidak lestari itu kebakaran. Memang bisa direboisasi, tetapi butuh waktu panjang. Maka kebakaran harus diantisipasi agar tidak menimbulkan kerugian besar,” kata Kuncoro saat berbincang dengan wartawan di sela-sela acara, Jumat.

Baca juga: Waduh, Lahan Kritis di Karanganyar Capai 12.000 Hektare

Dia menyebut masyarakat di sekitar hutan menjadi garda depan penanganan kebakaran hutan. Oleh karena itu, lanjut dia, pembentukan MPA Singo Serang melibatkan masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam kelompok tani hutan.

“Nah, masyarakat peduli hutan maupun kelompok tani hutan tergabung dalam MPA. Masyarakat diajak berperan aktif dalam upaya pencegahan kebakaran hutan lewat MPA ini,” ujarnya.

Bekal Penanganan Kebakaran

Tidak hanya peresmian MPA Singo Serang, masyarakat yang tergabung dalam MPA mendapatkan bekal penanganan kebakaran. Mereka mendapatkan pelatihan mengisolasi api, pemadaman kebakaran, dan lain-lain.

Baca juga: Investor Tahan Diri, Investasi Masuk Karanganyar Tahun Ini Tak Sekencang 2020

Pelatihan penanganan kebakaran hutan melibatkan stakeholder terkait, seperti Basarnas Pos SAR Surakarta, SAR UNS Solo, BPBD Karanganyar, dan lain-lain. MPA Singo Serang mendapatkan pelatihan penanganan kebakaran hutan dari Basarnas Pos SAR Surakarta.

Anggota Teknis Simulasi Karhutla, Tri Puji Sugiharto, menyampaikan simulasi diselenggarakan untuk mengetahui response time masyarakat yang tergabung dalam MPA apabila terjadi kebakaran.

Di tengah-tengah pelatihan, terdengar kabar melalui handy talkie (HT) petugas pengamanan KHDTK Gunung Bromo. Kabar menyebutkan terjadi kebakaran hutan di area Wana Wisata Gunung Bromo. Akibat kejadian itu dua orang menjadi korban. Peserta pelatihan panik.

Baca juga: Didampingi Istri, Begini Detik-Detik Pendaki Gunung Lawu Jatuh hingga Meninggal

Mereka dipandu untuk menyiapkan alat-alat penanganan kebakaran hutan. Mobil tangki air, dua unit mobil pemadam kebakaran masuk ke hutan diikuti sejumlah sukarelawan. Api berhasil dipadamkan selang 30 menit.

“Itu skenario simulasi penanganan kebakaran hutan di KHDTK Gunung Bromo. Ini tadi masih banyak yang tidak tahu kalau ini simulasi. Tapi memang itu tujuan kami agar betul-betul ketahuan seperti apa respons mereka jika terjadi kebakaran. Bagaimana mereka menangani kebakaran dan lain-lain,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu (19/9/2021).


Berita Terkait

Berita Terkini

Akan Berusia 76 Tahun, Ini Keinginan Terpendam Ratu Keroncong Solo

Waldjinah akan genap berusia 76 tahun pada 7 November 2021 mendatang. Oleh anaknya Waldjinah tak boleh lagi bernyanyi untuk komersial.

Wow! 2 Arca Ditemukan di Candi Sirih Sukoharjo

Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta menemukan arca wisnu dan arca agastya saat proses eksvakasi lanjutan di situs bersejarah Candi Sirih Sukoharjo.

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.