Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan Reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019). (Antara-Livia Kristianti)

Solopos.com, JAKARTA -- Massa Reuni 212 berkumpul di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019) pagi. Akibatnya, arus lalu lintas di Jl. Medan Merdeka Selatan dari arah Patung Kuda menuju Kedubes AS lumpuh.

Detikcom melaporkan jalanan itu tidak dapat dilalui kendaraan karena telah "disulap" menjadi parkiran sepeda motor dan tempat berjualan pedagang kaki lima. Massa Reuni 212 berjalan kaki menuju pintu barat daya Monas. Mereka bahkan agak kesulitan berjalan kaki karena hanya bisa melintas di sela-sela parkiran motor dan PKL saat hendak menuju Monas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dan menyampaikan sambutan pada Reuni Mujahid 212 tersebut. Menurut dia, kegiatan tersebut berlangsung dalam keadaan damai, aman dan meneduhkan.

Anies memberi sambutan sekitar pukul 06.45 WIB. Dia menyebut dalam suasana damai aman tersebut, Maulid Akbar dan Reuni Mujahid 212 dapat berlangsung dalam berkah Allah.

Menurutnya, sudah empat kali Monas menjadi tempat berkumpul semua orang sembari mengirimkan pesan damai aman dan meneduhkan.

"Seperti tahun sebelumnya, ratusan ribu yang datang, dan membantah kekhawatiran. Hari ini semua berjalan dengan tenang dan damai," kata Anies Baswedan di Monas, Jakarta, seperti dikutip dari Bisnis.com/JIBI.

Mantan Mendikbud itu menyebut Indonesia sering dipuji dengan keberagamannya. Anies meminta semua orang yang mengikuti Reuni 212 tersebut mencerminkan persatuan Indonesia.

"Persatuan tidak dijaga dengan retorika, atau hanya mengirimkan tulisan atau lisan akan tetapi dilahirkan dengan melahirkan keadilan. Tidak mungkin ada persatuan tanpa keadilan," terangnya.

Anies menyebut selama ini Jakarta bukan sekadar membangun infrastruktur fisik, Pemerintah Provinsi DKI disebut ingin menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI, kami ucapkan selamat datang, kami sambut dengan berbagai fasilitas untuk pastikan semua kebutuhan dasarnya terpenuhi dengan baik," ujar Anies Baswedan.

Sumber: Detik.com, Bisnis.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten