SOLOPOS.COM - Masjid Darul Muttaqin dipercaya sebagai masjid tertua di Karanganyar. (Google/Ipung Tetuko)

Solopos.com, KARANGANYAR — Masjid Darul Muttaqin yang dipercaya sebagai masjid tertua di Karanganyar, Jawa Tengah, disebut-sebut mempunyai kemiripan dengan Masjid Agung Demak.

Kemiripan dengan Masjid Agung Demak terlihat dari bentuk mahkota adn mimbar serta tiang tengah yang ada di dalam masjid tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bukan hanya mirip, masjid yang berlokasi di Pulosari, Kaliboto, Mojogedang ini disebut-sebut berusia sejajar dengan Masjid Agung Demak. Hal tersebut diungkap oleh seorang tokoh masyarakat setempat, Joko Purnomo pada 2015 silam.

Baca Juga:  Doa Ketika Rugi dalam Berjualan Sesuai Ajaran Islam

“Kemungkinan [masjid] ini usianya sejajar dengan Masjid Agung Demak. Sebab jika dilihat dari bentuk mahkota, mimbar serta tiang tengah yang ada di dalamnya, menyerupai sekali dengan Masjid Agung Demak. Tapi, sebagian mahkotanya sudah rusak karena termakan usia,” beber dia menceritakan masjid tertua di Karanganyar ini, sebagaimana dilansir NU Online pada 2015 silam.

Menurut warga sekitar lainnya, Soeparman, masjid yang juga dikenal Masjid Tiban ini sudah ada setelah era Kerajaan Majapahit dan sebelum era Kerajaan Demak.

Baca Juga: Wah BSI Lagi Promo KPR 1,11% & Bebas Admin, Bergaji UMP Bisa Apply Hlo!

“Tidak ada yang mengetahi kapan masjid ini berdiri. Tapi informasi dari para kiai, masjid ini katanya berdiri setelah era Majapahit dan sebelum era Kerajaan Demak,” jelas Soeparman kepada Solopos.com, Sabtu (26/5/2018).

Baca Juga:  Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Di masjid yang diyakni tertua di Karanganyar ini juga terdapat makam tua, salah satnya adalah makam Eyang Abdullah Fattah dan sendang. Tak ayal, banyak peziarah yang mendatangi masjid ini.

“Khususnya tiap malam Jumat legi dan malam Jumat kliwon, masjid tersebut banyak sekali pengunjungnya [untuk ziarah],” tambah Joko.

Baca Juga: Diduga Pesan Paket Organ Tubuh Manusia, Siapa Desainer Arnold Putra?

Hingga sekarang, masjid yang berjarak kurang lebih sembilan kilometer dari pusat Kota Karanganyar itu masih terjaga keasliannya. Takmir masjid merenovasi masjid dengan menambahkan beberapa bangunan tambahan, seperti kanopi, pagar bernuansa kerajaan di depan masjid, dan beberapa bagian lainnya.

Baca Juga: Tanggal Merah 28 Februari atau 1 Maret 2022? Cek Aturannya di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya