Masih Dikuasai Tesla, Ini 5 Pabrikan Mobil Listrik Terlaris Dunia
Ilustrasi mobil listrik. (Reuters)

Solopos.com, SEOUL – Tesla Motors Inc perusahaan otomotif Amerika Serikat meraih posisi teratas dengan penjualan 88.400 unit mobil listrik. Jumlah itu setara 29 persen dari pasar global.

Pandemi Covid-19, Penjualan Mobil Listrik di Eropa Justru Moncer

Setelah Tesla, Renault-Nissan menguntit dengan 39.355 unit atau 13 persen di pasar mobil listrik. Selanjutnya diikuti Volkswagen Group dengan 33.846 unit setara 11 persen.

Sedangkan yang cukup mengejutkan adalah dua raksasa otomotif asal Korea Selatan, Hyundai dan Kia. Kedua perusahaan ini merupakan menjadi penjual kendaraan listrik (EV) terbesar keempat secara global pada kuartal pertama tahun ini.

Citroen Bikin Mobil Listrik Mungil, Harga Tak Sampai Rp100 Juta

Menurut data dari Asosiasi Produsen Otomotif Korea, Hyundai dan Kia telah menjual sekitar 24.116 mobil listrik secara gabungan pada periode Januari-Maret, terhitung 8 persen dari pasar global.

Dikutip Solopos.com dari Kantor Berita Yonhap, Kamis (20/5/2020), ekspor kendaraan listrik Korea Selatan mencapai 20.173 unit dalam periode tiga bulan, angka itu naik hampir 26 persen dari tahun sebelumnya. Tesla adalah penjual mobil listrik top di Korea Selatan dengan 4.070 unit pada kuartal pertama, mengambil 46 persen dari pasar lokal.

Inggris Bakal Cuma Terima Mobil Listrik, Mobil Bensin Dilarang!

Penjualan Hyundai, Kia dan pembuat lokal lainnya turun 34 persen menjadi 3.945 unit. Pada tahun lalu, Hyundai-Kia menempati urutan keenam pasar mobil listrik dengan penjualan sekitar 84.200 unit.

Setelah Tesla hingga Hyundai-Kia, BYD Auto China berada di posisi kelima di pasar mobil listrik dengan 18.834 unit atau sekitar 6 persen.

Toyota Indonesia Siapkan Pabrik Karawang untuk Produksi Mobil Listrik

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho