SOLOPOS.COM - Bambang Supriyambodo, 61, penyintas Covid-19 menyerahkan bantuan APD di GOR Gelarsena Klaten, Minggu (25/7/2021). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Fasilitas di tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena Klaten bakal ditambah. Rencananya, tempat isolasi terpusat itu bakal ditambahi perlengkapan olahraga hingga buku.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, mengatakan berbagai fasilitas disediakan di tempat isolasi terpusat untuk mendukung kesembuhan pasien. Dia mencontohkan seperti di GOR Gelarsena Klaten fasilitas yang disediakan komplit.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Warga yang isolasi di tempat itu mendapatkan fasilitas makan pagi, siang, dan malam serta extra fooding. Oksigen medis juga disediakan untuk penanganan darurat. Sementara, tenaga kesehatan disiagakan di tempat isolasi terpusat selama 24 jam. Ada konsultasi psikologis yang dibuka sepekan dua kali.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Fasilitas lain yakni kegiatan olahraga. Instruktur senam didatangkan untuk memandu warga yang isolasi di tempat itu senam saban pagi. Fasilitas olahraga lainnya juga disediakan. “Di sela waktu luang nanti yang di sana bisa pingpong, catur, dan karambol,” kata Yoga saat ditemui di Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (30/7/2021).

Selain fasilitas olahraga, tempat isolasi terpusat di GOR Gelarsena juga bakal dilengkapi bahan bacaan. Dinas Arsip dan Perpustakaan bakal menyediakan bahan bacaan di dalam GOR. “Wifi juga dipasang di sana,” kata dia.

Yoga mengatakan fasilitas-fasilitas itu disediakan untuk meningkatkan imunitas serta menghilangkan rasa bosan warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isolasi hingga mereka sembuh. Lantaran hal itu, Yoga berharap warga terkonfirmasi positif tanpa gejala atau bergejala ringan bersedia menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat.

“Di tempat isolasi terpusat tentu saja kondisi kesehatan mereka terpantau. Tim medis tentu tidak mampu kalau harus mengawasi seluruh warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah,” jelas dia.

Baca Juga: Kabar Duka, Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan ada penambahan fasilitas olahraga di GOR Gelarsena. Fasilitas itu menjadi salah satu inovasi untuk terapi bagi pasien, menambah imunitas serta semangat warga yang menjalani isolasi segera sembuh dan terbebas dari Covid-19.

Mulyani mengimbau warga terkonfirmasi positif yang hingga kini masih menjalani isolasi mandiri di rumah bersedia menempat tempat isolasi terpusat. Di Klaten, ada tiga tempat isolasi terpusat tingkat kabupaten serta puluhan termpat isolasi terpusat tingkat kecamatan serta desa dengan jumlah total kapasitas 914 tempat tidur. Saat ini tingkat keterisian sekitar 40 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya