Kabar Duka, Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo tutup usia ada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda.

 Anggota Satpol-PP Kabupaten Kulonprogo saat mengikuti upacara kepergian mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo sebelum dikebumikan pada Minggu (1/8/2021).
(Hafit Yudi Suprobo/Harian Jogja)

SOLOPOS.COM - Anggota Satpol-PP Kabupaten Kulonprogo saat mengikuti upacara kepergian mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo sebelum dikebumikan pada Minggu (1/8/2021). (Hafit Yudi Suprobo/Harian Jogja)

Solopos.com, KULONPROGO--Mantan Bupati Kulonprogo, DIY,  Toyo Santoso Dipo tutup usia ada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda.

Bupati Kulonprogo periode 2001 sampai dengan 2011 tersebut meninggalkan satu istri, lima anak serta empat cucu.

Kabar meninggalnya mantan Bupati Kulonprogo itu dibenarkan oleh Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana yang juga masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan almarhum Toyo Santoso Dipo. Toyo Santoso Dipo wafat di usia 77 tahun.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, berita duka, telah meninggal dunia, Bapak H Toyo Santoso Dipo, Bupati Kulonprogo 2001-2011. Semoga almarhum khusnul khotimah. Beliau meninggal sakit sepuh,” kata Fajar Gegana pada Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga: Dulu 1.400, Kini Lion Air Group Hanya Operasikan 140 Penerbangan per Hari

Fajar mengungkapkan jika almarhum Toyo Santoso Dipo sebelum meninggal dunia memang sudah sekitar dua bulan menjalani perawatan medis di rumah sakit. Diungkapkan Fajar, sosok Toyo merupakan motivator yang menginspirasi hingga saat ini.

“Banyak murid dan pengikut beliau yang berhasil menjadi pemimpin. Sehingga jasa almarhum semasa hidupnya sangat luar biasa. Beliau juga merupakan maestro bagi para politisi Kulonprogo. Saya juga masih punya hubungan famili. Kami para politisi banyak belajar dari beliau,” ujar Fajar.

Almarhum Toyo Santoso Dipo merupakan bupati yang lahir dari sistem demokrasi setelah masa reformasi. Toyo Santoso Dipo menjabat selama kurun waktu sepuluh tahun. Visi misinya yang masih lekat di telinga warga Kulonprogo yakni Tirto Margo Saras. “Jasa-jasa beliau dalam pembangunan di Kulonprogo juga sangat luar biasa,” kata Fajar.

Baca Juga: Jembatan Merah, Berdiri Megah Setelah Terjangan Badai Cempaka

Dekat Wong Cilik

Anggota DPRD Kulonprogo dari fraksi PDI-Perjuangan Aris Syarifuddin mengatakan almarhum Toyo masuk rumah sakit pada saat bulan puasa beberapa waktu lalu. Topo diketahui sempat sesak napas dan akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Bethesda.

Di mata Aris, Toyo Santoso Dipo merupakan politikus yang tangguh. Jam terbang di dunia politik yang sudah tinggi akhirnya membuat sosok Toyo dikenal sebagai pemimpin yang menjadi tolak ukur dari politisi PDI-Perjuangan yang ada di Kulonprogo.

“Beliau merupakan pemimpin yang baik dan sangat merakyat serta cukup dikenal dan dekat dengan wong cilik atau kaum marhaen. Kader-kader PDI Perjuangan Kulonprogo merasa kehilangan atas kepergiannya,” ujar Aris.

Baca Juga: BSI Muda Galakkan Sedekah 3 In 1, Sekali Bantu Untuk UMKM, Isoman, dan Ojol

Sementara itu, Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan segenap jajaran pemerintah kabupaten Kulonprogo merasakan kehilangan yang mendalam atas kepergian sang mantan Bupati.

“Almarhum Toyo Santoso Dipo ketika masih menjabat sukses menanamkan nilai-nilai ekonomi kerakyatan dengan jargonnya Tirto Margo Saras,” kata Sutedjo pada Minggu (1/8/2021).

Almarhum sendiri rencananya disemayamkan pada Minggu (1/8/2021) di makam Ky Anthong yang berlokasi di Pedukuhan Turip, Kalurahan Ngestiharjo, Kecamatan Wates, Kulonprogo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.

Pemkab Bantul Ajukan Pantai Parangtritis untuk Dibuka

Pemkab Bantul mengajukan Pantai Parangtritis untuk melakukan uji coba operasional selama PPKM

15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Pengelola objek wisata di Kota Jogja keberatan apabila aturan ganjil genap jadi diberlakukan. Pasalnya, tanpa aturan itu pun, jumlah pengunjung yang bisa masuk sangat sedikit.

Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Ini dia deretan orang kaya atau konglomerat dari Jogja, DI Yogyakarta, yang salah satunya berasal dari dunia hiburan Tanah Air.

Indahnya Tempat Wisata Tersembunyi di Bantul Ini, Jalannya Menantang Hlo

Tempat wisata kali ini begitu menantang medan jalan yang ditempuh dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Pengunjung harus berhati-hari karena jalannya yang setapak dan sampingnya terdapat sungai.

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Ganjil Genap Diberlakukan ke Tebing Breksi, 72 Kendaraan Diputar Balik

Sebanyak 164 kendaraan dizinkan naik ke Tebing Breksi selama pemberlakukan ganjil genap.

Dampak PPKM, Kualitas Udara Kota Jogja Kian Membaik

Penerapan PPKM yang berlangsung sejak Juli lalu disebut berdampak pada kualitas udara di Kota Jogja.