SOLOPOS.COM - Kondisi Mal Pelayanan Publik (MPP) di Klaten, Selasa (8/3/2022). Urusan perizinan diharapkan akan jauh lebih efektif dan efisien dengan berdirinya MPP tersebut. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATENMal Pelayanan Publik (MPP) Klaten paling cepat bakal diresmikan di akhir tahun ini. Keberadaan MPP diproyeksikan dapat memanjakan warga dalam mengurus berbagai macam perizinan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten, Agus Suprapto, kepada Solopos.com, Selasa (8/3/2022). Sebagaimana diketahui, Pemkab Klaten telah menggelontorkan Rp7 miliar di tahun 2021 untuk pembangunam konstruksi MPP. Lokasi MPP berada di dekat Gedung Dharma Wanita di pinggir Jl. Mayor Kusmanto Klaten.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Melalui pembangunan MPP, warga di Klaten diharapkan semakin mudah dalam mengurus berbagai perizinan. Operasional MPP melibatkan berbagai instansi di Klaten. Hal itu seperti berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten yang berkaitan dengan teknik perizinan, Satlantas Polres Klaten, dan lainnya.

Baca Juga: Mal Pelayanan Publik Klaten Mulai Dibangun, Ini Lokasinya

“Saat ini sedang dilakukan forum konsultasi publik. Tanggal 23 Maret 2022, kami juga akan berkonsultasi ke kementerian [Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi]. Ke depan juga mulai dipikirkan tentang pengadaan sarana dan prasarananya (sarpras),” kata Agus Suprapto, kepada Solopos.com, Selasa (8/3/2022).

Disinggung kapan MPP akan diresmikan, Agus Suprapto mengatakan masih dikoordinasikan dengan bupati Klaten. Terlepas dari hal itu, MPP Klaten kemungkinan besar sudah mulai di-soft launching, Agustus 2022.

“Ya, harapnnya Agustus nanti sudah di-soft launching. Setelah itu baru diresmikan. Semoga bisa di akhir tahun ini,” katanya.

Baca Juga: Klaten Bangun Pusat Kuliner Baru Senilai Rp3 Miliar di Desa Semangkak

Agus Suprapto mengatakan keberadaan MPP dapat memudahkan warga Klaten dalam mengurus berbagai perizinan. Nantinya, MPP menjadi lokasi yang nyaman untuk mengurus berbagai perizinan di Klaten.

“Pokoknya mengurus izin apa saja bisa di satu tempat itu. Izin usaha, izin mendirikan bangunan, sampai perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Jadi, keuntungan yang diperoleh warga, semuanya akan jauh lebih efektif dan efisien,” katanya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan berbagai persiapan dalam membangun MPP sudah dilakukan jauh-jauh hari. Melalui MPP diharapkan pelayanan publik di Klaten semakin prima. “MPP sudah dibangun. Nanti, paling cepat akhir tahun ini sudah bisa digunakan,” katanya.

Baca Juga: Dekranasda Klaten Dorong Pelaku UMKM Urus Perizinan PIRT

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, lokasi MPP di Klaten masih satu kawasan dengan taman kuliner. Di tahun 2021, Pemkab Klaten menggelontorkan anggaran Rp3 miliar guna membangun taman kuliner. Ke depan, warga Klaten yang mengurus perizinan juga bisa menikmati wisata kuliner di depan kantor MPP Klaten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya