Manfaatkan Tanaman Ini Sebagai Pengharum Ruangan Alami
Ilustrasi pengharum ruangan (freepik)

Solopos.com, SOLO – Memiliki ruangan yang harum dan segar merupakan keinginan setiap orang. Sebagian besar dari mereka masih menggunakan pengharum ruangan buatan, padahal produk kemasan ini mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan.

Beralih pada pengharum ruangan alami adalah pilihan terbaik. Banyak tanaman yang mengandung aromaterapi sehingga mampu membuat ruangan Anda menjadi harum. Selain tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan, tanaman tersebut dapat menjadikan ruangan Anda telihat lebih hidup dan segar.

Masa Pandemi, Bisnis Properti Saat Ini Butuh Fleksibilitas

Dilansir dari rumah.com, berikut daftar tanaman yang harus ada di ruangan Anda:

1. Geranium
Geranium banyak dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk sekaligus pengharum ruangan karena mengandung aromaterapi. Ruangan dengan bunga geranium akan memiliki udara yang segar dan harum, sehingga penghuni lebih merasa tenang dan rileks. Perawatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiram tanaman ini setiap hari.

2. Lavender
Lavender menjadi tanaman yang populer sebagai pengharum ruangan dibandingkan tanaman lainnya. Dikenal sebagai pengusir nyamuk, lavender juga mampu memberi suasana harum yang menenangkan untuk ruangan Anda. Dengan efek relaksasi yang sangat baik, lavender banyak digunakan orang yang memiliki gangguan tidur. Wangi dari bunga ungu ini mempu meningkatkan kualitas tidur seseorang, sehingga menempatkan tanaman lavender di rumah Anda menjadi pilihan terbaik.

Rumah Bagi Milenial, Kementerian PUPR Lakukan Hal Ini

Gunakan tanaman herbal

3. Mint
Mint merupakan salah satu tanaman herbal tradisional yang sering dikonsumsi sebagai campuran minuman. Hal tersebut dikarenakan mint memiliki aroma yang sangat segar dan mampu memberikan efek tenang. Selain dikonsumsi menjadi minuman, banyak orang yang memanfaatkan mint sebagai pengharum ruangan alami. Efek relaksasi dari daun mint dapat membantu Anda melepas stres dan penat.

4. Gardenia
Gardenia merupakan tanaman yang populer digunakan sebagai bahan parfum-parfum kenamaan. Memelihara tanaman gardenia untuk pengharum ruangan alami tentu pilihan yang tepat. Wanginya yang kuat dan manis membuat rumah Anda akan tetap wangi dalam jangka waktu yang lama.

5. Tanaman Jeruk
Jeruk sudah tidak asing lagi dimanfaatkan sebagai parfum maupun pengharum. Wangi yang segat akan membuat rumah Anda selalu harum setiap saat. Namun, Anda harus merawat jeruk secara intensif agar tanaman tersebut dapat hidup dan bertahan lama. Karena jika tidak berkembang dengan baik, maka jeruk tidak bisa mengeluarkan wanginya secara maksimal.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom