Tutup Iklan

Rumah Bagi Milenial, Kementerian PUPR Lakukan Hal Ini

Badan Pusat Statistik mencatat jumlah generasi milenial dengan rentang usia 18 tahun hingga 37 tahun mencapai 81 juta orang dengan presentasi 60% dari total jumlah penduduk Indonesia pada 2020.

 Ilustrasi perumahan (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Solopos.com, SOLO – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyiapkan konsep rumah bagi milenial di masa mendatang. Badan Pusat Statistik mencatat jumlah generasi milenial dengan rentang usia 18 tahun hingga 37 tahun mencapai 81 juta orang dengan presentasi 60% dari total jumlah penduduk Indonesia pada 2020.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, mengatakan kebutuhan rumah untuk generasi ini akan terus bertambah. "Oleh karena itu, kebutuhan rumah untuk milenial sangat signifikan jumlahnya. Pemerintah dan swasta terus mendorong sektor perumahan," ujarnya dalam acara Podbinar KeyPoint Rumah seperti diberitakan Bisnis.com, Kamis (27/3/2020).

Menurutnya, karakteristik hunian yang menjadi standar dan paling banyak dicari oleh generasi milenial yakni berada di tengah kota dan dekat dengan transportasi umum, sehingga akses dan mobilitas mereka mudah.

Tips Menyulap Teras Rumah Menjadi Spot Foto Ala Kafe

Menyesuaikan karakteristik milenial

"Tuntutan rumah layak untuk milenial sangat tinggi telah menjadi agenda khusus bagi PUPR. Pembangunan perumahan untuk milenial berada di wilayah transit oriented development (TOD) dengan bentuk rumah tapak dan rumah susun untuk dapat memenuhi kondisi kebutuhan milenial." tuturnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hunian generasi saat ini, Kementerian PUPR membuat desain rumah susun yang disesuaikan dengan karakteristik generasi muda.

John menjelaskan terdapat tiga kelompok desain yang telah dibuat. Ketiganya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik milenial sesuai rentang usianya.

Penjualan Perumahan Membaik, Ini Penyebabnya

Kelompok milenial awal dengan rentang usia 25 tahun sampai 27 tahun akan disediakan desain rumah susun tipe 24, milenial rentang usia 25 tahun sampai 35 tahun dengan desain tipe 35. Sedangkan usia 35 tahun ditawarkan desain tipe 45.

Ia mengatakan bagi generasi milenial rumah merupakan tempat yang aman untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas. Selain itu, di masa mendatang rumah akan menjadi aset bagi pemiliknya.

"Ini sebagai investasi untuk menuju kehidupan di masa datang dalam menyediakan akses kesempatan milenial. Selain itu untuk motivasi generasi muda agar dapat memiliki rumah idaman," ucap John.

Berita Terkait

Espos Premium

Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Warga RW 011 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mengelola kebun sayuran di lahan bekas relokasi bantaran Sungai Bengawan Solo. Keberadaan kebun itu membantu mereka yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 sekaligus mendukung program kesehatan pencegahan stunting.

Berita Terkini

Sempat Anjlok, Harga Telur di Solo Berangsur Normal

Harga telur ayam ras di pasar Solo berangsur normal yakni Rp17.500/ kilogram (kg) di level agen, dan Rp20.000/kg di pedagang, Senin (27/9/2021).

UBS Turun! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 28 September 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Selasa (28/9/2021) turun untuk UBS dan stagnan untuk cetakan Antam.

Cek Pabrik Pakan Ternak, Mentan Pastikan Stok Jagung Aman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan jagung untuk pakan ternak di pabrik pakan ternak (feedmill) di Serang, Banten, memastikan ketersediaan pakan aman.

Catat! Ini 8 Kesalahan Finansial yang Harus Dihindari

Sudah saatnya Anda mencoba untuk menghindari kesalahan dalam mengelola keuangan agar bisa bertahan hidup di masa depan.

The Alana Surabaya Ajak Setiap Keluarga, Piknik di Dalam Kamar!

Menyambut Alana is Back, The Alana Hotel Surabaya terus berinovasi demi kenyamanan dan keamanan pelanggan.

Terganjal Kartu Vaksin, 10 Bus Pariwisata Gagal Masuk Yogyakarta

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta memutar balik sebanyak 10 bus pariwisata dari luar daerah karena tidak lolos uji coba pemeriksaan kartu vaksin.

Outlet Galeri 24 Kini Sudah Ada Ratusan, Cek Daftarnya di Sini!

Di bawah ini terdapat daftar lengkap outlet tempat investasi emas, Galeri 24 yang telah mencapai 105 cabang.

Potensi Gagal Bayar Hingga Rp800 Miliar, KSB Jogja Digeruduk Nasabah

Sejumlah nasabah Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Cabang Jogja menggeruduk kantor koperasi setempat di Jalan Hayam Wuruk, Jogja.

Peningkatan Okupansi Hotel di DIY Belum Merata, Kenapa?

Seiring peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, peningkatan okupansi hotel yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum merata ke semua hotel.

Layanan Telkom Group Disebut Kembali Normal 100%

Seluruh layanan Telkom Group baik fixed broadband termasuk Indihome maupun mobile broadband milik Telkomsel saat ini sudah kembali normal.

Meresahkan, 3.000 Situs Pinjol Ilegal Diblokir dan Dipidanakan OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan telah memblokir serta mempidanakan 3.000 situs pinjaman daring atau online ilegal.

BRI Pangkas Bunga Kredit Hingga 325 Bps, Masih Bisa Turun Lagi?

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) tetap mengkaji ulang suku bunga secara berkala dan terus membuka ruang untuk penurunan suku bunga kredit.

Beli Emas Online Lewat ATM Emas Galeri 24, Bikin Kamu Enggak Waswas!

Enggak perlu repot-repot antre untuk beli emas, kini hadir ATM Emas Galeri 24, beli emas lewat online dan langsung tarik di mesinnya!

Awal Pekan, Yuk Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 27 September 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Senin (27/9/2021) turun untuk UBS dan cenderung stagnan untuk cetakan Antam.

BPJS Watch: 9 Juta Lebih Orang Miskin Dicoret dari Program JKN

BPJS Watch menyebut lebih dari 9 juta orang miskin dicoret dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).