Mancing di Embung Taman Sukowati Sragen, Pegawai Ini Dapat Koi Jumbo

Basuki tak mengira dapat ikan sejenis koi berukuran jumbo di embung milik Pemkab Sragen itu.

 Pemancing dari Disdikbud Sragen Basuki (kanan) bersama Sukisno menunjukkan ikan coi raksasa hasil memancing di embung Taman Sukowati, Sragen, Sabtu (14/5/2022). (Solopos-Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Pemancing dari Disdikbud Sragen Basuki (kanan) bersama Sukisno menunjukkan ikan coi raksasa hasil memancing di embung Taman Sukowati, Sragen, Sabtu (14/5/2022). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN – Seorang pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen Basuki berhasil memancing sejenis ikan koi seberat 3,5 kg dalam kegiatan mancing bersama di Embung Taman Sukowati Sragen, Sabtu (14/5/2022). Ikan koi jumbo itu berhasil dipancing dengan alat pancing kecil sederhana tanpa ada putaran senarnya.

Basuki tak mengira dapat ikan sejenis koi berukuran jumbo di embung milik Pemkab Sragen itu. Ikan itu tidak akan dimasak tetapi dipelihara dan kalau bisa dijual. Ikan itu langsung dibawa pulang ke rumah yang kebetulan tidak begitu jauh dari Taman Sukowati. “Iya ini saya bawa pulang saja. Semoga tidak mati. Kalau bisa hidup akan saya jual,” kata Basuki seusai menunjukkan ikannya kepada Solopos.com, Sabtu siang.

PromosiMelestarikan Sang Penyanyi di Ketinggian Papua

Mancing bersama itu digelar Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Sragen sebagai rangkaian perayaan Hari Jadi Ke-276 Kabupaten Sragen. Peserta kegiatan itu khusus untuk Bupati, Wabup, Sekda, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sragen, pegawai negeri sipil (PNS) dan sopir.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati berhasil mendapatkan empat ekor ikan saat memancing. Dia kemudian berkeliling embung dan menyaksikan ikan yang didapat Basuki tersebut.

Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Sragen Sukisno saat berbincang dengan Solopos.com, menyampaikan Basuki merupakan tim dari Disdikbud Sragen. Tim tersebut, ujar dia, terbagi menjadi dua, yakni di barat dan timur.

Baca juga: Bonsai Milik Bupati Yuni Mejeng di Kelas Utama Pameran Bonsai Sragen

“Kebetulan Mas Basuki itu ada di embung bagian timur. Sebenarnya ada 2,5 kuintal ikan tombro dan nila yang ditebar di embung ini tapi kok dapat ikan sejenis koi. Ini aneh, ikan darimana? Lagi pula berat ikannya sampai 3,5 kg. Panjang ikam itu hampir 50 cm ikan itu dibawa pulang,” ujarnya.

Sukisno menerangkan alat pancing yang digunakan sederhana dengan stik yang pendek dan tidak ada putaran senarnya. Jadi bukan alat pancing modern. Sukisno juga ikut mancing tetapi ikan kecil-kecil yang didapat.

Kepala Disnakan Sragen Rina Wijaya menerangkan peserta mancing bersama ini sekitar 200-an orang mulai dari Bupati sampai jajaran dinas atau OPD yang ada. Dia mengatakan BUMD juga ikut. Rina menebar sebanyak 250 kg ikan jenis nila dan tombro.

“Alat pancing bawa dari rumah masing-masing. Tidak ada hadiah. Ikan yang didapat bisa langsung dibakar untuk dimakan bersama, seperti pesta kebun,l.ni juga bagian dari kampanye gemar makan ikan,” ujarnya.

Baca juga: Sragen Punya Master Teh yang Bisa Bikin Racikan Seharga Rp250 Juta/kg

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Warga Gilirejo Gelar Perayaan Hari Jadi Sragen di Tengah Jalan Rusak

Warga Desa Gilirejo, Kecamatan Miri, ikut merayakan hari jadi Kabupaten Sragen dengan menggelar tasyakuran di tengah jalan desa yang rusak. Harapannya, Pemkab Sragen menaruh perhatian pada kondisi jalan desa.

PLTA Gajah Mungkur Wonogiri Salurkan Zakat, Ini Penerimanya

Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Gajah Mungkur menyalurkan zakat kepada 30 orang di Desa Pokoh Kidul dan Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat (27/5/2022).

Ternyata Ini Penyebab Harga Telur Ayam di Boyolali Naik

Ketua Pinsar Jawa Tengah, Parjuni, mengungkapkan ada beberapa hal memengaruhi kenaikan harga telur,

Kunjungi Warga Solo, Gibran Dapati Bayi Stunting, Bergejala TBC Pula

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapati bayi yang menderita stunting dan terindikasi tuberkulosis (TB) saat mengunjungi warga di wilayah Gilingan, Banjarsari.

Detik-Detik 1 Mobil Tertabrak KA di Prambanan Klaten

Satu unit mobil tertabrak kereta api (KA) di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jumat (27/5/2022) sore.

Tahun Ajaran 2021/2022 di Sukoharjo Nol Anak Putus Sekolah Jenjang SMP

Jumlah siswa SMP yang terdaftar dalam Dapodik Sukoharjo jenjang SMP saat ini mencapai 32.716 siswa.

Ini Keistimewaan Stasiun Palur Yang Akan Dilewati KRL Solo-Jogja

Stasiun Palur di Jaten, Karanganyar, yang akan dilewati KRL memiliki beberapa keistimewaan yang akan jadi daya tarik bagi penumpang.

Mobil Tertabrak KA di Prambanan, Sopir dan Penumpang Lolos dari Maut

Satu unit mobil tertabrak kereta api (KA) di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Jumat (27/5/2022) sore. Sopir dan penumpang selamat dari maut tanpa luka sedikitpun.

Disnaker Wonogiri Bentuk Unit Layanan Disabilitas, untuk Apa?

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wonogiri membentuk Unit Layanan Disabilitas (ULD) guna menyalurkan angkatan kerja disabilitas Wonogiri ke dunia kerja.

Pra Muktamar Muhammadiyah di Solo Digelar Akhir Mei, Ini Materinya

Pra Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo, akhir Mei ini, akan membahas arah pergerakan organisasi kemasyarakatan tersebut ke depannya.

Pemkab Wonogiri akan Bangun Mal Pelayanan Publik di Lokasi Ini

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri bakal membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di area Gedung Pertemuan Giri Cahaya, Kelurahan Giritirto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri pada tahun ini.

Kecelakaan di Dayu Sragen, Pengendara Motor dan Pejalan Kaki Meninggal

Tabrak pejalan kaki yang menyeberang saat mengendarai sepeda motor, remaja putri asal Desa Jurangjero, Karangmalang, Sragen, meninggal dunia. Begitu pula dengan pejalan kaki yang ditabrak.

Ini Cara Beli Tiket Masuk Gunung Kemukus via Online

Membeli tiket masuk Gunung Kemukus Sragem secara online begitu mudah. Anda bisa simak caranya di artikel ini.

Target Peserta Virtual Job Fair Wonogiri Tak Tercapai, Ini Penyebabnya?

Target 1.500 pencari kerja (pencaker) pendaftar di Virtual Job Fair Dinas Tenaga Kerja (Diskaner) Wonogiri tidak tercapai.

Sekarang Beli Tiket Objek Wisata Gunung Kemukus Bisa Online

Membeli tiket Gunung Kemukus Sragen kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi e-ticketing.