Malaysia Minta 32.000 PMI untuk Perkebunan Sawit, Ini Respons Menaker

Pemerintah belum dapat menempatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di perkebunan sawit Malaysia.

 Ilustrasi industri kelapa sawit. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi industri kelapa sawit. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah belum dapat menempatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di perkebunan sawit Malaysia. Padahal, Pemerintah Malaysia meminta 32.000 pekerja asal Indonesia untuk bekerja di perkebunan sawit.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan pemerintah belum berencana untuk menempatkan pekerja Indonesia di Negeri Jiran lantaran belum rampungnya MoU Penempatan dan Perlindungan Pekerja Domestik.

MoU Penempatan dan Perlindungan Pekerja Domestik sudah habis sejak 2016.

Baca Juga: Pasokan dari Petani Terbatas, Harga Cabai Rawit di Bantul Naik

“Nah, ini kan MoU sudah habis di 2016 dan harus diperbaharui. Kita lakukan pembahasan dan penandatanganan ulang untuk membangun tata kelola penempatan PMI,” kata Ida melalui siaran pers, Minggu (5/12/2021) seperti dilansir Bisnis.

Hal itu disampaikan Ida saat menerima kunjungan Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia, Datuk Zuraida Kamaruddin di Gedung Kemnaker, Minggu.

Menurut Ida, persoalan penempatan PMI di Malaysia tidak hanya terkait perkebunan sawit, tapi sektor lainnya terdapat persoalan yang jauh lebih besar, yaitu menyangkut pekerja domestik.

Baca Juga: Hampir 100% Transaksi Nasabah Mandiri Via Online

Dia menambahkan terdapat sejumlah isu ketenagakerjaan lainnya yang mesti dibahas terlebih dahulu terkait penempatan PMI ke Malaysia. Hal itu untuk memastikan agar Pemerintah Malaysia dapat memberikan perlindungan bagi PMI di semua sektor yang lebih baik lagi.

“Nah, ini harus selesai dulu. MoU ini harus ditandatangani, baru masalah lain mengikuti itu. Kami ingin agar perlindungan pekerja migran kita lebih baik lagi dan lebih diseriusi,” kata dia.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Bio Farma Belum akan Impor Booster, Pemerintah Masih Pakai Vaksin Hibah

Holding BUMN Farmasi PT Bio Farma (Persero) belum mendapat penugasan untuk melakukan impor vaksin Covid-19 pada tahun ini.

Larangan Dicabut, 29 Perusahaan Telah Ekspor Batu Bara dengan 48 Kapal

Kementerian Perdagangan melaporkan 48 kapal bermuatan batu bara dari 29 perusahaan telah meninggalkan perairan Indonesia  untuk ekspor.

Siap Layani Penerbangan Haji, Garuda akan Pakai Jenis Pesawat Ini

Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan armada khusus penerbangan haji pada 2022.

Alasan Bank BJB Optimistis Tatap 2022 Lebih Cerah

Bank BJB pada 2021 telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi sehongga berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

250 Juta Liter Digelontor, Minyak Goreng Satu Harga Rp14.000 Mulai Besok

Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng Rp14.000,00 per liter akan dimulai Rabu, 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia.

Citranet Gelar Lomba Bikin Maskot Berhadiah Rp12 Juta, Buruan Ikut!

PT Jembatan Citra Nusantara (Citranet) menggelar lomba atau kontes cipta maskot dengan hadiah total mencapai Rp12 juta.

Mengintip Inovasi Layanan Baru Gojek di 2022

Masuki tahun 2022, Gojek fokus pada dua aspek inovasi yaitu keandalan layanan dan integrasi antarlayanan transportasi.

Respons Cepat PLN Pulihkan Gangguan Listrik Akibat Cuaca di Semarang

PLN berhasil memulihkan aliran listrik pasca terjadinya hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Semarang pada Senin (17/1/2022) siang.

BRI Beri Penghargaan Mitra Bisnis dengan Solusi IT Terbaik bagi Nasabah

Sebagai salah satu Banking Group terbesar di Indonesia, BRI telah bermitra dengan 142 partner atau mitra dalam penyediaan solusi TI untuk menunjang bisnis BRI.

Aplikasi Akuntansi, Solusi Pembukuan Makin Mudah dan Tepat

Akuntansi berbasis web atau aplikasi akuntansi akan menghilangkan kebutuhan untuk instalasi, upgrade, pertukaran file data, backup, dan pemulihan data.

Emas Antam Turun! Cek Yuk Harga Emas Pegadaian Selasa 18 Januari 2022

Pergerakan harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (18/1/2022) ini terlihat naik untuk emas UBS dan turun untuk cetakan Antam.

Webinar Gratis Ini Kasih Hadiah Rp300.000, Kalian Wajib Ikut!

Webinar gratis bertajuk Tips Tulang Sehat Untuk Pasien Autoimun yang dipersembahkan Rumah Sakit Indriati berhadiah total Rp300.000.

Tanpa Ribet, Begini Cara Mengajukan KPR Bersubdisi di BTN Terbaru

Bank BTN membuka peluang bagi masyarakat untuk mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan cepat dan mudah melalui program KPR BTN Bersubsidi.

Jokowi Izinkan MotoGP Mandalika Disaksikan 100.000 Penonton

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penambahan jumlah penonton MotoGP 2022 seri-2 pada 18 - 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

The Sunan Hotel Solo Gelar Capacity Building Hotelier, Ini Tujuannya

The Sunan Hotel Solo menilai pelatihan terkait service excellence dan motivasi hotelier perlu dilakukan secara berkala dan dilaksanakan secara tepat waktu.