SOLOPOS.COM - Solo Keroncong Festival 2022

Solopos.com, SOLO– Solo Keroncong Festival (SKF) 2022 bakal berlangsung di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, malam ini, Minggu (24/7/2022). Acara itu bakal dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Pimpinan Produksi SKF 2022 Turah Hananto ketika mengirim susunan acara melalui Whatsapp, Minggu pagi, menjelaskan Menteri Koperasi dan UKM, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta hadir pada hari pertama SKF 2022.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Acara berlangsung dari mulai pukul 19.00 WIB sampai 22.30 WIB.

Sejumlah grup musik dan bintang tamu bakal memeriahkan acara, antara lain  Jaya Suprana; Ok Buana Lestari feat Whawin Laura; Dony Koes Winarno & Keroncong Indonesiaku; Ok Chandra Kirana feat Arda; Svarama feat Elizabet Sudira.

Selanjutnya ada Komunitas Keroncong Muda Solo feat Yan Vellia & Esti Sundari. Selain itu ada lighting and video mapping show feat Wonderful Solo Carnival 2022.

Baca Juga: Waldjinah-Whawin Laura Ramaikan Solo Keroncong Festival, Cus Nonton!

“Solo Keroncong Festival 2022 terbuka dan gratis tanpa dipungut biaya untuk masyarakat umum,” kata Turah saat konferensi pers di Balai Kota Solo, Senin (18/7/2022).

Adapun SKF 2022 lebih mendekatkan dirinya pada generasi penerus musik keroncong dengan memanfaatkan platform digital dengan tujuan untuk pelestarian, regenerasi, dan reaktualisasi musik keroncong terhadap para pegiat maupun penikmat musik keroncong, terutama para millennials.

Penyelenggara mengusung tema Keroncong Fusion, tagline Witing Keroncong Jalaran Saka Kulina. Pagelaran SKF 2022 mengemban misi melestarikan dan mengembangkan musik keroncong sehingga para generasi muda merasa akrab dan tidak asing dalam mengapresiasi musik keroncong hingga mampu dapat mengkini dalam jagad musik Indonesia bahkan dunia.

SKF berlangsung selama dua hari. Selain di Pamedan Pura Mangkunegaran, pertunjukan bisa juga disaksikan melalui YouTube Gibran TV, Budaya Saya, Disbudpar Surakarta, Pariwisata Solo, dan KompasTV.

Adapun SKF masuk dalam tiga event Kota Solo pada daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. KEN 2022 mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Sip, Festival Payung Indonesia Masuk Top 10 KEN Kemenparekraf Lur

Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Tuti Orbawati mengatakan mengusulkan lima event kepada Kemenparekraf, yakni Solo Keroncong Festival, Solo International Performing Arts (SIPA), Festival Payung, Festival Topeng, dan Solo Menari.

“Yang lolos kurasi dari para kurator Solo Keroncong Festival, SIPA, dan Festival Payung,” kata dia, Selasa (19/7/2022). (Wahyu Prakoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya