SOLOPOS.COM - Mahasiswa ISI Solo Juara Favorit Anugrah Dewan Pers. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tulisan karya mahasiswi Andini Pradya Savitri Institut Seni Indonesia atau ISI Solo menjadi juara favorit dalam ajang Festival Kreatif Mahasiswa Dewan Pers.

Festival Kreatif Mahasiswa menjadi salah satu rangkaian acara Anugrah Dewan Pers yang merupakan ajang yang bertujuan memberikan apresiasi kepada insan pers yang telah berkarya dan memberikan kontribusi bagi jurnalisme berkualitas dan kemerdekaan pers.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Rangkaian acara Anugerah Dewan Pers termasuk Festival Kreatif Mahasiswa digelar akhir 2022 lalu. Festival Kreatif Mahasiswa yang mengajak para mahasiswa untuk membuat konten tentang dunia jurnalistik terbaik di media sosial.

“Festival Kreatif Mahasiswa kami selenggarakan untuk mencari bibit-bibit unggul di bidang jurnalistik agar dunia pers berkualitas bisa dilestarikan di masa depan,” kata Ketua Panitia Anugerah Dewan Pers 2022, Asmono Wikan.

Festival Kreatif Mahasiswa terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori video dan tulisan. Para pemenang berhasil menyisihkan puluhan karya yang dikirimkan para mahasiswa dari berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Pada kategori video, penghargaan diberikan kepada Faradita Putri Aura Maharani dari Universitas Pendidikan Nasional Denpasar (juara I), Dzaki Aziz Naufal Alif dari Universitas Diponegoro Semarang (juara II), Ferdinand Andre Tatontos dari Universitas Indonesia Jakarta (juara III), Marga Tri Santika dari STAHN MPU Kuturan Singaraja Bali dan Annisa Nuratin dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebagai juara favorit.

Sementara pada kategori tulisan, penghargaan diberikan kepada M. Kholilur Rohman dari UIN Malik Ibrahim Malang (juara I), Irmalasari dari Universitas Hasanuddin Makassar (juara II), Eka Sandri Yusuf dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo (juara III), Andini Pradya Savitri dari Institut Seni Indonesia Solo dan MR Firmansyah dari UPN Veteran Yogyakarta sebagai juara favorit.

Andini Pradya Savitri, mahasiswi semester 7 Prodi Film dan Televisi 2019 ini mengikuti Festival Kreatif Mahasiswa 2022 yang diadakan oleh Dewan Pers dengan menyajikan karya tulis feature berjudul “Harapan kepada Dewan Pers: Mohon Tak Terbatas Bagi Hak Akses Disabilitas” yang dipublikasikan melalui laman Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Intuisi dan Instagram @lpmintuisi pada November 2022.

Akhirnya, Andini berhasil mendapatkan apresiasi dari Dewan Pers sebagai Juara Favorit pada kategori tulisan.

“Tulisan saya mengangkat tentang harapan kepada Dewan Pers mengenai akses disabilitas mengingat saya pribadi juga merupakan seorang disabilitas pendengaran (hard of hearing/HoH), Melalui karya tulis tersebut saya berharap perjuangan teman-teman disabilitas khususnya pendengaran sekiranya masih dapat mengakses pemberitaan yang setara sehingga menciptakan lingkungan yang inklusif juga,” tutur Andini.

Pengumuman pemenang Anugerah Dewan Pers diadakan bersamaan dengan talkshow bertema “Jurnalisme Berkualitas untuk Peradaban Bangsa” yang turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof Mohammad Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Plt Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya, Direktur Komunikasi SBM ITB Dr. Nurlaela Arief, dan wartawan Tempo Agung Sedayu.

”Selamat atas raihan prestasinya Andini, saya kira ini hal yang sangat positif sebagai salah satu bentuk pengembangan potensi diri non akademik setelah memperoleh materi-materi keilmuan bidang jurnalistik di perkuliahan,” ucap N.R.A. Candra Dwi Atmaja, M.Sn. selaku salah satu dosen pembimbing kegiatan mahasiswa di Prodi Film dan Televisi ISI Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya