Mahasiswa UMS Solo Akan Ekspedisi ke Gunung Chimborazo Ekuador
Ilustrasi pendakian gunung (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

Solopos.com, SOLO – Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Muslim Pecinta Alam (MALIMPA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan melakukan ekspedisi internasional Gunung Chimborazo, Ekuador, pada pertengahan tahun ini.

Ekspedisi bertajuk “MALIMPA UMS International Expedition II (MUIE II) 2020” sekaligus turut menyemarakan penyambutan Muktamar ke-48 Muhmmadiyah di Solo beberapa waktu mendatang.

Matangkan Pertahanan, Bek Persis Solo Diminta Pintar Baca Pergerakan Lawan

Steering Committee MUIE II, Iqbal Nuri Anam, mengatakan Ekspedisi tersebut dikemas dalam bentuk penelitian serta penjelajahan. Di sana tim akan mengenalkan berbagai potensi seni, budaya, dan pariwisata Nusantara kepada dunia internasioal, melakukan studi etika, dan kebiasaan berbusana dalam perspektif Islam.

“Tim juga mengenakan ikat kepala tradisioanal lima daerah serta mengkampanyekan gerakan zero waste,” ujar Iqbal dalam rilis kepada Solopos.com, Sabtu (22/2/2020).

Dalam persiapan pelaksanaan ekspedisi ini, mahasiswa dari berbagai fakultas di UMS turut berpartisipasi. Tiga alumni dan 19 mahasiswa asal delapan fakultas dari 12 yang ada bersaing mengikuti seleksi calon atlet MUIE II.

Guru Olahraga SMPN 1 Turi Sleman Tersangka, Polisi: Pembina Pramuka Kok Lalai

Iqbal yang merupakan atlet MUIE I Khuiten Peak Mongolia 2018 dan satu rekannya, Ajeng juga turut bersaing kembali memperebutkan tiket menuju Chimborazo tersebut. Para calon atlet telah melaksanakan pelatihan dan seleksi sejak September 2019.

Beberapa simulasi juga telah dilaksanakan sebagai latihan operasional kegiatan di lapangan. Di antaranya simulasi aklimatisasi dan tes Vo2maks ketinggian di Gunung Lawu Karanganyar pada Desember 2019 serta simulasi teknik pendakian gunung es dan self rescue di Gumuk Pasir Parangkusumo, Sleman. Dan masih ada beberapa tahap yang harus diselesaikan oleh calon atlet hingga proses seleksi berakhir pada awal April 2020 nanti.

Hasil Survei: Soeharto Presiden Favorit Rakyat Indonesia

Untuk diketahui, Gunung Chimborazo, merupakan titik tertinggi di jajaran Pegunungan Andes yang merupakan pegunungan terpanjang di dunia membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho