SOLOPOS.COM - Seniman seni rupa Boyolali, Larso, menunjukkan lukisan ayam jago yang dibeli Seno Kusumoharjo atau Seno Gede, Minggu (17/4/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Politikus senior PDIP Boyolali, Seno Kusumoharjo atau dikenal sebagai Seno Gede, membeli lukisan bergambar ayam jago yang dipamerkan dalam gelar karya dan bursa lukisan di Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Boyolali Remen Maos.

Menurut Ketua Panitia Gelar Karya dan Bursa Lukisan, Soepardjo, lukisan yang dibeli oleh Seno Gede itu merupakan hasil karya Didik, seniman asal Pengging Boyolali. “Lukisannya ada yang terjual ke Pak Seno Gede, lukisan ayam jago. Itu lukisan dari Mas Didik Pengging,” ungkap dia saat ditemui di lokasi pameran pada Minggu (17/4/2022) sore.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kala itu, lukisan ayam jago yang dibeli Seno Gede tersebut masih berada di lokasi pameran. Pengamatan Solopos.com, lukisan tersebut menampilkan sosok seekor ayam jago dalam posisi berdiri tegak. Dalam keterangan gambar tersebut, tercantum harga lukisan senilai Rp2 juta.

Baca juga: Seno Gede Beli Bonsai Rp75 Juta Milik Warga Boyolali, Ini Wujudnya

Soepardjo mengungkapkan ada 26 seniman lukis dan 35 karya lukisan unjuk gigi dalam gelar karya dan bursa lukisan yang digelar oleh Komunitas Seni Rupa Sapu Gerang. Pameran berlangsung satu bulan hingga Senin (16/5/2022) di lantai III Perpusda Boyolali.

“Pamerannya dari jam 09.00 WIB dan 21.00 WIB, ini lukisan dari seniman-seniman asli Boyolali seperti Mbah Darto Lukis dan Pak Jayadi,” kata dia.

Kisaran Harga Maksimal

Menurutnya, berbagai jenis lukisan mulai dari surealisme, ekspresionisme, abstrak, dan lain-lain dalam acara tersebut juga dijual dengan kisaran harga mulai Rp500.000 hingga Rp5 juta.

Baca juga: Misterius, Lukisan Lawas dari Bali Ini Selamat saat Kebakaran

Sementara itu, salah satu pengunjung pameran, Sifa Amelia, 15, asal Cepogo, Boyolali, mengaku memfavoritkan lukisan harimau yang turut dipamerkan. Ia mengaku sering mengikuti lomba lukis sejak TK hingga saat ini kelas X di SMAN 1 Cepogo.

Sebelumnya diberitakan, Seno Gede juga membeli tanaman bonsai yang dipamerkan Komunitas Belajar Bonsai Boyolali dalam Gelar Karya dan Bursa Bonsai Boyolali di halaman Gedung Perpusda Boyolali. Bonsai itu milik warga Desa Penggung, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Joko Kuat Santoso, yang terjual Rp75 juta.

“Yang punya saya laku dua. Yang pertama Rp7,5 juta dan Rp75 juta. Itu jenis bonsai legend dan serut on the rock. Yang beli Pak Seno Kusumaharjo atau Pak Seno Gede. Belinya kemarin [Sabtu] sore sehabis magrib,” ungkap Joko Kuat Santoso, 50, saat ditemui di lokasi pameran Minggu (17/4/2022) sore.

Baca juga: Kisah Nani, Wanita Difabel Tak Sekolah Tapi Dirikan PAUD di Boyolali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya