SOLOPOS.COM - Petugas mempraktekkan penggunaan mesin pembaca e-KTP di sela-sela jumpa pers Kemendagri yang menanggapi isu tentang larangan fotokopi e-KTP di Kemendagri, Jakarta, Rabu (8/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Solopos.com, SOLO – Pendaftaran CPNS 2014 telah dibuka Rabu (20/8/2014) pukul 11.00 WIB. Hari ini tahapan pendaftaran dapat diakses di situs Panselnas. Pendaftaran dengan sistem online mewajibkan peserta untuk mempunyai E-KTP dan memindai dokumen-dokumen fisik.

Lowongan CPNS yang dibuka telah diumumkan. Situs panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id dapat diakses untuk tahap pendaftaran. (Baca Juga: Tanpa SKCK dan Kartu Kuning, Syarat CPNS Tahun Ini Lebih Sederhana)

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Kementerian Perdagangan paling awal mengumumkan, telah menyediakan lowongan 124 kursi CPNS. Begitupula Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menyediakan 800 kursi.

Kementerian ESDM membuka lowongan CPNS untuk lulusan S-1 teknik perminyakan, pertambangan, metalurgi, elektro arus kuat, geologi, kimia, hubungan internasional, ekonomi akuntansi, industri dan  ilmu hukum, administrasi negara/publik, ilmu komunikasi, dan kearsipan.

Dalam penerimaan CPNS kali ini, Elektronik KTP (E-KTP) jadi syarat mutlak untuk mendaftar. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) jauh-jauh hari telah mengumumkan hal ini.

Bagi yang belum mempunyai E-KTP tidak ada cara lain selain mengurus sesegera mungkin. Syarat ini tentu berbeda dengan tahu lalu dimana pelamar CPNS yang belum memiliki E-KTP bisa menggunakan paspor. Tetapi untuk tahun ini, peraturan tersebut tidak lagi berlaku.

Selain E-KTP persiapan khusus lain, calon pelamar harus mempersiapkan beberapa berkas pendaftaran CPNS yang penting, seperti scan ijazah dan transkrip nilai, scan ktp, scan pas foto dan alamat email. (Baca Juga: Hari Perdana, 9 Instansi Resmi Buka Pendaftaran CPNS 2014)

“Untuk syarat tes kompetensi dasar (TKD), semua sama persyaratannya. Tapi untuk tes kompetensi bidang (TKB), persyaratannya diserahkan ke masing-masing instansi,” demikian pernyataan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemen-PAN- RB, Herman Suryatman seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Kamis (21/8/2014).

“Terdapat instansi tertentu yang menambahkan persyaratan khusus. Untuk itu, harap dibaca secara cermat dan teliti,” demikian pihak Panselnas mengingatkan.

Contoh instansi yang memasang persyaratan khusus adalah Kementerian Perdagangan, yakni pelamar harus memiliki sertifikat TOEFL Prediction yang masih berlaku hingga Desember 2013 dengan skor sama atau lebih besar dari 550.

Selain itu, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi A. Diutamakan IPK 3,00.

KemenPAN-RB telah membuka pendaftaran secara online seleksi CPNS melalui portal nasional Panselnas mulai Rabu. Para pelamar yang berminat bisa mengunjungi situs http://sscn.bkn.go.id dan https://panselnas.menpan.go.id/ untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya