Empat tim beradu kecepatan pada Race I Lomba Dayung Perahu Naga yang diselenggarakan oleh Pertamina Refinery Unit IV Cilacap di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (28/11/2019). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, CILACAP — Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Sabtu (28/12/2019), menggelar lomba dragon boat atau perahu naga. Manajer Health Safety Security Environment (HSSE) Pertamina RU IV Cilacap Yan Sukharial beralasan lomba itu digelar untuk menjaring bibit atlet dayung.

"Hari ini kami menggelar lomba dragon boat [perahu naga] dalam rangka HUT Ke-62 PT Pertamina (Persero)," katanya seusai membuka Lomba Perahu Naga di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah.

Menurut dia, lomba tersebut merupakan kegiatan tahunan yang digelar Pertamina RU IV Cilacap dengan harapan dapat melahirkan atlet-atlet dayung dari Kabupaten Cilacap yang mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cilacap, khususnya Pantai Teluk Penyu.

"Jumlah peserta sebanyak 33 tim yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Tengah, khususnya Cilacap, Banyumas, dan Kebumen," katanya. Ia mengatakan kegiatan tersebut ke depan akan diperbesar lagi sehingga bisa diikuti oleh tim dayung perahu naga dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Cilacap Heroe Harjanto mengatakan dayung merupakan salah satu cabang olahraga yang selalu diperlombakan di berbagai kegiatan olahraga di tingkat daerah maupun nasional. Oleh karena itu, kata dia, dengan diadakannya lomba dayung perahu naga tersebut diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet dayung berprestasi.

"Ini merupakan kegiatan yang positif untuk pembinaan olahraga dayung di samping cabang olahraga yang lain. Apalagi kita punya potensi berupa wilayah bahari," katanya.

Ia mengatakan pihaknya pada bulan Maret 2020 juga akan menggelar lomba dayung perahu naga dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Cilacap sebagai upaya pembinaan terhadap olahraga tersebut.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan melihat agenda lomba dayung perahu naga di daerah lain yang sekiranya bisa diikuti oleh atlet-atlet dayung asal Kabupaten Cilacap. "Ini sebagai upaya untuk mengukur sejauhmana kemampuan atlet kita dalam kancah di luar daerah," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten