SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BATANG — Sebanyak 384 pedayung Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (6/6/2019), memeriahkan lomba dayung yang diselenggarakan di Sungai Klidang Lor, Kecamatan Batang, Jawa Tengah dalam rangkaian perayaan Lebaran 2019.

Bupati Batang Wihaji saat membuka lomba mengatakan lomba dayung tradisional ini merupakan bagian kegiatan kalender wisata tahunan sehingga pemkab memiliki kewajiban memberikan dukungan pada para peserta lomba. “Lomba dayung ini memperebutkan piala bergilir. Adapun jarak tempuh yang ditentukan bagi peserta adalah 130 m,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain sebagai kalender kegiatan wisata tahunan, kata dia, lomba dayung tradisional adalah sebagai ajang menjalin silaturahmi bagi masyarakat terutama para nelayan pada saat Lebaran. Ia mengatakan lomba dayung tersebut akan dilaksanakan selama lima hari, Kamis-Selasa (6-11/6/2019), dengan memperebutkan piala bergilir dan hadiah.

“Sebenarnya lomba dayung sudah menjadi budaya warga nelayan sehingga kegiatan itu dijadikan kalender wisata tahun oleh pemkab. Tentunya, pemkab siap mendukung dan menyukseskan lomba itu,” katanya.

Bupati berharap lomba dayung tradisional ini agar dibuat lebih baik, yaitu kondisi sungai harus lebih bersih dan para penonton dibuatkan tribun agar lebih tertib dan nyaman. “Oleh karena, untuk menyukseskan lomba itu, pemkab perlu adanya kerja sama dengan semua pihak seperti Pemprov Jateng, kecamatan, desa, serta para pengusaha kapal. Sebenarnya, penggunanya adalah pengusaha kapal,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya