SOLOPOS.COM - Pengunjung di Solo Zoo (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Jumlah pengunjung objek wisata Jurug Solo Zoo dibatasi demi menerapkan protokol kesehatan pada musim libur panjang akhir Oktober 2020. Kriteria pembatasan yang paling utama ditentukan berdasarkan usia pengunjung.

Sesuai SE Wali Kota Solo Nomor 067/2536, batas minimal usia pengunjung yang diperbolehkan masuk tempaat wisata adalah 15 tahun. Pihak pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) pun bakal menerapkan aturan tersebut dengan maksimal.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

"Nantinya saat libur panjang, jika ada pengunjung di bawah usia 15 tahun yang datang tetap kami minta putar balik dan memberi pengertian. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, karena kami hanya menjalankan aturan demi kesehatan bersama. Senin (26/10/2020) dan Selasa ini, kami juga sudah menolak pengunjung anak di bawah usia 15 tahun," ucap Dirut Perusda TSTJ Solo, Bimo Wahyu, saat dihubungi jurnalis Solopos, Mariyana Ricky, Selasa (27/10/2020).

Pakai Celana Panjang, Gerak-Gerik Eko Setelah Bunuh Yulia Mencurigakan

Pihak TSTJ juga membatasi pengunjung, maksimal 2.000 orang per hari. Meski selama ini tidak dapat dimungkiri jumlah wisatawan turun drastis.

"Libur panjang ini kami menjalankan protokol kesehatan dan konservasi. Saat pembatasan, kemungkinan jumlah pengunjung enggak akan sampai 500 orang per hari, mungkin separuhnya atau bahkan seperlimanya," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pengunjung dapat membeli tiket masuk secara online melalui aplikasi atau beli di tempat dengan pembayaran non-tunai. Setiap pengunjung yang masuk ke kebun binatang ini wajib menjaga jarak dan memakai masker.

Kaki Terluka, Eko Dijemput Karyawan di Bank Dekat Toko Bangunan Setelah Bakar Yulia

Protokol Kesehatan

Sebelum masuk, petugas bakal mengecek suhu tubuh dan meminta pengunjung mencuci tangan serta mensterilkan alas kaki. Pengelola Taman Satwa Taru Jurug juga menempel sejumlah papan peringatan agar pengunjung mematuhi protokol kesehatan, terutama 3M, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Manajer Pemasaran Jurug Solo Zoo, Nonot Harwanto, mengatakan pihaknya telah melakukan sederet upaya untuk mencegah penularan Covid-19 di kawasan wisata. Ada sejumlah ketentuan yang wajib ditaati pengunjung kebun binatang.

“Setiap pengunjung bakal kami data nama dan asalnya. Sebelum masuk harus mencuci tangan. Di dalam harus menjaga jarak. Kami menyiapkan 40 titik untuk tempat mencuci tangan. Ada juga petugas Satgas Covid-19 yang berkeliling untuk mengingatkan pengunjung agar tetap menjaga jarak dan memakai masker,” terang Nonot Harwanto saat berbincang dengan Redaktur Solopos, Ahmad Mufid Aryono, dalam obrolan seru di Instagram live, Kamis (22/10/2020).

Piknik Aman ke Jurug Solo Zoo, Batas Usia Pengunjung Minimal 15 Tahun

Adapun jumlah maksimal pengunjung yang masuk ke Jurug Solo Zoo dalam waktu bersamaan adalah 1.000 orang.

“Jumlah pengunjung maksimal 1.000 per hari. Apabila di dalam sudah penuh kita off dulu, kita kan selalu data pengunjung yang masuk dan keluar didata per jam. Misal jam sekian yaang keluar 25, ya kami masukkan 25 pengunjung masuk. Jika di dalam sudah penuh, maka pengunjung bisa transit di ruang tunggu dulu,” sambung dia.

91 Anak di Sragen Kena Corona, Orang Tua Diimbau Tak Ajak Anak ke Kerumunan

Garis Aman

Tidak ketinggalan, pengelola Jurug Solo Zoo juga membuat garis batas aman antara satwa dengan pengunjung.

“Sudah ada batas jaga jarak antara melihat dan jarak jalan, sudah kita kasih garis sekitar dua meter antar-pengunjung maupun dengan hewan. Begitu juga dengan jarak aman satwa yang bisa dilihat di outdoor,” imbuh Nonot.

Nonot menambahkan, hewan yang bisa dinaiki seperti onta dan gajah belum dioperasionalkan kembali. Jadi, saat ini pengunjung hanya bisa melihat-lihat satwa saja tanpa ada interaksi fisik serta menikmati wahana permainan yang ada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tempat wisata di Solo ini beroperasi setiap hari, kecuali Jumat mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuk untuk setiap pengunjung adalah Rp20.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya