Pesawat Wings Air bersiap lepas landas di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Rabu (28/3/2018). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menambah stok avtur sekitar 10% dari kebutuhan hari biasa.

Penambahan stok bahan bakar penerbangan itu dilakukan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat terbang saat masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Pejabat sementara (Pjs) Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Arya Yusa Dwicandra, mengungkapkan kebutuhan avtur di wilayahnya pada hari biasa berkisar 420 kiloliter (kl) per hari. Dengan adanya penambahan stok itu, pihaknya pun akan menyiapkan avtur per harinya sekitar 462 kl.

Menurut Arya, kebutuhan avtur terbesar di Jateng dan DIY pada masa libur Natal dan Tahun Baru nanti diprediksi ada di dua bandara, yakni Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA.

Kebutuhan avtur di Bandara Adi Soemarmo Solo diprediksi sekitar 63 kl per hari, atau naik 15% dari konsumsi hari biasa sekitar 55 kl. Sedangkan kebutuhan avtur di YIA diprediksi mencapai 53 kl, atau naik sekitar 30% dari hari biasa atau sekitar 41 kl.

Arya mengaku peningkatan penyaluran avtur di Jateng-DIY didasarkan prediksi peningkatan jumlah penumpang penerbangan saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

“Dari hasil koordinasi kami di lapangan dengan pihak maskapai dan otoritas bandara, diprediksi untuk avtur akan ada penambahan di seluruh bandara. Selain YIA, Bandara Ahmad Yani di Semarang juga diprediksi meningkat 10%, dari 113 kl menjadi 124 kl. Sedangkan, Adi Sutjipto naik 5%, dari 210 kl menjadi 221 kl per hari,” jelas Arya dalam keterangan resmi, Jumat (6/12/2019).

Arya menambahkan secara keseluruhan Pertamina MOR IV telah siap melayani kebutuhan avtur bagi seluruh maskapai yang beroperasi di Jateng dan DIY.

“Kami senantiasa akan selalu mendukung dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Bagi para pengguna jasa penerbangan tidak perlu khawatir karena kami selalu memastikan kenyamanan dan keamanan konsumen,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten