Libur Iduladha, KA Jarak Jauh Hanya Boleh untuk Penumpang dengan Syarat Ini

Perjalanan kereta api (KA) jarak jauh hanya diperbolehkan bagi pelaku perjalanan yang bekerja di sektor esensial dan kritikal serta untuk kepentingan mendesak pada masa libur Iduladha.

 Ilustrasi penumpang kereta api (Istimewa/PT KAI Daops VI Yogyakarta)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api (Istimewa/PT KAI Daops VI Yogyakarta)

Solopos.com, SOLO—Perjalanan kereta api (KA) jarak jauh hanya diperbolehkan bagi pelaku perjalanan yang bekerja di sektor esensial dan kritikal serta untuk kepentingan mendesak pada masa libur Iduladha, yakni mulai keberangkatan 20 – 25 Juli 2021.

Selain itu, pada masa libur Iduladha ini, penumpang KA jarak dengan usia di bawah 18 tahun tidak diperkenankan.

Aturan tersebut mengacu pada SE Kemenhub No 54 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Penutupan Jalan, Penurunan Mobilitas Warga Solo 15,8 Persen

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan penumpang KA jarak jauh hanya diperbolehkan mereka yang bekerja di sektor esensial, kritikal, dan memiliki kepentingan mendesak.

Sesuai Instruksi Mendagri Nomor 18 Tahun 2021, yakni bidang yang menjadi sektor esensial adalah keuangan dan perbankan, pasar modal, TI dan komunikasi, perhotelan nonpenanganan karantina Covid-19, dan industri orientasi ekspor.

Sedangkan yang termasuk sektor kritikal adalah kesehatan, keamanan dan ketertiban masyarakat, penanganan bencana, energi, logistik, transportasi dan distribusi, makanan minuman dan penunjangnya, pupuk dan petrokimia, semen dan bahan bangunan, objek vital nasional, proyek strategis nasional, konstruksi, dan utilitas dasar.

“Pelanggan dari sektor kritikal dan esensial harus menunjukkan syarat, yakni Surat Tanda Registrasi Pekerja [STRP], atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat, atau surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon II [untuk pemerintahan] dan berstempel/cap basah atau tanda tangan elektronik,” ujar dia, kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: Wujud Kepedulian Saat Iduladha, SGM Serahkan Hewan Kurban

Surat Keterangan

Sedangkan yang dimaksud dengan kepentingan mendesak adalah pasien dengan kondisi sakit keras, ibu hamil yang didampingi oleh 1 orang anggota keluarga, kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 orang, dan pengantar jenazah non-Covid-19 dengan jumlah maksimal 5 orang.

Pelanggan dengan kepentingan mendesak dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan perjalanan, antara lain surat rujukan dari rumah sakit, atau surat pengantar dari perangkat daerah setempat, atau surat keterangan kematian, atau surat keterangan lainnya.

“Pada masa libur Iduladha, perjalanan KA jarak jauh hanya diperbolehkan untuk pelanggan dengan usia di atas 18 tahun,” imbuh dia.

Baca Juga: Solia Hotel Yosodipuro Salurkan Hewan Kurban ke Masjid Mukmin Timuran Solo

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, Supriyanto, menambahkan setiap pelanggan KA jarak jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau tes antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Sementara khusus pelanggan KA jarak jauh di Pulau Jawa wajib menunjukkan kartu vaksinasi.

“Syarat kartu vaksinasi dikecualikan bagi pelanggan yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter spesialis dan pelanggan dengan kepentingan mendesak,” jelas dia.

Menurutnya, setiap petugas di stasiun keberangkatan akan melakukan pemeriksaan seluruh persyaratan pelanggan sebelum diizinkan melakukan perjalanannya. Jika ada yang tidak lengkap, maka yang bersangkutan tidak akan diizinkan untuk berangkat dan uang tiket akan dikembalikan 100%.


Berita Terkait

Berita Terkini

Hari Listrik Nasional, PLN Beri Kado Istimewa untuk 17 Pelanggan

PLN sebagai penyedia kelistrikan senantiasa berkomitmen untuk dapat menyediakan listrik yang berkualitas,

Ini Permintaan Kadin kepada Buruh terkait Tuntutan Kenaikan UMR 2022

Formulasi penetapan UMP/UMR sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai turunan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Siap-Siap, Insentif Pajak Mulai Dikurangi Tahun Depan di Sektor Ini

Pemerintah menegaskan akan mengurangi pemberian insentif pajak secara bertahap pada tahun depan.

Jelang Akhir Tahun, KPP Madya Solo 19 Kali Sita Aset Wajib Pajak

Kurang dari dua bulan jelang akhir tahun ini, KPP Madya Solo berhasil melakukan 19 kali penyitaan dengan total tunggakan pajak lebih dari Rp26 miliar.

Lagi Turun Nih! Buruan Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 28 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (28/10/2021) turun dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Festival Kuliner Online Logan Food di Solo Banyak Diskon, Ayo Serbu!

Festival ini menggandeng lebih dari 75 stan kuliner khas Kota Solo. Di antaranya Tumpeng Solo, sate Pak Manto, bakmi Bu Yayuk, bakso Titoti, dan Kusuma Sari.

Peluang Nih, Belanja Produk Halal Masyarakat Bisa Capai US$2,4 Triliun

Berdasarkan laporan State of The Global Islamic Economy 2021, indikator ekonomi syariah Indonesia terus membaik dan pada 2020 Indonesia berhasil menduduki peringkat keempat dunia.

Pacu Eskpor, UKM Diajak Manfaatkan Banyak Program Kemendag

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menegaskan komitmen mereka untuk terus mendukung UKM hingga mampu menembus pasar ekspor.

Berdamai, Status PKPU Prabrik Serat Rayon Grup Sritex Berakhir

PT Rayon Utama Makmur (RUM) telah menyepakati perdamaian (homologasi) dengan sejumlah krediturnya.

Aw Aw Aw, Harta CEO Tesla Elon Musk Nambah Rp510 Triliun Sehari

Bloomberg melaporkan kekayaan Musk yang sekarang sebesar US$289 miliar berada di posisi pertama orang terkaya di dunia, diikuti oleh pendiri Amazon Jeff Bezo

Gibran Unggah Hotline Lapor Pinjol Ilegal, Netizen: Mantap Mas Wali!

Pemberantasan pinjaman online (pinjol) ilegal semakin gencar dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemangku kebijakan di Kota Solo.

Penyebab Kereta LRT Tabrakan saat Uji Coba, Inka Menduga Human Error

Sebagai imbas dari insiden tabrakan LRT Jabodebek di Cibubur, PT Inka menarik lagi rangkaian kereta tersebut ke pabriknya di Madiun.

Harga Minyak Goreng Capai Rp20 Ribu/Kg, Pemerintah Jamin Stok Cukup

Kenaikan harga secara nasional terjadi pada jenis minyak goreng curah, minyak goreng kemasan bermerek 1, minyak goreng kemasan bermerek 2.

Selain Komisaris Rans Milik Raffi Ahmad, Ini Sederet Bisnis Kaesang

Kiprah putra bungsu Presiden Joko Widodo di dunia bisnis ternyata semakin melebar. Kaesang Pangarep diketahui menjabat sebagai Komisaris Rans Entertainment.

#TuguShariaSemangat1010 Dorong Asuransi Syariah

Industri asuransi syariah masih mampu membukukan kinerja positif di tengah pandemi Covid-19.