Asap mengepul dari Gunung Lawu di Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Selasa (8/10/2019). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kebakaran hutan kembali terjadi di lereng Gunung Lawu, Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Selasa (8/10/2019).

Api menghanguskan tanaman akasia dan semak-semak seluas 0,5 hektare. Asisten Perhutani (Asper) BKPH Lawu Utara KPH Surakarta, Widodo, menjelaskan titik api berlokasi di petak 63c-1 klas hutan HL, RPH Blumbang, BKPH Lawu Utara KPH Surakarta.

Lereng Lawu Karanganyar Terbakar 3 Kali Selama 2 Hari

Kebakaran diduga dari pembuatan arang. “Kami memperoleh informasi kebakaran pukul 07.00 WIB dari masyarakat Dusun Gondosuli. Kami memadamkan api bersama-sama tetapi dengan jumlah personel terbatas api belum teratasi,” ujarnya.

Widodo meminta bantuan Petugas Perum Perhutani, masyarakat Dusun Gondosuli, dan, Polsek, dan Koramil Tawangmangu. Bantuan juga datang dari Polres dan Kodim Karanganyar, beserta anggota Dispora, Relawan MPA, AGL, BPBD, LMDH, Reco, Regen, 3265 dpl, Rimba Lawu, MDMC, PGL.

Bupati Karanganyar Usul Soloraya Jadi Provinsi, Ini Jawaban Gubernur Jateng...

Api bisa padam pukul 12.00 WIB. “Kami menggunakan sabit, parang, cangkul, dan gepyok untuk memadamkan api. Taksiran kerugian menyusul,” katanya.

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Effendi, mengatakan, meminta warga tidak melakukan kegiatan membakar di kawasan Gunung Lawu karena kegiatan tersebut melanggar aturan dan undang-undang. Ia juga menyarankan para pendaki tidak membuang puntung rokok sembarangan.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten