SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MAGETAN — Kebakaran lahan hutan terjadi di lereng Gunung Lawu sebelah timur, Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Jumat (13/9/2019) sekitar pukul 10.30 WIB.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, mengatakan ada sekitar 3 hektare lahan hutan di Gunung Lawu terbakar, Jumat pagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Warga dan petugas kemudian langsung sigap untuk memadamkan api tersebut. Hal ini supaya api tidak merambat ke lahan yang lebih luas. Apalagi, saat ini banyak rumput dan tumbuhan yang mengering karena musim kemarau.

“Kami mendapat laporan dari warga yang melihat asap tebal di lereng Gunung Lawu,” kata Fery.

Menurut keterangan warga setempat, kata dia, api bersumber dari pencari madu tawon yang membakar jerami. Namun, api tersebut ditinggal begitu saja oleh para pencari madu tawon itu.

Akibatnya api membesar dan merambat ke semak-semak yang kering. Tim BPBD bersama warga setempat selanjutnya memadamkan api tersebut dengan cara manual. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kami masih melakukan pemantauan terkait kejadian tersebut. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati saat menyalakan api atau membakar sampah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya