SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) — Leonardo belum memberi gelar apapun bagi Inter Milan. Namun jika timnya memetik kemenangan di akhir pekan ini, pelatih asal Brasil itu akan menorehkan rekor baru yang membuatnya layak masuk daftar terbaik.

Dari total 12 pertandingan yang sudah dilalui Leonardo bersama Inter musim ini sudah 30 poin berhasil dia dapat. Sepuluh kemenangan dan dua kekalahan mengawali kerja Leo bersama Nerazzurri.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Catata itu menempatkan Leonardo di atas dua pelatih dengan nama besar yang sempat membesut tim-tim Seri A, Marcello Lippi dan Jose Mourinho.

Saat menukangi Juventus di musim 1994/1995 Lippi hanya meraih 29 poin dari 12 pertandingan pertama. Sementara saat membesut Inter di musim 2008/2009, pada 12 pertandingan pertamanya Mourinho menghasilkan 27 poin hasil delapan kemenangan, tiga hasil imbang dan satu kekalahan.

Satu-satunya pelatih yang punya catatan lebih baik dari Leonardo adalah Fabio Capello. Saat menjadi pelatih Juventus di musim 2004/2005 Don Fabio memberi Bianconeri 31 poin dari 12 pertandingan perdananya.

Namun akhir pekan ini Leonardo berpeluang mematahkan catatan Capello dan bahkan menorehkan rekor baru dengan start terbaik setelah 13 pertandingan. Jika bisa memetik hasil maksimal saat menghadapi Genoa maka Leonardo akan menjadi pelatih pertama yang bisa meraih 33 poin dari 13 pertandingan pertamanya. Sejak sistem tiga poin buat pemenang, belum ada pelatih yang mampu melakukan itu sebelumnya.

Capello memang mampu meraih 31 poin dari 12 pertandingan pertamanya besama Juventus. Namun di pertandingan ke-13 dia dipaksa bermain imbang, yang membuat jumlah poinnya dari 13 pertandingan tertahan di angka 32. Demikian dikutip dari La Gazzetta Dello Sport.

Mampukan Leonardo mengalahkan catatan Capello dan menorehkan rekor baru sebagai pelatih dengan jumlah poin terbanyak di 13 pertandingan pertamanya?

(dtc/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya