Otomotif
Minggu, 5 Mei 2024 - 17:12 WIB

Mobil Listrik XPeng Bersaing Ketat dengan Tesla di Eropa

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Mobil listrik Xpeng P7. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Ternyata mobil listrik Tesla tidak terlalu mendominasi di Eropa. Perang antara produsen kendaraan elektrik asal Amerika Serikat (AS) Tesla dan juga XPeng asal Cina masih terus berlanjut ke daratan Eropa, ketika XPeng membuka buku pemesanan untuk SUV Coupe G6 yang mendapatkan hasil yang cukup positif.

Carnews China mengabarkan pada Sabtu (4/5/2024) waktu setempat bahwa pemesanan untuk kendaraan ini telah dibuka di Belanda, Norwegia, Denmark, dan Swedia dan ini merupakan mobil bermerek XPeng ketiga yang ditawarkan di Eropa. XPeng G6 mengalahkan Tesla Model Y, dengan tujuan untuk mendapatkan bagian dari pangsa pasarnya.

Advertisement

Perusahaan rintisan yang fokus dengan otomotif sejak 2014 ini, terkenal dengan julukan “Tesla Tiongkok”. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, penjualan XPeng menurun di Cina karena persaingan yang ketat dan perang harga yang terjadi di sana.

Meski begitu, perusahaan tersebut tidak ingin menyerah begitu saja. Tahun lalu, merek ini meluncurkan model terbarunya, XPeng G6, yang ditujukan untuk menyaingi Tesla Model Y.

Pada pertengahan hingga akhir tahun 2023, XPeng G6 terjual lebih dari 7.000 unit setiap bulannya. Namun volume penjualan G6 turun menjadi 1.000 -2.000 unit pada tahun 2024. Jadi, XPeng gagal dalam persaingan melawan Model Y di pasar domestik (Cina).

Advertisement

Namun kini, mereka ingin membalaskan dendam kekalahan tersebut di Eropa. XPeng G6 tersedia dipesan di empat negara Eropa: Norwegia, Denmark, Swedia, dan Belanda. Tahun lalu, para pejabatnya juga mengumumkan rencana untuk memasuki Inggris, Jerman, dan Prancis. Penjualannya akan dimulai akhir tahun ini.

Seperti yang diharapkan, XPeng G6 Eropa memiliki label harga terendah di Norwegia. Di sini, mereka hanya menjual dengan harga USD37.700. Namun Tesla Model Y juga relatif murah dengan harga yang setara yakni mulai dari USD37.700. Jadi, harga G6 dan Model Y di Norwegia setara.

Di Swedia, G6 entry-level berharga USD49.100. Sebagai perbandingan, Model Y level awal mulai dari USD49.500. Sedangkan untuk Belanda, G6 berharga 42.990 euro, untuk Model Y mulai dari 45.990 euro. Di Denmark, G6 mulai dari USD49.050.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif