Lebaran 2022, KAI Daops IV Semarang Layani 329.000 Penumpang

PT KAI Daops IV Semarang tercatat melayani sekitar 329.444 penumpang selama masa Angkutan Lebaran 2022.

 Ilustrasi kereta api. (Solopos.com-Humas PT KAI Daops IV Semarang)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api. (Solopos.com-Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang telah melayani 329.444 penumpang kereta api di wilayahnya selama masa Angkutan Lebaran 2022 yang dilaksanakan mulai 22 April-12 Mei 2022. Dari jumlah sebanyak itu, penumpang yang menggunakan kereta jarak jauh mencapai 306.863 orang, sedangkan sisanya, 22.582 pelanggan menggunakan kereta api lokal.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/5/2022), menyebutkan jumlah penumpang pada masa Angkutan Lebaran 2022 itu melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni 277.443 penumpang. Meski demikian, jumlah penumpang kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2022 itu masih belum menyamai pelanggan KA pada periode yang sama pada taun 2019 lalu atau sebelum pandemi Covid-19 berlangsung yang mencapai 503.127 orang.

Promosi2030, Kuda Nil Kokain Pablo Escobar Berpotensi Jadi Wabah di Kolombia

“Selama masa Angkutan Lebaran 2022, wilayah PT KAI Daops IV Semarang total menggelar 1.694 perjalanan KA atau 77 KA setiap harinya dengan ketepatan waktu mencapai 99%,” ujar Krisbiyantoro.

Pria yang karib disapa Kris itu menyebutkan puncak arus mudik di wilayah PT KAI Daops IV Semarang terjadi pada 3 Mei 2022, atau hari kedua Lebaran, dengan jumlah penumpang mencapai 21.685 orang. Sementara puncak arus balik terjadi pada Minggu (8/5/2022) dengan jumlah penumpang berkisar di angka 24.656 orang.

“Sementara itu, rute favorit yang dipilih penumpang adalah Semarang-Jakarta pp, Semarang-Surabaya, Semarang-Bandung, dan lain-lain. Pembelian tiket KA pada periode Angkutan Lebaran ini didominasi melalui aplikasi KAI Access sebesar 49%, kemudian channel eksternal 38%, dan lainnya,” ujar Kris.

Baca juga: KAI Semarang: Puncak Arus Mudik Naik Kereta Api Diprediksi Sabtu Ini

Sementara itu, EVP KAI Daops IV Semarang, Wisnu Pramudyo, mengatakan capaian jumlah penumpang di wilayah PT KAI Daops IV terbilang tinggi. “Banyaknya pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019. Kita pun optimistis untuk mengoptimalkan pelayanan pada tahun 2022 ini,” ujar Wisnu.

Wisnu menambahkan pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran kali ini, jawatannya tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya. Selama periode Angkutan Lebaran tersebut, sebanyak 89 pelanggan ditolak keberangkatannya karena belum divaksin, sakit, reaktif, dan tidak melengkapi persyaratan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Keterlaluan! Selama 7 Tahun, Pria di Banjarnegara Rudapaksa Anak Tiri

Polisi menangkap seorang ayah yang melakukan pemerkosaan terhadap anak tiri di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), selama tujuh tahun.

Miris! Seorang Ibu di Pulokulon Bunuh Diri Ajak Dua Anaknya

Kejadian memilukan, seorang ibu bunuh diri dengan mengajak dua anaknya di Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan.

Dana untuk Parpol di Kota Magelang Capai Setengah Miliar Lebih

Sebanyak delapan parpol di Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng), menerima bantuan keuangan dari Pemkot Magelang.

Cegah Kecelakaan, Objek Wisata Diminta Sediakan Tempat Istirahat Sopir

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, mendesak pemerintah segera membuat kebijakan yang mewajibkan tempat wisata menyediakan tempat istirahat bagi sopir bus pariwisata.

Rob Mulai Surut, Truk Antre Masuk ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Banjir rob yang melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sudah mulai surut pada Jumat (27/5/2022).

Ganjar Ikut Salati Jenazah Buya Syafii Maarif

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, hadir secara langsung ke Kota Jogja untuk melayat jenazah mantan Ketua PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif.

Jejak Harimau di Banjarnegara Misterius, Ini Hasil Penelusuran BKSDA

Berikut hasil penelusuran BKSDA Jawa Tengah (Jateng) terkait kabar kemunculan harimau di kawasan perkebunan di dekat permukiman warga desa di Banjarnegara.

Asl-Usul Cilacap, Bekas Kekuasaan Pajajaran & Mataram Islam

Asal-usul Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah memiliki kisah sejarah yang unik.

Hampir Seluruh Pantura Jawa Tengah Tergenang Rob, Pati Paling Parah!

Kabupaten Pati disebut sebagai wilayah yang terdampak banjir rob paling parah di pesisir pantura Jawa Tengah.

Momok Sejak 1990, Ini Penyebab Utama Banjir Rob di Semarang

Penyebab banjir rob di Semarang menjadi momok yang telah diperingatkan para akademisi sejak 1990.

Pasar Kelet Jepara Kebakaran, 4 Kios Ludes Terbakar

Pasar Kelet yang ada di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalami kebakaran.

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.

Cegah Air Masuk, Pembangunan Tanggul Darurat di Tanjung Emas Dikebut

Pembangunan tanggul laut darurat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dikebut.