SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api. (kai.id)

Solopos.com, SEMARANG — Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang, Krisbiyantoro, memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2022 di wilayah PT KAI Daops IV Semarang akan terjadi pada Sabtu (30/4/222).

“Diprediksi puncak arus mudik kali ini akan terjadi pada Sabtu dengan pelanggan KA yang tiba di wilayah Daops IV Semarang mencapai 16.000 orang [per hari],” ujar Krisbiyantoro dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Sementara itu, pada hari keempat masa Angkutan Lebaran 2022, total sudah ada sekitar 41.378 pelanggan KA yang tiba di wilayah PT KAI Daops IV Semarang. Selama empat hari itu, yakni 22-25 April 2022, rata-rata penumpang yang tiba sekitar 10.345 orang setiap harinya.

Krisbiyantoro mengatakan saat ini telah terjadi peningkatan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan pekan lalu. Pada pekan lalu, 15-18 April 2022, jumlah pelanggan KA yang tiba mencapai 33.596 orang. Sedangkan pada 22-25 April, jumlahnya naik sekitar 23%, menjadi 41.378 orang.

Sementara itu rute yang menjadi favorit pelanggan pada periode H-10 hingga H-7 adalah relasi Jakarta-Semarang, Jakarta-Tegal, Surabaya-Semarang, dan Bandung-Surabaya.

Baca juga: KAI Semarang Tambah 16 KA untuk Angkutan Lebaran 2022, Ini Rutenya

Krisbiyantoro menambahkan pada keberangkatan tanggal 27 April, 1 Mei, dan 2 Mei, atau H-5, H-1, dan Hari H Lebaran jumlah tempat duduk yang terpesan mencapai 75%. Meski demikian, untuk keberangkatan tanggal 28 Maret hingga 1 Mei atau H-4 hingga H-1 Lebaran, tiket yang sudah terjual atau terpesan mencapai 95%.

“Khusus untuk rute-rute favorit pada keberangkatan menjelang Lebaran, tiketnya sudah habis terjual seperti dari Jakarta, Surabaya maupun dari Bandung,” jelas Kris.

Pada masa Angkutan Lebaran 2022 ini, KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang akan mudik naik kereta api sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan. KAI juga akan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sehingga perjalanan kereta api di masa angkutan lebaran tetap sehat dan selamat.

Baca juga: Masih Banyak! Tiket KA Lebaran di Daops IV Semarang Baru Terjual 59,6%

KAI juga masih menyediakan layanan angkutan Motor Gratis (Motis) menggunakan kereta api serta penjualan tiket Angkutan Lebaran khusus bagi peserta Motis dalam rangka meningkatkan keselamatan pemudik dan mengurangi kepadatan di jalan raya.

Untuk di wilayah Daop 4 Semarang program Motis ini, dapat dilayani di Stasiun Semarang Tawang, Pekalongan dan Stasiun Tegal dari mulai 20 April hingga 8 Mei 2022. Adapun pelayanan motis pada arus mudik akan dilaksanakan pada periode keberangkatan 26 hingga 30 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya