LEBARAN 2015 : Stok Beras Bulog Aman hingga Agustus 2015

LEBARAN 2015 : Stok Beras Bulog Aman hingga Agustus 2015

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas gudang beras Bulog (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Lebaran 2015 tingga dua  bulan lagi. Bulog memastikan stok beras aman hingga Agustus 2015.

Solopos.com, KARANGANYAR — Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Subdivre) III Surakarta mengaku siap menyalurkan percepatan beras untuk rakyat miskin (raskin).

Kepala Bulog Subdivre III Surakarta, Yudi Prakasa Yudha, menyampaikan saat ini stok beras di gudang Bulog sekitar 25.000 ton yang cukup untuk empat bulan ke depan. Oleh karena itu, menjelang Ramadan dan Lebaran, dipastikan pasokan beras aman.

“Kami siap kalau pemerintah meminta ada percepatan penyaluran raskin saat Ramadan atau menjelang Lebaran karena pasokan kami cukup sampai Agustus. Apalagi Juni-Juli nanti sudah mulai panen lagi jadi tidak akan ada masalah mengenai stok beras,” ungkap Yudi saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (12/5/2015).

Dia menerangkan hingga awal Mei sudah menyerap hampir 16.000 ton beras dari petani di Soloraya. Dia menyampaikan banyaknya permintaan beras ke Jakarta dan Jabar beberapa waktu lalu tidak memengaruhi penyerapan Bulog.

Hal ini karena Bulog telah memiliki 97 mitra yang terdiri atas usaha dagang (UD), penggilingan beras (PB), gabungan kelompok tani (gapoktan), satgas Bulog, dan unit pengolahan gabah Bulog (UPGB).

Dia mengakui penyerapan beras saat ini mulai berkurang karena sudah memasuki masa tanam (MT) II. Meski begitu, dia mengaku capaian penyerapan ini cukup baik karena melebihi target bulanan.

“Penyerapan beras hampir 16.000 ton dari target 58.000 ton di tahun ini. Kami optimistis bisa tercapai bahkan lebih karena masih ada waktu sampai akhir tahun,” ujar dia.

Namun jika dibandingkan dengan target, capaian tersebut cukup rendah mengingat sudah memasuki bulan ke lima. Yudi menyampaikan hal ini karena penyerapan baru dilakukan akhir April. Hal ini karena menunggu harga pokok pembelian (HPP) dari pemerintah, yakni Rp7.300/kg.

Sementara itu, di lapangan, harga beras masih sama meski pedagang mengakui ada kenaikan harga saat kulak sekitar Rp100/kg. Meski begitu, salah satu pedagang beras di Pasar Legi, Ali W., mengatakan harga eceran beras tertinggi masih sama, yakni Rp10.500/kg dan yang murah Rp8.000/kg.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Adakah waktu yang tepat untuk minum susu agar penyerapan nutrisinya maksimal?

Geger Warga India Positif Covid-19, Kantor Imigrasi Pastikan Tidak Ada Penambahan WNA di Soloraya

137 Orang WNA India berada di kawasan Soloraya, rata-rata mereka bekerja sebagai ahli di bidang tertentu misalnya garmen.

Polres Bantul Masih Kesulitan Melacak Keberadaan R Terkait Kasus Satai Beracun

Polres Bantul belum mampu mengungkap keberadaan R terkait kasus satai beracun. Polisi kesulitan melacak karena handphone R mati.

Hamil di Luar Nikah, Pelajar SMK Magelang Gugurkan Janin 8 Bulan

Pelajar SMK nekat melakukan aborsi pada janin 8 bulan yang ia kandung. Warga menemukan janin yang ia kubur dan melaporkannya ke polisi.

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.

Resep Opor Ayam Khas Solo Sedap untuk Lebaran

Berikut resep opor ayam spesial khas Solo yang dapat disajikan saat Lebaran tiba untuk menjamu keluarga tercinta.

Cari Bandar Pil Koplo di Lapas Probolinggo, Polisi Pulang dengan Tangan Hampa

Berbekal informasi dari pengedar pil koplo yang mereka tangkap, Satnarkoba Polres Tulungagung Kota merazia Lapas Tulungagung. Namun mereka tak menemukan bandar maupun barang bukti dalam razia tersebut.

Pabrik Snack di Tegalmas Klaten Terbakar, Kerugian Rp500 Juta

Kuat dugaan, kobaran api itu bersumber dari penggorengan di tungku atau kompor yang telah disiapkan dua karyawan pabrik snack itu.