Lantai Jembatan Mojo Solo Mulai Dibongkar, Pekerja Ngebut hingga Malam Hari

Pelaksana proyek perbaikan Jembatan Mojo di Pasar Kliwon, Solo, mulai membongkar lantai jembatan tersebut untuk diganti dengan pelat baja ortotopik segmental.

 Pagar seng dipasang untuk menutup akses menuju Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Senin (26/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Pagar seng dipasang untuk menutup akses menuju Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Senin (26/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kontraktor pelaksana proyek perbaikan Jembatan Mojo di Sungai Bengawan Solo perbatasan Solo-Mojolaban, Sukoharjo, mulai membongkar lantai beton jembatan tersebut.

Pengerjaan proyek perbaikan jembatan itu dikebut hingga malam hari agar rampung tepat waktu. Perwakilan kontraktor pelaksana proyek perbaikan Jembatan Mojo, Agung Ari Widodo, mengatakan pekerja mulai membongkar lantai beton jembatan secara bertahap.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Pembongkaran lantai beton jembatan diawali dari sisi barat. Setelah rampung, dilanjutkan pembongkaran lantai beton jembatan di sisi tengah dan timur,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (6/10/2022).

Agung menargetkan proses pembongkaran lantai beton Jembatan Mojo, Solo, rampung pada beberapa pekan mendatang. Setelah lantai beton jembatan dibongkar kemudian diganti dengan sistem panel lantai ortotropik baja segmental.

Proses pemasangan panel lantai ortotropik baja juga dilakukan secara bertahap. Sembari membongkar lantai beton jembatan, para pekerja juga mengganti baut di sisi kanan kiri jembatan.

Baca Juga: Mojo Ditutup, Jembatan Sesek Solo-Mojolaban Padat Terus sampai Menjelang Malam

“Sistem panel lantai ortrotopik baja diterapkan untuk memenuhi tuntutan agar setiap perbaikan jembatan dapat cepat terselesaikan. Lebih cepat dan lebih ringan dibanding mengerjakan jembatan beton cor. Harus di-setting dulu dan pengerasan cor beton membutuhkan waktu cukup lama,” katanya.

Pembongkaran lantai beton hingga pemasangan pelat baja ortotropik Jembatan Mojo, Solo, dikebut agar rampung tepat waktu pada akhir November. Para pekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaan hingga malam hari.

Pengaruh Cuaca pada Perbaikan Jembatan Mojo

Hal ini sebagai konsekuensi dari pekerjaan proyek pebaikan jembatan yang menjadi akses andalan masyarakat dari Solo maupun Sukoharjo. Soal musim penghujan, Agus memastikan faktor cuaca tak menjadi kendala dalam pengerjaan proyek perbaikan jembatan.

Baca Juga: Walah, Kawasan Depan UNS Solo Macet setelah Jembatan Mojo Ditutup

“Para pekerja tetap harus ekstra hati-hati saat membongkar lantai beton jembatan dan memasang panel lantai ortrotopik. Hampir tiap hari pekerja melembur hingga malam hari,” ujarnya.

Selain lantai jembatan, kontraktor juga akan mengganti bantalan penahan struktur jembatan atau elastomer jembatan. Kemudian, jalan jembatan bakal diaspal sebelum dibuka kembali untuk pengguna jalan. “Mudah-mudahan sesuai linimasa pekerjaan proyek perbaikan jembatan. Awal Desember bisa kembali dilewati pengguna jalan.”

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUPR Solo, Joko Supriyanto, mengatakan Jembatan Mojo mengalami penurunan kekuatan lantaran termakan usia. Jembatan itu sudah berumur lebih dari 30 tahun.

Baca Juga: Besok Jembatan Mojo dan Jurug B Sama-Sama Ditutup, Dishub Solo: Naik KRL Saja

Kondisi ini ditambah meningkatnya volume kendaraan yang melewati jembatan tersebut saban hari. Apabila tak segera dilakukan renovasi dikhawatirkan bisa membahayakan para pengguna jalan yang melewati jembatan.

“Sifatnya mendesak sehingga harus diganti dengan pelat panel segmental ortotropik baja yang lebih kokoh dan kuat,” katanya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Sopir Kurang Konsentrasi, Mobil Tabrak Lampu di Median Jalan Depan Panti Waluyo

      Kecelakaan tunggal yang melibatkan mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi tepatnya di seberang RS Panti Waluyo, Rabu (30/11/2022) sekitar pukul 08.30 WIB.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 30 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Rabu (30/11/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Dijual Rp25.000/Kg, 1 Ton Telur Ludes di Pasar Murah Sragen

      Dinas Ketahanan Pangan Jateng menggelar pasar murah di Sragen pada Rabu (30/11/2022). Satu ton telur serta satu ton bawang putih dan bawang merah ludes dalam tempo dua jam saja.

      Imbas Kenaikan UMP dan UMK, Apindo Solo Khawatir Angka Pengangguran Meningkat

      Apindo Kota Solo menilai pengusaha akan banyak melakukan efisiensi dan mengubah pola kerja untuk menyikapi naiknya upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2023. Apindo Solo juga khawatir pengangguran meningkat akibat kenaikan UMP/UMK.

      Gunung Brojo Wonogiri, Lokasi Paling Cocok bagi Para Pendaki

      Gunung Brojo ini berada di Jalan Banaran RT 003/RW 005, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

      Bendungan Kuno di Sabranglor Klaten Ini Disulap Jadi Blumbang Tempat Memancing

      Blumbang Sabranglor, Trucuk, Klaten dulunya dikenal sebagai bendungan kuno.

      Menikmati Pesona Pantai Puyangan Wonogiri dengan Pasir Putih

      Pantai Puyangan berlokasi di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

      Pantai Jujugan Wonogiri, Wisata Tersembunyi di Antara Tebing Karang

      Pantai Jujugan merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di Wonogiri yang tersembunyi di antara tebing karang.

      Bukit Sidoguro Klaten, Taman Cantik dengan Pemandangan Rawa Jombor yang Menarik

      Kabupaten Klaten memiliki objek wisata berupa taman cantik seperti di luar negeri, yakni Bukit Sidoguro.

      Transaksi Nontunai di Sragen Tertinggi di Soloraya, Kedelapan Nasional

      Implementasi transaksi nontunai di Sragen di klaim tertinggi di Soloraya. Pemkab Sragen sudah menerapkan transaksi nontunai untuk setiap pembayaran hampir di semua bidang.

      Liga 3 Tak Kunjung Dimulai, Sejumlah Pemain Persiwi Wonogiri Menganggur

      Seluruh kompetisi resmi sepak bola dari Liga 1 hingga Liga 3 di Tanah Air belum kunjung bergulir sejak munculnya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kota Malang, awal Oktober 2022.

      Polres Klaten Serahkan Bantuan 40 Sak Semen ke Masjid Miftahul Jannah Jimbung

      Polres Klaten menyerahkan bantuan guna mendukung renovasi Masjid Miftahul Jannah, Dukuh Ngasinan, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes.

      Ini Profil Aipda Joko Mudo, Penumpang Helikopter Polisi yang Jatuh asal Sragen

      Aipda Joko Mudo menjadi salah satu korban jatuhnya Helikopter polisi. Ia dikenal sebagai sosok yang baik dan berhasil mengangkat derajat keluarga.

      Gunakan Knalpot Brong di Jl Slamet Riyadi Solo, 5 Sepeda Motor Disita

      Call center tim Sparta Polresta Solo banyak menerima aduan dan keluhan pengguna jalan maupun masyarakat lantaran terganggu suara knalpot brong.

      Filosofi Klepon, Kudapan yang akan Hadir di Pernikahan Kaesang-Erina

      Kue klepon merupakan makanan ringan tradisional yang berasal dari Jawa. Diceritakan, klepon untuk kali pertama diperkenalkan oleh imigran Indonesia kepada masyarakat Belanda pada 1950-an.