SOLOPOS.COM - Durian Malika asli Gunungpati, Semarang. (Youtube)

Solopos.com, SEMARANG — Buah durian Malika asli Semarang, Jawa Tengah, menjadi salah satu komoditas yang langka. Pohon buah durian ini konon hanya ada satu di dunia.

Malika adalah durian asli Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. Pohon durian ini pun diklaim hanya ada satu di dunia.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Ukuran buah durian ini cukup besar dan aromanya semerbak saat dibuka. Warna dagingnya yang kuning begitu menggoda mata. Rasanya sangat legit dengan perpaduan manis dan pahit. Daging buahnya pun tebal dengan tekstur lembut dan creamy.

Baca juga: Kholil & Malika, Durian Lokal Semarang Rasa Interasional

Bagi Anda yang penasaran mencicipi rasa buah ini, datanglah ke warung milik Muali di Desa Wisata Kandri, Jalan Gunungpati-Semarang, tepatnya di sisi utara SMA Semesta. Harga durian ini cukup tinggi, mulai Rp100.000 per buah, karena hanya ada satu pohon di dunia.

Buah durian merupakan salah satu komoditas ekspor dari Jawa Tengah yang menjanjikan. Dikutip dari laman Semarangkota.go.id, jenis durian Malika dan Kholil dari Semarang dikenal memiliki kualitas bagus hingga menembus pasar nasional.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Semarang, Sumarno mengatakan hasil durian lokal di Semarang ini bahkan bisa menjadi komoditi ekspor.

Baca juga: Tempat Makan Durian Murah di Semarang, Bonus View Alami

Sayangnya,  produksi buah durian di Semarang ini sangat bergantung pada kondisi cuaca dan musim. Saat musim kemarau, banyak petani durian yang gagal panen karena kekurangan pasokan air untuk penyiraman tanaman. Tetapi saat curah hujan tinggi, kualitas durian turun karena rasa manisnya berkurang.

Dalam hal ini Sumarno merekomendasikan pembangunan sumur atau paralonisasi yang menjadi kebutuhan teknologi pertanian masa kini. Selain itu juga perlu adanya obat atau booster agar pohon durian bisa berbuah banyak dan berasa enak saat curah hujan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya