Lampaui Target Medali, Indonesia Juara Umum APG XI Solo 2022

Indonesia memastikan menjadi juara umum APG XI Solo 2022 dengan menuntaskan target perolehan medali yatu 168 medali emas.

 Lifter asal Medan, Sumatra Utara (Sumut), Tambi Sibarani sukses meraih medali emas dalam ajang ASEAN Para Games Solo 2022. Capaian emas ini secara khusus dipersembahkan Tambi untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.(Muchlis/kemenpora.go.id)

SOLOPOS.COM - Lifter asal Medan, Sumatra Utara (Sumut), Tambi Sibarani sukses meraih medali emas dalam ajang ASEAN Para Games Solo 2022. Capaian emas ini secara khusus dipersembahkan Tambi untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.(Muchlis/kemenpora.go.id)

Solopos.com, SOLOIndonesia berhasil memutus tradisi tuan rumah tidak pernah keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games. Indonesia memastikan menjadi juara umum APG XI Solo 2022 dengan menuntaskan target perolehan medali.

Kontingen Indonesia melebihi target perolehan medali emas dalam APG 2022. Target semula hanya 104 medali emas namun skuat Merah Putih memperoleh 168 medali emas.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Dari awal saya sampaikan target juara umum dengan 104 medali emas, sekarang lebih 150 medali,” ujar Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam kunjungannya di Solo pada Jumat (8/5/2022).

Baca Juga: Pemerintah Gelar Tumpengan di Solo untuk Kesuksesan APG 2022

Bahkan, sepanjang perjalanan APG, kata Menpora, Indonesia banyak menuai pujian terkait pelaksanaan. Hal itu diharapkan membawa dampak baik  model penyelenggaraan single event atau multievent olahraga.

Sesuai Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) talenta muda dalam APG ini bisa dibawa ke tahap selanjutnya. Hal itu demi kesuksesan di berbagai kejuaran pada masa mendatang.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan empat sukses yang harus diraih selama pelaksanaan APG 2022. Empat sukses itu yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, admninistrasi, dan sukses ekonomi yang harus dijadikan pedoman bagi panitia pusat dan daerah.

Baca Juga: Closing Ceremony APG 2022 Dihadiri Jokowi, Solo Tanpa Pengalihan Arus

“Empat sukses itu sudah saya targetkan sejak awal dan itu benar-benar dipedomani oleh seluruh panitia baik di tingkat pusat dan daerah,” kata Menpora.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhekti mengatakan hingga hari terakhir penyelenggaraannya, Jumat (5/8/2022) malam, Indonesia memimpin dengan 168 medali emas. Jumlah medali yang diperoleh melebihi target yang dicanangkan yakni 104 medali emas.

“Total kita bisa meraih sekitar 400 medali,” katanya saat melakukan jumpa press di Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Jumat (5/8/2022) malam.

Baca Juga: BCL Bantah Tampil di Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022

Indonesia menurunkan 323 atlet yang terbagi dalam 14 cabang olahraga (cabor). Bahkan atlet yang meraih lebih dari satu medali dan iu menjadi pencapaian yang luar biasa.

Di sisi admistrasi dan peningkatan ekonomi semua telah berjalan sesuai rencana. Sukses dalam penyelenggaraan, prestasi, admninistrasi dan sukses ekonomi.

“Semua hotel penuh, yang datang banyak, termasuk dengan pelibatan teman-teman dari UKM lokal. Overall APG XI di Solo pencapaian suksesnya luar biasa,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Penutupan APG XI Solo 2022, 1.954 Personel Disiagakan

Sekretaris Jenderal Indonesia National Paralympic Comittee (INASPOC) Rima Ferdianto mengatakan Indonesia juga sukses memecahkan mitos. Dalam 5 kali penyelenggaraan terkahir tidak ada tuan rumah yang menjadi juara umum.

“Jadi kita juga mematahkan mitos itu,” kata dia.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Persis Solo Kalah Lagi-Kalah Lagi, Jacksen Kian dalam Tekanan

    Persis Solo sudah tiga kali kalah dalam tiga laga awal mereka di Liga 1 2022, yaitu dari Dewa United, Persija Jakarta, dan Persikabo 1973.

    Hasil Liga 1: Persib Bandung Kalah Lagi, Kali Ini Dihajar Borneo FC

    Apa yang dialami Persib markas Borneo ini sangat mirip dengan situasi mereka saat menghadapi Madura United.

    Persis Solo Kian Tertinggal, 2-0 untuk Persikabo

    Sebelumnya pada menit ke-69, Persis sudah kebobolan satu gol dari tuan rumah Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (7/8/2022) malam WIB.

    Persis Solo Tertinggal 0-1 oleh Gol Lucao

    Gol Persikabo dicetak melalui sundulan kepala oleh pemain bernomor punggung 5, Lucao.

    Klasemen Terbaru Grup B Piala AFF U-16, Thailand Lolos ke Semifinal

    Timor Leste yang berada di puncak klasemen sebelum berhadapan dengan Thailand justru tak punya peluang lolos. Mereka hanya menempati posisi ketiga klasemen akhir.

    Susunan Pemain Persis Solo Hadapi Persikabo, Samsul Arif Jadi Andalan

    Persis dikapteni Eky Taufik, sedangkan Persikabo dipimpin Manahati.

    Data dan Fakta Menarik Jelang Duel Persikabo Vs Persis Solo Hari Ini

    Persis butuh kemenangan pada laga petang nanti untuk membuka kans mereka tetap dijalur yang benar dalam persaingan Liga 1 musim ini.

    Hari Ini Timnas U-16 Recovery, Berendam Air Es dan Makan Siang Bersama

    Indonesia menjadi tim pertama yang memastikan diri ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Pada babak empat besar tersebut, skuad Garuda Asia akan menghadapi tim juara Grup C di Stadion Maguwoharjo.

    Piala Presiden 2022: Kemenangan Zaki Pertegas Jateng Juara Umum

    Zaki perlu waktu satu jam sepuluh menit untuk memastikan gelar juara tunggal putra pemula.

    Jersey Ini Jadi Motivasi Timnas U-16 Indonesia, Kisahnya Mengharukan

    Pelatih berusia 46 tahun itu mengingat saat Alfin menjadi pemain pertama yang meminta menjadi eksekutor adu penalti melawan Vietnam pada perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 edisi 2019 di Chonburi, Thailand.

    Persikabo Waspadai Kebangkitan Persis Solo di Pakansari, Hari Ini

    Persikabo bakal mendapat tenaga tambahan setelah dua pemain asing Tomoki Wada dan Bruno Dybal sudah siap diturunkan melawan Persis.

    Ketum PSSI Siap Kawal Kapten Timnas U-16 Ini hingga Dapat Pekerjaan

    Muhammad Iqbal Gwijangge merupakan pemain yang tak tergantikan di lini belakang Timnas U-16 Indonesia.

    Kalah dari Indonesia, Pelatih Vietnam Kritik Keputusan Wasit Thailand

    Vietnam masih harus menunggu kabar dari Grup C untuk memastikan apakah mereka bisa mengikuti jejak Indonesia melalui jalur peringkat kedua terbaik fase grup atau tidak.

    Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16, Timnas Langsung Diguyur Rp100 Juta

    Menurut Ketum PSSI, para pemain Timnas U-16 Indonesia sudah menunjukkan performa bagus sepanjang fase grup, khususnya ketika menundukkan Vietnam.

    Resmi! PSSI Pastikan Tidak Keluar dari AFF

    Sebelumnya, PSSI sudah melontarkan kemungkinan pindah organisasi sepak bola regional dari AFF ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).